Luar Biasa, Lulusan SMKN 1 Dompu Sisihkan Uang Saku Buat Kaum Dhuafa

Kategori Berita

.

Luar Biasa, Lulusan SMKN 1 Dompu Sisihkan Uang Saku Buat Kaum Dhuafa

Koran lensa pos
Sabtu, 16 Mei 2020


Dompu, Lensa Pos NTB - Patut ditiru cara yang dilakukan Siswa dan siswi SMK Negeri I Dompu angkatan tahun 2020 yang tergabung dalam kepengurusan Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) dalam merayakan kelulusannya. 
Mereka memilih melakukan kegiatan bakti sosial untuk membantu warga miskin.

Kepala  SMKN I Dompu, Eko Sutrismi, S. Pd mengatakan, untuk membantu warga miskin para siswa-siswi lulusan tahun ini  menyisihkan uang sakunya masing-masing Rp10 ribu dikumpulkan untuk membeli paket sembako. 

"Mereka lebih memilih memberikan bantuan sembako dari pada merayakan dengan hal-hal yang tidak bermanfaat," ujarnya. 
Selanjutnya paket sembako tersebut diserahkan langsung oleh para siswa-siswi tersebut kepada kaum dhuafa yang telah didata sebelumnya.

"Sebagian kita salurkan di rumah-rumah warga miskin, sebagian juga kami berikan kepada warga miskin yang berada di jalanan," jelas Eko. 

Pembagian paket sembako dilakukan secara door to door dan tidak beramai-ramai tetapi dengan menjaga jarak (physical distancing) untuk mencegah penyebaran virus Corona dan mematuhi protokol covid-19.

"Yang terjun membagi sembako hanya perwakilan kompetensi keahlian seperti ketua kelas dan bendahara beserta guru pendamping," imbuhnya. 

Satu paket sembako yang dibagikan  berisi 5 kg beras, minyak goreng 1 liter, dan mie instan 10 bungkus. 

Sasaran pembagian sembako di Kabupaten Dompu yaitu kaum dhuafa di Kelurahan Karijawa, Potu, Bada, dan Kandai Satu. Jumlah paket sembako yang dibagikan sebanyak 30 paket. 

Sebelumnya para siswa ini juga memberikan bantuan sembako kepada fakir miskin dan korban kebakaran di Desa Ngali Kabupaten Bima.

Pemberian paket sembako di Desa Ngali sedikit berbeda dengan di Dompu. Dalam satu paket siswa memberikan 5kg beras, sikat gigi, Minyak goreng, gelas, mie instan, lima biji telur. Selain itu pakaian layak pakai sebanyak satu karung, air mineral empat dus dan obat-obatan. 

Guru pendamping sekaligus pembina OSIS SMKN 1, Muslim Ansyari, S. Pd berharap semoga paket yang diberikan bermanfaat dan dapat meringankan beban bagi warga miskin dan rentan miskin terdampak covid-19 serta korban kebakaran di Bima. 

"InsyaAllah SMKN 1 Dompu melalui OSIS PMR Pramuka dan ROHIS selalu hadir membantu baik dalam bentuk moril maupun materil," ujarnya mengakhiri. (AMIN).