Tagline Pilkada Dompu 2024 "Manggini Manggari Mataroa", Ini Filosofinya

Kategori Berita

.

Tagline Pilkada Dompu 2024 "Manggini Manggari Mataroa", Ini Filosofinya

Koran lensa pos
Minggu, 26 Mei 2024
Acara Peluncuran Pilkada Kabupaten Dompu 2024 di Taman Kota, Sabtu malam.(25/5/2024)


Dompu, koranlensapos.com - KPU Kabupaten.Dompu menetapkan tagline Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Dompu tahun 2024 ini adalah "Manggini - Manggari - Mataroa". Apakah makna dan filosofi 3 kata dalam bahasa lokal Dompu tersebut?

"Harapan kami dengan Tagline ini dapat tercipta proses Pilkada Manggini-Manggari-Mataroa," jelas Komisioner KPU Dompu, Yusuf.

Lebih lanjut Yusuf menerangkan arti ketiga kata tersebut.

Manggini, artinya Proses Pilkada yang dilaksanakan adalah yang berkualitas dengan mengedepankan integritas, taat aturan serta solidaritas dan kemanusiaan;

Manggari mengandung makna masyarakat Dompu menyambut Pilkada dengan sukacita dan riang gembira dipenuhi dengan semangat kekeluargaan dan perdamaian, menjunjung tinggi perbedaan untuk menggapai rahmat kebhinekaan;

Sedangkan Mataroa artinya hasil Pilkada yang menjamin harapan kedaulatan rakyat atas kesejahteraan, keadilan dan persatuan.

Ketua Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Parmas dan SDM KPU Dompu ini mengemukakan pula bahwa pemilihan Tagline  "Manggini Manggari Mataroa" dilandasi pula oleh keinginan KPU Kabupaten Dompu melalui Momentum Pilkada 2024 ini untuk juga berkontribusi pada upaya melestarikan budaya Dompu. (emo).