Komsos dengan Petani di Karang Mente, Ini Arahan Babinsa Beringin Jaya

Kategori Berita

.

Komsos dengan Petani di Karang Mente, Ini Arahan Babinsa Beringin Jaya

Koran lensa pos
Rabu, 26 April 2023

 

Kegiatan Komsos Babinsa Beringin Jaya, Sertu Sukrin dengan para petani yang merupakan warga binaan di Dusun Karang Mente


Dompu, koranlensapos.com - Babinsa Beringin Jaya, Sertu Sukrin melaksanakan Komsos di Dusun Karang Mente dengan para petani yang menjadi warga binaannya.


Pada kesempatan itu, mereka membahas situasi panen jagung saat ini. Banyak hasil jagung yang ditolak oleh pembeli karena kualitasnya kurang bagus. Hal tersebut terjadi akibat saat proses pemetikan turun hujan yang deras. Sementara tongkolan jagung sudah tergeletak di tanah dalam kondisi basah. Kondisi demikian berdampak pada menurunnya kualitas jagung pipilan yang dihasilkan karena ada sebagian yang tumbuh atau berjamur.

Menanggapi kondisi demikian, Babinsa menyampaikan arahan agar proses pemetikan hingga penggilingan jagung tidak memakan waktu yang lama sampai melebihi satu minggu. 

"Setelah dipetik segera dikumpulkan dalam karung-karung untuk diangkut secepatnya ke tenda penampungan agar lekas digiling. Jangan biarkan tongkolan jagung basah terkena air hujan karena akan menurunkan kualitas pipilan jagung," sarannya.

Babinsa juga menyarankan dalam proses penjemuran pun harus menggunakan terpal jemur yang memadai. 

"Jagung yang dijemur harus dibolak-balik secara merata agar kekeringannya merata sehingga kualitas biji jagung menjadi bagus," ujarnya.
Tidak lupa Babinsa mengimbau warga binaan agar selalu menjaga bersama situasi kamtibmas agar tetap kondusif. 

"Menjaga kamtibmas ini adalah tanggung jawab kita bersama demi kenyamanan kita bersama," pungkasnya. (emo).