Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

8-13 Juni 2020, SMP 7 Woja Laksanakan Ulangan Akhir Tahun Secara Online

Selasa, 09 Juni 2020 | 3:43 AM WIB Last Updated 2020-06-08T19:53:00Z
Khairul Amar, S. Pd
Kepala SMPN 7 Woja

Dompu, Lensa Pos NTB - Mulai tanggal 8 sampai dengan 13 Juni 2020, SMP Negeri 7 Woja
melaksanakan kegiatan ulangan Akhir Tahun secara online.
Penilaian akhir tahun tersebut khusus bagi siswa kelas VII dan VIII.
Para siswa tidak perlu datang ke sekolah untuk mengikuti ujian semester akhir tahun ini tetapi bisa mengerjakannya di rumah masing-masing.
Hal itu disampaikan oleh Khairul Amar, S. Pd, Kepala Sekolah di SMP yang berlokasi di Desa Saneo Kecamatan Woja Kabupaten Dompu NTB tersebut kepada media ini kemarin.
Amar mengemukakan penilaian akhir tahun dilakukan secara online ini untuk mengikuti protokol kesehatan di tengah wabah Covid -19 ini agar tidak terjadi kerumunan yang dapat berakibat para siswa tidak bisa menjaga jarak (physical distancing).

Ia menyebutkan soal ulangan dibuat menggunakan google form yang dirangkum dalam 1 (satu) paket untuk semua mata pelajaran. 

"Model soal diurut secara acak sama seperti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang selama ini dilaksanakan," jelasnya.

Ia menyebut bedanya dengan UNBK, pada soal ujian semester akhir tahun secara online ini beberapa siswa bisa berkali-kali mengerjakan soal yang sama dengan menggunakan 1 (satu) akun secara bergantian.

"Hal ini diantisipasi mengingat tidak semua siswa punya HP. Jadi siswa lain bisa meminjam HP yang sama untuk mengerjakan soal," tandasnya.
Setelah siswa membuka link soal akan muncul gambar ini


Lebih lanjut Amar menerangkan siswa yang telah selesai mengerjakan soal dapat diketahui langsung oleh guru pengelola IT dengan membuka google drive dan respon yang sudah masuk.

"Jadi kalau siswa sudah selesai mengerjakan soal bisa terekam langsung dalam google drive.
Di google drive ini juga langsung bisa dilihat berapa skor nilai yang diperoleh siswa," imbuhnya.

Ia menambahkan link soal ulangan akhir tahun ini akan diberikan kepada siswa melalui WhatsApp (WA) dan secara berantai akan diteruskan oleh siswa kepada siswa lain atau boleh juga menggunakan HP android yang sama oleh beberapa siswa. 
Setelah siswa membuka link tersebut, sebelum mengerjakan soal ulangan akhir tahun ini siswa terlebih dahulu mengetik nama, tanggal lahir dan kelas yang diminta. 
"Kami berharap para siswa yang sudah dikirimi link soal ini meneruskan kepada teman-temannya yang lain yang kelas VII dan kelas VIII atau menggunakan HP yang sama untuk mengerjakan soal aecara bergantian," pintanya. (AMIN).


×
Berita Terbaru Update