Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Pasukan Gabungan Polres Dompu Kembali Berjibaku Padamkan Karhutla di TNT

Senin, 21 Oktober 2019 | 10:16 PM WIB Last Updated 2019-10-21T14:16:13Z


Dompu, Lensa Pos NTB - Pasukan gabungan dari Polres Dompu, Senin (21/10/2019) pukul 12.00 siang kembali berjibaku melakukan upaya pemadaman Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Kawasan Taman Naaional Tambora (TNT) di Doroncanga Pekat Kabupaten Dompu.

Kapolsek Pekat IPDA Abdul Malik, SH melalui Kasubbag Humas Polres Dompu, IPTU Sabri, SH mengungkapkan personil yang melaksankan monitoring dan pemadaman api terdiri dari 
Kabag Ops Polres Dompu AKP Sari Mukmin, SH, Kasat Shabara Polres Dompu IPTU I KOMANG ASTRAWAN bersama 15 orang anggota, Kapolsek Pekat IPDA Abdul Malik, SH beserta 5 anggota Polsek Pekat dan 5 orang anggota Pospol, 10 Orang anggota Sat Brimob Dompu.



Sedangkan personil Balai Taman Nasional Tambora terdiri dari Polhut 5 orang dan Masyarakat  Peduli Api (MPA) 5 orang. 

Adapun sarana dan prasarana yang digunakan 1 unit mobil Water Canon  Polres Dompu, 1 unit mobil tanki air Polres Dompu, 1 unit Mobil tanki air milik Taman nasional Tambora, 1 Unit mobil tanki air milik Dinas Lingkungan hidup, 1 unit Mobil dmax Patroli Sabhara, dan 1 unit Mobil Truck Brimob.

Dalam arahannya saat pengecekan pasukan sebelum memulai pemadaman, Kabag Ops mengungkapkan ditemukan di laman firehotspot  terdapt 3 titik api yang masih terlihat

"Kita sebenarnya ingin langsung actionakan tetapi pihak dari taman nasional sudah duluan ke TKP. Untuk itu kita tunggu mereka turun untuk mengetahui di mana lokasinya," ujarnya.





Kabag Ops juga mengingatkan keselamatan anggota adalah yang utama.  
"Jangan sampai terlalu bersemangat kita sendiri jadi korban," pesannya.

Pukul 14.00 Wita  setelah mendapat informasi dari Anggota Polhut dan Balai Nasional Tambora seluruh anggota yang  dipimpin Kabag Ops Polres Dompu menuju  ke  lokasi titik api yang di berada di di wilayah Taman Nasional Gunung Tambora ( TNGT )  berbatasan dengan Pintu 1 bagian atas.

Setelah tiba di  lokasi kebakaran di Taman Nasional Tambora (TNT) di pintu  bagian atas perbatasan dengan pintu 1 Doroncanga lokasi titik api yang terbakar di lokasi Taman Nasional diperkirakan sekitar  10 Hektar dan di lakukan upaya pemadaman oleh anggota yang dipimpin Kabag Ops Polres Dompu. 

Setelah dilakukan pengecekan bahwa  yang terbakar adalah lahan gambut dan ranting pohon yang kering, upaya pemadaman kebakaran dilakukan dengan cara menyemprotkan air dengan menggunakan mesin air dari mobil tanki Polres Dompu dan kain yang dibasahi air.

Pada pukul 16.00 wita  lahan Taman Nasional Gunung Tambora  yang terbakar berhasil dipadamkan selanjutnya seluruh anggota melakukan apel konsolidasi yang dipimpin Kabag Ops Polres Dompu. 

Kegiatan berakhir pada pukul 16.10  Wita berjalan aman dan kondusif selanjutnya Bapak Kabag Ops Polres Dompu beserta seluruh anggota kembali ke mako Polres Dompu. (AMIN).




×
Berita Terbaru Update