Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Muttakun Minta DPMPD Dompu Segera Dorong Pemdes Lakukan Perubahan APBDes 2020

Rabu, 01 April 2020 | 9:43 AM WIB Last Updated 2020-04-01T01:43:50Z

Dompu, Lensa Pos NTB - Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kabupaten Dompu diharapkan segera mendorong Pemerintah Desa untuk melakukan perubahan APBDes 2020.

Hal itu disampaikan oleh Anggota DPRD Kabupaten Dompu, Ir. Muttakun dengan merujuk pada Surat Edaran Menteri Desa PDT dan Transmigrasi RI Nomor 8 Tahun 2020 Tentang Desa Tanggap Covid-19 dan Penegasan Padat Karya Tunai Desa (PKTD) tanggal 24 Maret 2020.

"Perubahan APBDes ini dimaksudkan untuk menggeser pembelanjaan bidang dan sub bidang lain menjadi bidang penanggulangan bencana, keadaan darurat dan mendesak desa dan bidang pelaksanaan pembangunan desa untuk Kegiatan Padat Karya Tunai Desa (PKTD) sebagaimana diatur dalam Permendagri Nomor 20 Tahun 2018 tentang Pengelolaan Keuangan Desa," jelas Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Dompu ini. 

Selanjutnya Politisi Partai Nasdem ini mengemukakan pada desa-desa yang masuk dalam wilayah Keadaan Luar Biasa (KLB) Covid-19 maka APBDes dapat langsung diubah untuk memenuhi kebutuhan tanggap Covid-19 di Desa. 

"Karena itu diharapkan kepada Dinas PMPD Kabupaten Dompu jika Pemkab Dompu belum menentukan standar kriteria Keadaan Luar Biasa (KLB) agar segera menyusun draft Peraturan Bupati Dompu mengenai Pengelolaan Keuangan Desa," bebernya.

Dikatakannya sehubungan dengan pandemi covid-19 global telah berdampak serius terhadap sendi-sendi ekonomi dan kesehatan masyarakat desa maka perlu dengan segera melakukan perubahan APBDes dengan prioritas penggunaan dana desa untuk memperkuat sendi-sendi ekonomi melalui Padat Karya Tunai Desa (PKTD) dan Penguatan Kesehatan Masyarakat melalui Upaya Pencegahan dan Penanganan Covid-19.

Lebih lanjut ia mengharapkan BPD  memiliki sense of crisis terhadap kondisi yang sedang terjadi. Demikian pula LPM dan Karang Taruna agar membangun kekompakan dengan menjadi relawan desa untuk melawan dan mencegah penyebaran Covid-19 sehingga Desa menjadi Tangguh terhadap Wabah Corona. (AMIN).


×
Berita Terbaru Update