Babinsa Doropeti Imbau Orang Tua Jadi Teman Curhat Anak-Anaknya

Kategori Berita

.

Babinsa Doropeti Imbau Orang Tua Jadi Teman Curhat Anak-Anaknya

Koran lensa pos
Rabu, 28 Juni 2023

 

Kegiatan Komsos Babinsa Doropeti, Sertu Irwan bersama warga binaan di Dusun Wadu Mbudi, Selasa (27/6/2023)


Dompu, koranlensapos.com - Babinsa Desa Doropeti Koramil 1614-05/Pekat, Sertu Irwan mengimbau kepada warga binaan agar selalu mengontrol pergaulan anak-anaknya.

"Supaya anak-anak kita tidak terjerumus dalam pergaulan yang negatif, maka perlu ada kontrol dan pengawasan dari orang tua masimg-masing," kata Babinsa saat Komsos.dengan warga binaan pada hari Selasa (27/6/2023) pukul 08.33 Wita di Dusun Wadu Mbudi.

Dikatakan Babinsa, para orang tua supaya dekat dengan anak-anaknya. Memberikan pendidikan yang baik. Juga memberikan contoh teladan dalam beribadah dan muamalah. Demikian pula dalam bertutur kata dan bertingkah laku.

"Peran orang tua sangat penting untuk mengantarkan anak-anaknya menjadi orang yang berbakti dan berakhlak mulia. Maka orang tua jangan lepas kontrol terhadap anak-anaknya," pesannya.

Menurutnya orang tua harus menjadi teman curhat bagi anak-anaknya. Sehingga ketika memgalami masalah, anak mau mengungkapkan perasaan kepada orang tuanya.


'Adapun yang dapat orang tua lakukan untuk menghadapi remaja ialah melakukan pendekatan untuk bisa menjadi teman curhat, sehingga ia tidak merasa canggung mengungkapkan pendapatnya pada suatu masalah dan mengungkapkan perasaan terhadap suatu hal," jelasnya.

Menutup komsosnya, Babinsa menyampaikan cara untuk pencegahan pergaulan bebas di kalangan remaja. Yaitu selektif dalam memilih teman bergaul. Lingkungan pertemanan cukup berpengaruh dalam membentuk karakter seseorang. 

Selain itu, anak harus berpendirian kokoh. Tidak mudah terpengaruh pada ajakan ke arah perbuatan negatif.

"Anak juga harus diarahkan untuk memperbanyak kegiatan positif. Ingat akan pesan dan nasehat orang tua dan mendekatkan diri dengan Agama," ujarnya.

Tidak lupa Babinsa menyampaikan arahan terkait dengan pesta demokrasi Pemilihan Kepala Desa yang tidak lama lagi akan digelar.


"Supaya tetap menjaga silaturahmi antar warga walaupun beda pilihan dalam pemilihan kades nantinya," pungkasnya. (emo).