H. Abdillah Dapat Amanah Jadi Ketua PDM Kabupaten Dompu Periode 2022-2027

Kategori Berita

.

H. Abdillah Dapat Amanah Jadi Ketua PDM Kabupaten Dompu Periode 2022-2027

Koran lensa pos
Minggu, 28 Mei 2023

 

H. Abdillah, S. Pd, (batik hijau), Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Dompu terpilih untuk periode 2022-2027 bersama para panitia MUSDA X Muhammadiyah Kabupaten Dompu


Dompu, koranlensapos.com - Musyawarah Daerah (Musda) ke 10 Muhammadiyah Kabupaten Dompu yang berlangsung di Gedung PKK, Sabtu (27/5/2023) telah usai. 

H. Abdillah, S. Pd  mendapatkan kepercayaan dari Tim Formatur sebagai Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Dompu periode 2022 - 2027.
H. Abdillah sebelumnya memegang amanah sebagai Wakil Ketua PDM Kabupaten Dompu.

Musda yang dibuka oleh Sekda Dompu Gatot Gunawan PP, M. Kes serta dihadiri langsung oleh Ketua Perwakilan Wilayah Muhammadiyah (PWM) NTB, H. Falahuddin, M. Ag, Kakan Kemenag, Ketua Umum MUI dan Ketua FKUB Kabupaten Dompu itu berlangsung mulai sekitar pukul 09.00 Wita dan berakhir hingga pukul 19.30 Wita.


H. Abdillah yang saat pelaksanaan Musda X tersebut didaulat sebagai Ketua Panitia menyampaikan sidang pleno memilih 27 orang calon tetap untuk menjadi Ketua PDM. Dari jumlah tersebut dipilih 13 orang terpilih yang meraih suara terbanyak untuk masuk dalam tim formatur yang akan menetapkan Ketua PDM. 

Rekapitulasi perolehan suara dalam sidang pleno yang dipimpin Kasturi A. Talib, S. Pd menempatkan Aris Rustaman, SE mengantongi suara tertinggi yakni 38. Disusul oleh tiga calon dengan suara sama 37 yakni Ziadatul Iksan, SE, Drs. Muhammad Amin dan H. Abdillah, S. Pd. Selanjutnya tiga orang lain meraih suara yang sama yakni Mudaris Sunuwibowo, S. Pd.I, Ilham Usman, S. Ag., M. Si dan H. Hasan Sarujin, S. Pd dengan 34 suara. Sedangkan Ketua PDM periode 2017-2022) yakni H. Bambang Heemanto, M. BA memperoleh 32 suara disusul Drs. Swandi, MM. Pd dengan 28 suara, Budiman, S. Pd.I (27), Ma'arif Kaharuddin, S. Pt (26 suara). Adapun Muslamin, S. Pd, Maman Apriansyah, S. Pd dan Agung Dewantoro, ST sama-sama mendapat 24 suara. 

Nama-nama tersebut di atas selanjutnya ditunjuk sebagai Tim Formatur yang akhirnya menetapkan H. Abdillah, S. Pd sebagai Ketua terpilih untuk masa bakti 2022 - 2027.

H. Abdillah adalah guru ASN. Pria santun berwibawa kelahiran Dompu, 31 Desember 1964 tersebut, saat ini berdinas di SMPN 1 Dompu.

H. Abdillah bukan sosok baru di dalam Ormas Muhammadiyah. Sejak tahun 1990-1995 telah bergabung menjadi anggota Pemuda Muhammadiyah.
Setelah itu dipercaya menjadi Wakil Sekretaris PDM Dompu (1995-2000). Kemudian selama 15 tahun mengemban amanah menjadi Sekretaris PDM Dompu (2000-2015). Setelah itu didaulat menjadi Wakil Ketua PDM Dompu 2015 - 2020 dan diperpanjang menjadi 2015-2022.

"Semoga saya dan kolega-kolega dalam kepengurusan PDM Dompu periode 2022-2027 amanah dan tetap sinergis untuk kemajuan Muhammadiyah di Dompu," ucapnya.


Abdillah mengemukakan amanah yang yang akan diembannya selama periode 5 tahun ini merupakan amanah dari Musyda dan hasil kerja tim formatur pengurus terpilih sebanyak 13 orang yang harus dijunjung tinggi. 

"Sebenarnya saya pribadi berada pada urutan ke 4 dari hasil pemilihan dengan jumlah suara 37 bersama 3 orang kandidat, sedangkan urutan pertama memperoleh suara 38. Setelah tim formatur bermusyawarah  yang cukup panjang dengan ide-ide yang sangat baik demi kemajuan Muhammadiyah Dompu ke depan maka disepakati saya sebagai Ketua terpilih," ujarnya.

Dijelaskan H. Abdillah, salah satu tajdid di Muhammadiyah bahwa kandidat urutan pertama tidak otomatis menjadi ketua, tapi penetapan ketua ditetapkan melalui musyawarah tim formatur.

Lebih lanjut H. Abdillah berharap
Pengurus PDM Dompu periode 2022-2027 tercipta sinergisitas seluruh pengurus baik tingkat daerah, cabang bahkan diupayakan terwujudnya pengurus tingkat ranting untuk melanjutkan program Kerja pengurus PDM yang lama dengan melakukan kajian-kajian program prioritas baik pada tingkat daerah maupun cabang sebagai langkah konkret dalam menciptakan Muhammadiyah yang unggul dan berkemajuan. 

"Muhammadiyah sebagai organisasi kemasyarakatan dan keagamaan tetap menjalin kerja sama dengan pemerintah dalam bidang pendidikan, kesehatan dan ekonomi kerakyatan untuk mendukung program Pemerintah Kabupaten Dompu yang "MASHUR" (Mandiri Sejahtera Unggul dan Religius)," urainya. 

H. Abdillah menginformasikan pula bahwa hasil Musda Aisyiyah Kabupaten Dompu menetapkan Hj. Reni Wahyuni, S. Pd sebagai Ketua Pimpinan Daerah Aisyiyah Kabupaten Dompu periode 2022-2027.(emo).