99 Panitia Pilkades Sekabupaten Dompu Ikuti Bimtek

Kategori Berita

.

99 Panitia Pilkades Sekabupaten Dompu Ikuti Bimtek

Koran lensa pos
Kamis, 20 Juli 2023
Pelaksanaan Bimtek Pilkades Tingkat Kabupaten Dompu, Kamis (20/7/2023)



Dompu, koranlensapos.com - Bertempat di Gedung PKK Kabupaten Dompu, Kamis (20/7/2023) telah berlangsung Bimbingan Teknis Pemilihan Kepala Desa Serentak di Kabupaten Dompu tahun 2023.

Kegiatan itu digelar oleh Panitia Pemilihan Tingkat Kabupaten Dompu. Peserta Bimtek adalah Panitia Pemilihan Tingkat Desa yang baru dilantik beberapa hari lalu di 33 desa yang akan menggelar Pilkades.

"Panitia Pilkades yang mengikuti Bimtek yaitu Ketua, Sekretaris dan Bendahara. Jumlah keseluruhan peserta Bimtek 99 orang," sebut Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kabupaten Dompu, Agus Salim.

Kabid Pemdes, Muh. Nastap menambahkan Bimtek ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan menyamakan persepsi di antara Panitia di tingkat desa sehingga pelaksanaan Pilkades berjalan dengan aman, lancar dan damai. 

"Juga agar dalam pelaksanaan tiap tahapan Pilkades tetap dan selalu mengacu pada regulasi yang telah dibuat," jelas Nastap.

Regulasi yang dimaksudkan Kabid Pemdes yakni Peraturan Bupati Dompu Nomor 21 tahun 2023 tentang Pedoman Pelaksanaan Pemiihan Kepala Desa Serentak.

Hadir sebagai narasumber yaitu Sekda Dompu diwakii Asisten I Setda Dompu, H. Burhan dengan materi Gambaran Umum tentang Pilkades, Kapolres Dompu diwakili Kabag Ops AKP Syamsu Rizal dengan materi Stabilitas Keamanan Pillkades dalam Tahun Pilkada, Kajari Dompu diwakili Kasi Pidum, Islamiyah tentang peranan Kejaksaan dalam Pelaksanaan Pillades, Dandim 1614/Dompu Letkol Kav. Riyan Oktiya Virajati, S.T., M.M dengan materi Wawasann Kebangsaan, Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Dompu tentang Proses Tahapan Pilkades, Ketua KPU Dompu tentangTeknik Pemilihan dan Pencoblosan Kartu Suara, dan Kabag Hukum menerangkan  Peraturan Bupati (Regulasi tentang Pilkades).

Wakil Bupati Dompu, H. Syahrul Parsan saat membuka Bimtek tersebut menjelaskan bahwa 
Bimtek bagi Panitia Pilkades ini sangat penting agar pelaksanaan Pilkades serentak yang akan dihelat pada tahun ini berjalan demokratis, aman, jujur, adil, dan terhindar dari praktek kecurangan.


"Bimtek bagi Panitia Pilkades sangat penting karena nantinya mereka inilah yang akan bertugas dan terlibat langsung di lapangan," jelas Wabup.

Wabup mengemukakan Bimtek juga bertujuan agar setiap tahapan yang dilakukan nantinya sesuai dengan alur yang telah ditentukan dengan mengikuti regulasi.

"Pelaksanaan Bimtek bagi panitia tingkat desa sangat berguna untuk mengantisipasi kesimpangsiuran dan kebingungan terhadap regulasi terkait Pilkade," ucapnya.


Lebih lanjut ditegaskan Wabup bahwa Pemerintah Kabupaten Dompu menginginkan terlaksananya Pilkades yang adil dan netralitas yang tinggi dengan Sumber Daya Manusia (SDM) Panitia yang profesional serta menghindari adanya sengketa pasca pemungutan suara.


"Dan apabila ada perselisihan, Pemerintah Kabupaten Dompu mengharapkan untuk menyelesaikan sesuai mekanisme dan undang-undang yang berlaku, dan saya meminta agar tidak membuat-buat perselisihan," tandasnya.

Terkait hal itu, lanjut Wabup, Pemerintah Kabupaten Dompu juga akan melakukan pendampingan dalam Pilkades Serentak ini demi terwujudnya Pilkades yang aman dan damai, sesuai amanat Permendagri Nomor 72 Tahun 2020," paparnya.


Wabup juga menerangkan sehubungan dengan kegiatan Pilkades Serentak tahun 2023 ini berbarengan dengan tahun politik pelaksanaan pemilu legislatif, untuk itu diharapkan kepada panitia dan seluruh komponen masyarakat untuk bersama menjaga keamanan dan ketertiban di daerah Kabupaten Dompu tercinta ini.

Inilah selengkapnya 33 desa yang akan menggelar Pilkades di Kabupaten Dompu pada tahun 2023 ini :

Di Kecamatan Dompu terdapat 5 (lima) desa yakni Desa Dorebara, Manggenae, O'o, Sorisakolo dan Karamabura. 

Di Kecamatan Kempo ada 4 (empat) desa, yakni Dorokobo, Soro, Tolokalo dan Kempo.



 Di Kecamatan Manggelewa ada 8 (delapan) desa yaitu Kampasi Meci, Nangatumpu, Soriutu, Tanju, Tekasire, Banggo, Kwangko dan Lanci Jaya.


Di Kecamatan Woja ada 7 (tujuh) desa yakni Riwo, Bakajaya, Nowa, Rababaka, Saneo, Serakapi, dan Wawonduru. 

Di Kecamatan Kilo ada 3 (tiga) desa yaitu Lasi, Kramat, dan Mbuju. 

Di Kecamatan Pekat ada 3 (tiga) desa yaitu Doropeti, Karombo dan Kadindi Barat. 

Di Kecamatan Hu'u ada 2 (dua) desa yakni Adu dan Jala. Sedangkan di Kecamatan Pajo ada 1 (satu) desa yaitu Tembalae.(emo).