Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Unik, Sosialisasi Cegah Corona di Dorotangga Gunakan Kendaraan 3 Roda

Jumat, 27 Maret 2020 | 10:02 PM WIB Last Updated 2020-03-27T14:05:04Z

Dompu, Lensa Pos NTB - Upaya mengantisipasi penyebaran Corona Virus Disease 2019 atau yang lazim disingkat Covid -19 sangat gencar dilakukan di Kabupaten Dompu.
Berbagai cara dan sarana dilakukan agar sampai kepada satu-satunya warga sehingga bisa dipatuhi dan diterapkan.

Salah satunya yang dilakukan di Kelurahan Dorotangga Kecamatan Dompu Kabupaten Dompu NTB ini.
Untuk memberikan informasi kepada masyarakat, Pemerintah Kelurahan setempat bekerja sama dengan Babinsa, Bhabinkamtibmas dan para tokoh muda yang tergabung dalam Bank Sampah The Gade Kelurahan Dorotangga menggunakan kendaraan roda tiga.
Kendaraan bantuan PT. Pegadaian (Persero) Area Dompu yang selama ini dijadikan alat pengangkut sampah oleh Bank Sampah The Gade Dorotangga ini dijadikan sarana untuk melakukan sosialisasi keliling ini.

Babinsa SERMA Sudirman, Bhabinktibmas BRIPKA Mazhab  Dedy Iskandar dan Kepala Lingkungan duduk di atas kendaraan yang dikemudikan oleh Fathurrahman dari Bank Sampah The Gade Dorotangga tersebut.

Diaul Anhar, S. Pd Direktur Bank Sampah The Gade Kelurahan Dorotangga menyebutkan sosialisasi dilakukan di 10 RT yang ada di kelurahan tersebut.

Ada 9 (sembilan) poin yang disampaikan dalam sosialisasi tersebut.
Pertama, masyarakat diimbau untuk menjaga kebersihan lingkungan dengan cara membersihkan rumah/halaman dan membuang sampah pada tempat yang disediakan;
Kedua, membiasakan cuci tangan dengan sabun usai beraktivitas;
Ketiga, membiasakan diri berolahraga dan tetap menjaga kebugaran;
Keempat, hindari kontak fisik, jaga jarak bila ada yang sedang batuk atau pilek;

Kelima, biasakan menggunakan masker bila sedang batuk atau pilek;
Keenam, bila batuk, pilek, atau sesak napas agar segera memeriksakan diri atau berobat ke fasilitas kesehatan (Puskesmas);
Ketujuh, kurangi aktivitas di luar rumah yang tidak bermanfaat;
Kedelapan, bagi masyarakat yang memiliki saudara/keluarga/tetangga/mahasiswa yang baru pulang dari luar daerah segera melaporkan diri ke Ketua RT/Kepala Lingkungan atau Puskesmas terdekat; dan
Kesembilan, agar mematuhi bersama Maklumat Kapolri yang melarang semua kegiatan yang berpotensi bisa mengumpulkan orang banyak/massa.
"Virus ini tidak mengenal tua atau muda, kaya atau miskin, laki-laki atau perempuan. Kami mengajak kepada seluruh elemen masyarakat agar tetap tenang dan waspada," harapnya.

Dewan Pendamping Karang Taruna Kelurahan Dorotangga yang juga merupakan Wakasek Kurikulum di SMPN 5 Woja ini mengemukakan pada saat yang sama juga dilakukan penyemprotan disinfektan oleh Ikatan Pemuda "Meci Angi" bersama dengan Babinsa, Bhabinkamtibmas, dan Tim Bank Sampah The Gade Temba Nggela Dorotangga dengan menggunakan bahan hasil racikan sendiri.

Penyemprotan dilakukan di tempat ibadah dan di rumah-rumah warga. (AMIN).


×
Berita Terbaru Update