Bantu Masyarakat, DKP Kabupaten Dompu Akan Kembali Gelar GPM, Cek Lokasi dan Tanggalnya di Sini

Kategori Berita

.

Bantu Masyarakat, DKP Kabupaten Dompu Akan Kembali Gelar GPM, Cek Lokasi dan Tanggalnya di Sini

Koran lensa pos
Kamis, 22 Juni 2023
Rencana Kegiatan Gerakan Pangan Murah oleh Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Dompu di Lapangan Kandai Satu, Senin, 26 Juni 2023 mendatang


Dompu, koranlensapos.com - Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Dompu akan kembali menggelar kegiatan Gerakan Pangan Murah (GPM). 

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Dompu, Ilham menyebutkan GPM ini akan dilaksanakan pada hari Senin, 26 Juni 2023 mulai pukul 08.00 Wita di Lapangan Bola Kelurahan Kandai Satu Kecamatan Dompu.

"GPM ini yang keempat kalinya di tahun 2023 ini," kata Ilham.

Disebutnya program GPM perdana digelar di halaman Kantor DKP Kabupaten Dompu. Kedua kalinya di halaman Kantor Pemda Dompu pada acara Peringatan Hari Jadi Kabupaten Dompu ke 208, 11 April 2023. Sedangkan yang ketiga di Desa Tanju Kecamatan Manggelewa pada bulan Ramadhan 1444 H lalu.

"GPM ini untuk mengatasi inflasi, stabilisasi harga dan yang jelas membantu ibu-ibu rumah tangga terutama untuk memenuhi kebutuhan sembako dengan harga yang terjangkau. Harga yang kami jual nanti agak lebih murah dibandingkan dengan harga pasar," tuturnya.


Kabid Distribusi dan Cadangan Pangan DKP Kabupaten Dompu, Wahyuddin 


Kabid Distribusi dan Cadangan Pangan, Wahyuddin menambahkan bahwa GPM ini merupakan program serentak secara nasional dari Badan Pangan Nasional (Bapanas) Republik Indonesia. Kepala Bapanas RI Arief Prasetyo Adi gencar menggaungkan agar program GPM terlaksana di daerah-daerah di seluruh Indonesia. Tujuannya untuk membantu masyarakat agar dapat memperoleh bahan kebutuhan pokok dengan harga terjangkau. Terutama beras, gula, minyak goreng, telur, daging ayam dan ikan.

Dikatakan Wahyuddin, dalam kegiatan GPM di Kandai Satu pada Senin (26/6/2023) mendatang, ada penyedia-penyedia kebutuhan pokok yang akan menjual dengan harga murah.

"Nanti akan kita libatkan Bulog, Distributor telur, gula, minyak goreng, dan juga pelaku UMKM yang akan menjajakan barang dagangannya. Ada juga beras dari LPM (Lumbung Pangan Masyarakat) di Hu'u dan Kandai Satu. Akan ada juga penjualan sayur-sayuran maupun ikan dan daging ayam," ungkapnya.

Selain itu ada pula dijual olahan makanan dari UMKM serta aneka minuman sejenis sirup dan kopi.

Dikatakannya pula kegiatan GPM keempat ini untuk memenuhi kebutuhan masyarakat menjelang Hari Raya Idul Adha 1444 H yang akan datang.

Wahyuddin mengakui animo ibu-ibu rumah tangga untuk membeli kebutuhan pokok dalam kegiatan GPM cukup tinggi. Terbukti GPM tiga kali yang telah digelar oleh DKP Kabupaten Dompu diserbu pembeli. 

"Waktu GPM di depan kantor beberapa bulan lalu dalam waktu hanya 30 menit saja beras 5 ton dari Bulog habis terjual. Begitu juga waktu di Pendopo pada bulan April lalu," ungkapnya.


Selanjutnya Wahyuddin mengharapkan kepada seluruh masyarakat umum untuk mengunjungi pasar murah tersebut guna membeli bahan-bahan kebutuhan pokok yang diperlukan menjelang Hari Raya Idul Adha 1444 H ini. 

Wahyuddin mengatakan GPM yang telah berjalan tiga kali dalam tahun 2023 ini dan akan dilanjutkan dengan program keempat pada tanggal 26 Juni 2023 ini tidak menutup kemungkinan akan menyasar di kecamatan-kecamatan lain seperti Kempo, Hu'u, Kilo, Pekat maupun Pajo sesuai dengan kemampuan anggaran. (emo).