Babinsa Adu Dampingi Pemantauan dan Pengecekan Hewan Ternak

Kategori Berita

.

Babinsa Adu Dampingi Pemantauan dan Pengecekan Hewan Ternak

Koran lensa pos
Senin, 22 Mei 2023

 

Kegiatan pemantauan kesehatan hewan ternak di Desa Adu Kecamatan Hu'u Kabupaten Dompu, Sabtu (20/5/2023)



Dompu, koranlensapos.com - Babinsa Desa Adu Koramil 1614-03/Hu'u, Serka Landa, Sabtu (20/5/2023) pukul  melaksanakan kegiatan pendampingan
pemantauan dan pengecekan secara langsung terhadap hewan ternak di wilayah Desa binaan. Kegiatan yang dilaksanakan bekerja sama dengan petugas peternakan dan kesehatan hewan Kecamatan Hu'u itu guna mengantisipasi dan mencegah penularan wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) terhadap hewan ternak terutama pada sapi.

"Kegiatan kontrol dan pemantauan ini bertujuan untuk pendataan hewan ternak di wilayah binaan dalam keadaan baik dan sehat. Tidak terjangkit penyakit PMK sesuai surat edaran dari Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Dompu," jelas Babinsa.


Dikatakannya, wabah PMK disebabkan oleh virus yang bisa menyerang pada hewan ternak berkaki empat atau hewan ternak besar khususnya sapi.


"Diimbau kepada warga peternak untuk dapat menjaga kebersihan kandang dan lingkungan serta juga harus bisa mengenali gejala dan ciri-ciri hewan ternak yang tertular wabah tersebut," ujarnya.

Babinsa juga menyampaikan kepada warga peternak agar tidak takut melaporkan ke petugas, jika didapati kesehatan hewan ternak sapinya agak menurun agar secepat mungkin dapat diantisipasi terjangkitnya penyakit mulut dan kuku maupun penyakit hewan yang lainya. (emo).