Momentum 1 Muharam 1445 H, Wabup Dompu Ajak Evaluasi Diri, Tingkatkan Ibadah dan Ukhuwah

Kategori Berita

.

Momentum 1 Muharam 1445 H, Wabup Dompu Ajak Evaluasi Diri, Tingkatkan Ibadah dan Ukhuwah

Koran lensa pos
Rabu, 19 Juli 2023

 

Kegiatan Pawai Taaruf Tingkat Kabupaten Dompu menyambut 1 Muharam 1445 H, Selasa (18/7/2023) pukul 15.00 Wita



Dompu, koranlensapos.com -Perputaran waktu berlalu 
terasa begitu cepat, dan akhirnya kita telah sampai di Bulan Muharam 1445 H atau tahun 2023 M. Sebagai hamba yang beriman kita harus banyak-banyak mengucapkan 
syukur kehadirat Allah SWT karena kita masih hidup, masih diberi kesempatan, masih bisa kembali menjalani Tahun Baru Islam. Pada 
tahun ini masih diberi kesempatan memperbanyak amal ibadah.



Demikian arahan dan ajakan Wakil Bupati Dompu, H. Syahrul Parsan sesaat sebelum melepas peserta Pawai Taaruf di depan Kantor Pendopo Bupati Dompu pada hari Selasa (18/7/2023) atau bertepatan dengan tanggal 30 Dzulhijjah 1444 H kemarin.

Wabup mengajak kaum muslimin di Kabupaten Dompu untuk menjadikan kehadiran tahun baru 1445 H ini sebagai momentum evaluasi diri.

"Banyak saudara kita yang tahun lalu masih bisa bersama kita, tahun ini tidak bisa bersama kita lagi untuk
menyambut Tahun Baru Islam. Maka dari itu kita jadikan momentum Bulan Hijriah tahun ini untuk mengevaluasi diri karena masih diberi kesempatan menjalani 
kehidupan," ujarnya.



Wabup menekankan evaluasi diri itu sangat penting untuk bermuhasabah menengok kekurangan-kekurangan yang lalu untuk diperbaiki dan dibenahi di masa selanjutnya.

Wabup juga mengajak untuk semakin meningkatkan amal ibadah sebagai tabungan yang akan dipetik hasilnya di akhirat kelak.



"Mari kita jadikan momentum 1 Muharam 1445 H ini untuk lebih banyak lagi beramal shalih sebagai bekal kita nantinya di akhirat dan memperbaiki hubungan dengan Allah dan hubungan dengan sesama manusia atau hablumminallah dan hablumminannaas," ucapnya.

Lebih lanjut Wabup menyampaikan harapan agar pawai taaruf yang digelar di akhir tahun hijriyah 1444 H untuk menyambut kedatangan tahun baru 1 Muharam 1445 H menjadi momentum sosial untuk membina kerukunan dan persaudaraan, ukhuwah islamiyah, ukhuwah 
wathoniah agar terjalin baik dan akrab. 



"Maka kita perlu membangun 
semangat hablum minannas di antara sesama," ujarnya.

Dikatakannya pula kegiatan pawai taaruf ini juga bertujuan mengangkat nilai-nilai kultural, yakni membangun budaya dan perilaku agar terbiasa menyambut datangnya Tahun Baru Islam dengan rasa gembira dan suka cita.



"Mudah-mudahan pada Tahun Baru Islam ini kita lebih baik dari tahun sebelumnya dan dosa-dosa kita diampuni oleh Allah SWT, agar kita bisa digolongkan oleh Allah SWT sebagai hamba-Nya yang MUTTAQIN," tutupnya.

Usai sambutan, Wabup melepas peserta Pawai Taaruf dengan melafadzkan Basmalah.



Kasubbag Agama Bagian Kesra Setda Dompu, H. Arifaid menyebut Pawai Taaruf menyambut 1 Muharam 1445 H itu diikuti oleh sekitar 2000 peserta. 

Dihadiri Sekda Dompu Gatot Gunawan PP, Kepala Kementerian Agama Kabupaten Dompu H. Syamsun H. Ilyas beserta jajaran, Pengurus MUI Kabupaten Dompu, Ketua FKUB Kabupaten Dompu Muhammad Alimuddin beserta anggota, Ketua TP PKK Kabupaten Dompu Hj. Lilis Suryani H. Kader Jaelani beserta anggota, para pimpinan OPD, para Kabag Lingkup Pemda Dompu, perwakilan Ormas Islam seperti NU, Muhammadiyah, LDII dan lainnya, Pengurus Aisyiyah Dompu, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, tokoh adat, tokoh wanita, para guru dan siswa madrasah, para guru dan siswa SD, SMP dan SMA sederajat, perwakilan dan Pondok Pesantren serta TPQ di daerah bermotto Bumi Nggahi Rawi Pahu itu.




Peserta dilepas dari depan Pendopo Bupati Dompu menuju arah bundaran DPRD lurus ke arah Jalan Bhayangkara menuju bundaran RSUD Dompu. Selanjutnya belok kanan menuju Pasar Atas kemudian belok kiri ke arah perempatan dekat Kantor Kelurahan Potu. Setelah itu belok kanan menuju arah Masjid Raya Baiturrahman. Kemudian belok kanan dari depan Bolly Department Store untuk kembali menuju Kantor Pemda Dompu. (emo).