Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

KKP-RI Gelar Safari Gemarikan di Kantor Camat Hu'u

Rabu, 05 Agustus 2020 | 11:49 AM WIB Last Updated 2020-08-05T03:49:32Z



Dompu, Lensa Pos NTB - Kegiatan Safari Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) dilaksanakan di Kantor Camat Hu'u Desa Rasabou Kecamatan Hu'u Kabupaten Dompu, Rabu (5/8/2020) pukul 09.30 Wita.


Kegiatan yang diselenggarakan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI itu dihadiri oleh Direktur Pemasaran KKP RI, Machmud, Anggota Komisi IV DPR-RI, H. Muhammad Syafruddin, ST., MM, Bupati Dompu Drs. H. Bambang M. Yasin, Kapolres Dompu AKBP Syarif Hidayat, SH, S. IK, Ketua Forikan Kabupaten Dompu Hj. Eri Aryani, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Dompu, Ir. Wahidin, M. Si, Camat Hu'u Muhtar, S. Sos, Kapolsek Hu'u IPDA Zuharis, seluruh Kepala Desa di Kecamatan Hu'u serta pengurus Forikan Kecamatan Hu'u, Pengurus UKM Pasir Putih dan UKM Bahari Desa Jala,  tokoh wanita, dan tokoh pemuda.

Kegiatan itu mengangkat tema "Ayo Makan Ikan, Ayo Lawan Covid -19, Makan Ikan Sehat, Kuat Cerdas".

Bupati Dompu Drs. H. Bambang M. Yasin dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada KKP-RI yang telah menjadikan Kabupaten Dompu sebagai lokus kegiatan Safari Gemarikan ini.

"Kegiatan Safari Gemarikan ini
 tidak datang secara serta-merta tapi melalui proses. Terima kasih juga kepada Anggota DPR-RI bapak H. Muhammad Syafruddin yang telah berjuang untuk terlaksananya kegiatan ini," ungkap Bupati HBY.

Lebih lanjut Bupati memaparkan tentang Covid -19 di Kabupaten Dompu yang sempat zero positif sekitar 2 bulan, namun kemudian dikejutkan dengan adanya 8 kasus positif  baru dan ditambah satu orang lagi meninggal. 
Bupati HBY kemudian mengingatkan kepada masyarakat Dompu agar banyak mengonsumsi ikan. Karena mengonsumsi ikan akan memberikan imunitas bagi tubuh termasuk dari virus Covid -19.

Sementara itu, Direktur Pemasaran KKP-RI, Machmud menjelaskan bahwa mengonsumsi ikan jauh lebih menyehatkan dibandingkan dengan mengonsumsi daging sapi atau kambing. Karena proses pencernaan ikan dalam tubuh lebih cepat ketimbang daging sapi atau kambing.
"Kalau makan ikan 45 menit langsung diproses dalam perut. Daging kambing atau sapi 3 jam baru berproses dalam perut," jelasnya.
Dikatakan Machmud karena mudah dicerna dalam perut sehingga vitamin, mineral, protein maupun kandungan lain dalam ikan langsung diserap oleh tubuh dan memberikan imunitas bagi tubuh sehingga mempercepat proses  penyembuhan Covid -19.

Pada kesempatan tersebut, HMS menyampaikan bahwa ikan memiliki kandungan nutrisi yanh sangat dibutuhkan oleh tubuh. Karena itu politisi PAN yang familiat disapa Rudy Mbojo ini juga meminta kepada Kadis DKP Dompu, Ketua Forikan dan stakeholder terkait agar senantiasa mendorong kepada masyarakat agar gemar makan ikan.
"Saya sendiri sudah satu tahun tidak makan daging dan nasi hanya makan ikan," aku politisi Senayan 3 periode ini sembari mengimbau agar masyarakat gemar makan ikan.
"Apalagi di Hu'u ini banyak ikan," ujarnya.



Kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan bantuan paket secara simbolis dan sertifikat kepada Ketua UKM Pasir Putih dan UKM Bahari Desa Jala.




Selanjutnya sekitar 500 paket bantuan diberikan kepada anggota UKM dan masyarakat umum yang dilaksanakan di halaman Kantor Camat Hu'u. Penyerahan bantuan ini dilaksanakan oleh Ketua Forikan Kabupaten Dompu Hj. Eri Aryani.




Pada kesempatan yang sama Direktur Pemasaran KKP-RI, Machmud meninjau pameran produksi olahan berbahan dasar ikan hasil karya para wanita yang tergabung dalam UKM Pasir Putih dan UKM Bahari Desa Jala Kecamatan Hu'u. Seperti kripik ikan, ikan teri putih, nugget ikan, dan abon ikan.



HMS juga pada kesempatan itu menyerahkan secara simbolis bibit kelapa kepada petani di Kecamatan Hu'u. Penyerahan bibit kelapa juga dilakukan oleh Bupati Dompu Drs. H. Bambang M. Yasin dan Ketua TP PKK Kabupaten Dompu Hj. Eri Aryani.

Selanjutnya rombongan meninjau pabrik es di Desa Jala yang dilanjutkan dengan ke Pantai Lakey di Desa Hu'u. (AMIN)

×
Berita Terbaru Update