Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Uji Sampel Ikan di Pasar Dompu Negatif Formalin

Selasa, 11 Juni 2019 | 3:30 PM WIB Last Updated 2019-06-11T07:30:40Z


Dompu, Lensa Pos NTB - Uji laboratorium yang dilakukan oleh  Stasiun Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan Bima terhadap sejumlah ikan hasil laut di Kabupaten Dompu NTB menunjukkan hasil negatif formalin.
Pengujian dilakukan dengan mengambil sampel sejumlah ikan,  dan udang lalu dilakukan uji laboratorium.
"Alhamdulillah hasilnya negatif formalin sehingga aman dikonsumsi,' ungkap Musabir dari Stasiun KIPM Bima Wilayah Kerja (Wilker) Dompu kepada media ini Selasa (11/6).
Ia mengatakan pengujian laboratorium terhadap hasil laut rutin dilakukan untuk mengecek kesehatan dan standar mutu ikan yang diperjualbelikan di pasar yang akan dikonsumsi oleh masyarakat.
Terakhir kali dilakukan sebelum memasuki bulan suci Ramadhan 1440 H yang lalu terhadap ikan dan udang yang dijual di pasar bawah Dompu. Untuk mendapatkan sampel ikan, petugas membeli di pasar lalu dilakukan pengujian. 

Dilanjutkan Musabir untuk menilai mutu ikan pihaknya tidak hanya dengan melakukan uji laboratorium tetapi juga dengan meneliti kenampakan daging ikan secara visual maupun dengan mencium aroma ikan.

Ia mengatakan ikan tuna dari Kabupaten Dompu juga sering dikirim ke luar daerah. Mengenai mutu ikan ini para pedagang sangat menjaganya supaya mendapatkan harga yang menguntungkan.
"Tugas kita hanya mengawal dan bila mereka belum paham kita beri pelatihan agar paham dengan mutu ikan," pungkasnya. (AMIN)

×
Berita Terbaru Update