Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Hebat, Wakapolres Dompu Merazia Personelnya

Rabu, 10 Juni 2020 | 10:04 AM WIB Last Updated 2020-06-10T02:04:57Z


Dompu, Lensa Pos NTB - Razia biasanya dilakukan oleh anggota Polri dari Satuan Lantas untuk memeriksa kelengkapan surat-surat kendaraan bermotor maupun kelengkapan ranmor bagi pengguna jalan.

Tetapi ini berbeda dari biasanya.
Anggota Polri yang bertugas di Polres Dompu dirazia satu-persatu kelengkapan surat-surat yang dimilikinya.

Kegiatan itu dilaksanakan  di Lapangan Apel Polres Dompu, Rabu (10/6/2020) pukul 07.00 Wita sebelum memulai pelaksanaan apel pagi.

Kelengkapan perseorangan anggota Polri seperti KTA (Kartu Tanda Anggota), KTP, SIM, STNK, BPJS, Kartu senjata (bagi pemegang Senpi) dicek satu-persatu, kemudian dilanjutkan dengan pemeriksaan tampilan perseorangan yakni kerapian rambut, pakaian dan lainnya.

Pemeriksaan ini dipimpin oleh Wakapolres KOMPOL I Nyoman Adi Kurniawan SH didampingi oleh Kabag Ops AKP. Nusra Nugrahan SH, Kabag Sumda KOMPOL Ibrahim, dan Kasi Propam AIPDA Dwi Suharyono.

Pada kesempatan tersebut pemeriksaan dan pengecekan ini tidak hanya dititikberatkan pada Bintara namun juga  untuk para perwira atau Pejabat utama.
Bagi anggota yang ditemukan pelanggaran terkait pemeriksaan tersebut seperti rambut panjang, berjenggot langsung dilakukan pemotongan/pemangkasan menggunakan gunting oleh Provost sebagai bentuk teguran dan untuk dirapikan selanjutnya.
Demikian juga untuk anggota yang ditemukan tidak lengkap terkait kelengkapan surat-surat baik itu identitas pribadi maupun kartu izin lainnya langsung diberikan tenggang waktu untuk dilengkapi segera.
Jika tidak diindahkan maka setiap personil akan dikenai sanksi.

Setelah melakukan pengecekan, Wakapolres dalam arahannya mengucapkan puji syukur kehadirat Tuhan yang Maha Esa atas nikmat sehat dan kesempatan, termasuk pula sejauh ini situasi wilayah hukum Polres Dompu masih dalam keadaan aman dan kondusif.
"Semoga kita semua dalam lindungan yang Maha Kuasa," ujarnya.

Dikatakannya kegiatan pengecekan ini tidak bertujuan mencari-cari kesalahan anggota namun ini wajib dilakukan sebagai salah satu cara untuk menertibkan disiplin anggota.
"Jangan hanya masyarakat saja yang kita tindak karena tidak memiliki SIM dan STNK  tapi kita sebagai insan Polri sudah seharusnya memberikan contoh pada masyarakat untuk ta'at pada aturan dan wajib melengkapi surat surat kendaraan," tandasnya.
Demikian juga dalam hal penampilan perseorangan, Wakapolres mengingatkan agar  tetap dijaga.
"Biasakan berpenampilan rapi. Pakaian tidak harus mahal tapi kebersihan dan kerapian tetap diutamakan. Wibawa anggota Polri juga sangat dipengaruhi oleh penampilan, termasuk pula kebersihan lingkungan kantor serta ruang kerja," jelasnya.

Lebih lanjut Wakapolres menegaskan kembali penekanan Kapolres bahwa anggota dituntut untuk melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya dan jangan lakukan pelanggaran sekecil apapun.
"Dan kegiatan pengecekan ini pun adalah sebuah langkah tindak lanjut dari penekanan Kapolres," tegasnya.

Adi mengemukakan bagi para perwira agar memberikan contoh yang baik untuk para anggota. Demikian juga dengan Provost agar tetap memberikan contoh kepada anggota.
"Bagaimana mungkin para Provost menegur anggota yang salah jika provost sendiri melanggar," ucapnya.

Di akhir arahannya, Wakapolres mengimbau di saat pandemi covid19 agar seluruh personel tetap berupaya untuk menjaga kesehatan diri dan keluarga serta  tetap mematuhi protokoler covid19.

Kegiatan apel pagi berakhir pukul 08.05 Wita dengan lancar dan tertib. (AMIN).
×
Berita Terbaru Update