Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Dinkes Dompu Programkan Rapid Test Gratis Bagi Seluruh Ibu Hamil

Kamis, 25 Juni 2020 | 9:35 AM WIB Last Updated 2020-06-25T01:35:57Z
Suhada, A. Md. Keb, Kabid Kesmas Dinkes
Kab. Dompu

Dompu, Lensa Pos NTB - Dinas Kesehatan Kabupaten Dompu saat ini sedang melakukan program Rapid Diagnostic Test (RDT) gratis bagi seluruh ibu hamil. 

Hal itu disampaikan oleh Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat pada Dinkes Dompu, Suhada, A. Md. Keb saat diwawancarai media ini di Gedung PKK Kabupaten Dompu, Kamis (25/6/2020) pukul 09.00 Wita.
"Sudah dua minggu ini dilaksanakan program rapid test bagi seluruh ibu hamil di Kabupaten Dompu," sebutnya.
Dikatakannya ibu hamil yang akan melahirkan harus mengantongi surat keterangan hasil RDT sebelum menjalani persalinan di fasilitas kesehatan baik di Poskesdes, Puskesmas, maupun Rumah Sakit.
"Dokter spesialis tidak mau memberi pelayanan apabila tidak ada hasil rapid test," tandasnya.

Dilanjutkan Suhada bagi ibu yang akan melahirkan dan dinyatakan reaktif hasil rapid test, maka persalinan langsung ditangani di Rumah Sakit. Sedangkan bila hasil rapid test non reaktif, maka persalinan bisa dilaksanakan di Puskesmas maupun di Poskesdes.

Pelayanan RDT bagi ibu hamil ini dapat diperoleh secara gratis di Puskesmas maupun di Rumah Sakit bantuan dari PT. Sumbawa Timur Mining (STM) beberapa waktu lalu. 
Ia menegaskan program RDT ini dilaksanakan karena tidak ingin terjadi kecolongan. Beberapa waktu lalu pernah ada seorang ibu melahirkan di RSU Dompu tetapi tinggal di luar daerah. Setelah dilakukan rapid test ternyata hasilnya reaktif. Hal tersebut bila tidak diketahui lebih awal dapat menyebabkan risiko bagi tenaga medis yang menangani.
"Makanya sekarang ini ibu hamil K4 (menjelang persalinan) harus dirapid test dulu. Kalau reaktif langsung ditangani persalinannya di rumah sakit," pungkasnya. (AMIN).


×
Berita Terbaru Update