DWP Dompu Gelar Sholat Tasbih, Khataman Al-Qur'an dan Berbagi di Masjid Nurul Huda Kelurahan Bali

Kategori Berita

.

DWP Dompu Gelar Sholat Tasbih, Khataman Al-Qur'an dan Berbagi di Masjid Nurul Huda Kelurahan Bali

Koran lensa pos
Rabu, 19 April 2023

 

Pelaksanaan Sholat Tasbih, Khataman Al-Qur'an dan penyerahan bantuan untuk Masjid serta santunan untuk para lansia dan warga kurang mampu oleh Pengurus DWP Kabupaten Dompu di Masjid Nurul Huda Kelurahan Bali Kecamatan Dompu Kabupaten Dompu, Sabtu (15/4/2023)


Dompu, koranlensapos.com - Pengurus Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Dompu kembali melaksanakan kegiatan keagamaan dan bakti sosial kepada masyarakat di dalam bulan suci Ramadan 1444 H ini.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Masjid Nurul Huda Kelurahan Bali Kecamatan Dompu Kabupaten Dompu pada hari Sabtu (15/4/2023).

Seperti kegiatan sebelumnya, acara diawali dengan pelaksanaan sholat tasbih secara berjamaah. Dilanjutkan dengan khataman Al-Qur'an dan berbagi kepada para lansia di wilayah setempat.

Pengurus DWP Kabupaten Dompu foto bersama dengan kaum ibu warga setempat di Masjid Nurul Huda Kelurahan Bali

Sholat Tasbih berjamaah diimami oleh Ustadz Lalu Syarifuddin, SQ. Sebelum pelaksanaan Sholat Tasbih, terlebih dahulu Ustadz Lalu menjelaskan tentang tata caranya serta keutamaannya. 

Dijelaskan Lalu, Sholat Tasbih adalah sholat yang dilakukan untuk memohon ampunan dari Allah SWT atas segala dosa yang diperbuat. Ia menjelaskan ada 10 macam dosa yang akan diampuni oleh Allah karena melaksanakan sholat tasbih. Antara lain dosa besar dan kecil, dosa yang disengaja dan tidak disengaja, dosa yang telah lama diperbuat maupun yang baru, dosa yang diketahui orang lain maupun tidak serta dosa yang sudah dikerjakan dan belum dikerjakan.

Ustadz Lalu Syarifuddin, SQ sedang menjelaskan tata cara pelaksanaan sholat tasbih serta keutamaannya

"Sholat Tasbih ada 4 rokaat. Setelah membaca bacaan sholat seperti biasa, dilanjutkan dengan membaca Subhanallah Walhamdulillah wa Laa Ilaha Illallahu Wallahu Akbar sebanyak 75 kali. Jadi dalam 4 rokaat dibaca 300 kali," paparnya.

Dijelaskannya pada saat berdiri, usai membaca Al-Fatihah dan Surat dilanjutkan membaca kalimat di atas 15 kali. Saat ruku' membaca 10 kali, i'tidal (bangun dari ruku') 10 kali, sujud pertama 10 kali, duduk antara dua sujud dibaca 10 kali, sujud kedua membaca 10 kali, kemudian duduk lagi dengan membaca 10 kali.

"Praktek seperti ini dilaksanakan sebanyak 4 rokaat," jelasnya.

Usai pelaksanaan Sholat Tasbih, Ustadz Lalu memimpin Khataman Al-Qur'an yang diikuti secara serentak oleh para hadirin yang menghadiri kegiatan tersebut.

Ketua DWP Kabupaten Dompu, Anike Kusumawati, S. Si.T., M. Kes memberikan sambutan dalam acara tersebut


Ketua DWP Kabupaten Dompu, Anike Kusumawati Gatot Gunawan PP. S. Si.T., M. Kes menjelaskan kegiatan yang sama telah dilaksanakan beberapa kali selama bulan suci Ramadan 1444 H ini di lokasi yang berbeda. Tujuannya semata-mata mencari keridhoan Allah SWT dengan meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada-Nya.

"Bulan suci Ramadan adalah bulan penuh berkah dan rahmat dari Allah. Mari kita tingkatkan ibadah kita kepada Allah SWT," ajaknya.

Kabid Kesmas Dinas Kesehatan Kabupaten Dompu ini berharap semoga dengan adanya kegiatan bertema "Berbagi Berkah di bulan Berkah" tersebut mendapatkan ridho, ampunan dan rahmat Allah SWT serta dijauhkan dan disembuhkan dari berbagai penyakit.

Kegiatan diakhiri dengan penyerahan bantuan untuk masjid dan memberikan santunan kepada para lansia dan warga kurang mampu. (emo).