STIE Yapis Dompu Laksanakan Uji Publik Satgas PPKS

Kategori Berita

.

STIE Yapis Dompu Laksanakan Uji Publik Satgas PPKS

Koran lensa pos
Sabtu, 11 Mei 2024

Dompu, koranlensapos.com - Bertempat di Aula STIE YAPIS Dompu, Sabtu (115/2024) diadakan uji publik Satuan Tugas Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual (PPKS).

Kegiatan Uji Publik ini diikuti oleh empat orang Dosen yang sebelumnya oleh Ketua STIE YAPIS Dompu dipilih dan direkomendasikan kepada ketua LPM. Kemudian masing-masing dosen tersebut menyampaikan pemaparan terkait PPKS di dunia kampus.

Dalam sambutannya di hadapan audiens yang hadir, baik peserta, mahasiswa maupun dosen, Ketua STIE YAPIS Dompu DR. Dodo Kurniawan, SE, ME menyampaikan bahwa Satuan Tugas Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual (Satgas PPKS) merupakan amanat dari Permendikbud Nomor 30 Tahun 2021.

Satgas PPKS adalah satu langkah konkret yang diambil oleh STIE YAPIS Dompu  dalam melibatkan diri aktif dalam memerangi dan mencegah kekerasan seksual. Dengan keberadaannya, diharapkan dapat diciptakan lingkungan belajar yang aman dan mendukung bagi semua anggota komunitas kampus.

Selanjutnya acara Uji Publik dipandu dan dimoderatori oleh Ketua LPM STIE YAPIS Dompu Ibu Lilis Marlina, SE. ME.

Empat orang Dosen yang mengikuti uji publik ini adalah bapak Chairul Adhim, SE. MM yang memaparkan tentang konsep PPKS dan cara penanganannya. Selanjutnya Bapak Irwansyah, SPd. MPd sebagai kandidat kedua memaparkan materi tentang aturan dan payung hukum serta urgensi PPKS. Ibu Rizkiana Iskandar, SE. MSc selanjutnya memaparkan materi kekerasan seksual berbasis media elektronik dan cara pencegahannya. Dan bapak Fahru Mauzu, SH. MHi menyampaikan materi tentang homoseksual dan bahayanya.

Setelah pemaparan dari seluruh kandidat, selanjutnya dilakukan uji publik melalui diskusi dan tanya jawab oleh tim penguji yang terdiri atas bapak Dr. Dodo Kurniawan, SE. ME, Mulyati, SE. MM, Hermansyah, MSi dan Syafrudin, ST. MT.

Beberapa minggu ke depan akan dilakukan pembukaan pendaftaran untuk calon anggota SATGAS PPKS STIE YAPIS Dompu.

Satgas PPKS selain menjadi alat untuk pencegahan dan penanganan kekerasan seksual, juga merupakan upaya konkrit untuk menciptakan suasana kampus yang aman dan nyaman bagi semua. (ds).