PCNU Dompu Gelar Konfercab IV, Dibuka Bupati Kader Jaelani

Kategori Berita

.

PCNU Dompu Gelar Konfercab IV, Dibuka Bupati Kader Jaelani

Koran lensa pos
Sabtu, 11 Mei 2024
Bupati Dompu, H. Kader Jaelani Membuka Konfercab IV PCNU Kabupaten Dompu di Kafe Laberka - Sawete, Sabtu (11/5/2024)

Dompu, koranlensapos.com - Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Dompu menggelar Konferensi Cabang (Konfercab) ke - IV. Kegiatan itu berlangsung di Kafe Laberka Jalan Syekh Muhammad Sawete Dompu, Sabtu (11/5/2024).

Konfercab NU ke - IV ini mengusung tema "Penguatan Ideologi Ahlussunnah Wal Jamaah dan Optimalisasi Jam'iah An Nahdliyah Menuju Kemenangan Indonesia".

Konfercab ke - IV PCNU Kabupaten Dompu ini dibuka  Bupati Dompu, H. Kader Jaelani.

Hadir dalam kegiatan itu Wakil Ketua PWNU NTB Prof. Dr. Saleh Ending (mewakili Ketua PBNU yang pada saat bersamaan sedang menghadiri peresnian PCNU Istimewa di Tokyo - Jepang), Pengurus PWNU NTB, Akhdiansyah, S. Pd.I, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Dompu KH. Syamsun H. Ilyas, Ketua Umum MUI Kabupaten Dompu KH. Mokh. Nasuhi, Ketua Tanfidziyah NU Kabupaten Dompu KH. Muhibbuddin beserta jajaran pengurus, Ketua PD Muhammadiyah Kabupaten Dompu diwakili Sekretaris H. Hasan Sarujin, S. Pd, Ketua DPD LDII Kabupaten Dompu H. Suaidin, S. Ag bersama Sekretaris Supriyadin, S. Sos.

Hadir pula pengurus organisasi sayap NU Kabupaten Dompu seperti Anshor, Muslimat, PMII serta Fatayat.

Ketua Panitia, Syarifuddin, S. Pd.I dalam laporannya menyampaikan terima kasih tiada terhingga kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Dompu bersama segenap stakeholders terkait yang telah membantu dan mendukung terlaksananya Konfercab ke - IV PCNU Kabupaten Dompu ini.

Ketua Panitia, Syarifuddin, S. Pd.I menyampaikan laporan pelaksanaan Konfercab IV PCNU Kabupaten Dompu


"Kegiatan ini terlaksana berkat kerjasama yang baik antara PCNU, pemerintah, dan stakeholders," ujar mantan Ketua DPD KNPI Kabupaten Dompu itu.

Syarif mengakui Panitia banyak memiliki kelemahan dalam pelaksanaan Konfercab ini. Karena itu, ia menyampaikan permintaan maaf atas kekurangan yang ada.

"Atas semua kelemahan kami memohon maaf," ucapnya.

Dikemukakan Syarif, tema kegiatan Konfercab adalah "Penguatan Akidah Ahlussunnah wal Jamaah dan Optimalisasi Jam'iah An Nahdliyah Menuju Kemenangan Indonesia". 

"Ada 2 hal penting terkait tema tersebut yaitu pertama, peneguhan keyakinan bahwa Aswaja adalah penyangga paling kokoh keberagamaan dalam ruang dan konteks apapun dan kedua, optimalisasi kader-kader NU dalam menyongsong abad baru yang penuh tantangan," paparnya.

Ketua Tanfidziyah PCNU Kabupaten Dompu Periode 2019 - 2024, KH. Muhibbuddin


Sementara itu, Ketua Tanfiziyah NU Kabupaten Dompu, KH. Muhibbuddin dalam sambutannya menyampaikan transformasi gerakan NU semakin rapi dan masif. Namun demikian, 3 hal pokok perjuangan NU harus tetap dipegang teguh, yakni 1) berjuang untuk menjadikan islam ramah yang mengasihi semua;  2). akan menjaga Pancasila, Bhineka Tunggal Ika, NKRI, UUD 45 (PBNU) selamanya; dan
3) akan membentuk masyarakat berbudaya, berdaya, dan beradab.

Kiyai Muhibbuddin juga menekankan kepada warga NU untuk tetap mempertahankan tradisi Ahlussunnah Wal Jama'ah.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Ketua PWNU NTB, Prof. Dr. Saleh Ending berpesan kepada seluruh warga nahdliyyin.agar berjuang bersama mengembangkan organisasi sebagaimana yang dipesankan Tokoh Pendiri NU, KH. Hasyim Asy'ari. Menurutnya untuk mengurus dan mengembangkan organisasi besar ini diperlukan kebersamaan dan kerja sama yang baik.

Ia juga mengamanatkan agar warga nahdliyyin membantu Pemerintah Daerah Kabupaten Dompu di dalam membangun daerah agar menjadi lebih maju dan membawa kesejahteraan bagi masyarakat. 

Bupati Dompu, H. Kader Jarlani saat membuka Acara Konfercab IV itu menyampaikan apresiasi dan ucapan selamat kepada atas pelaksanaan Konfercab tersebut.

"Semoga organisasi paling besar ini terus menjadi kebanggaan bagi masyarakat Indonesia khususnya masyarakat di bumi Nggahi Rawi Pahu," tuturnya

Disebutnya NU Kabupaten Dompu telah banyak melahirkan kader-kader yang menjadi kebanggaan bagi masyarakat Dompu. Salah satunya Guru Toi (Akhdiansyah, S..Pd.I, Anggota DPRD Kabupaten Dompu yang telah banyak berkontribusi untuk Dompu.

"Beliau sudah banyak membantu dengan sarana prasarana keagamaan. Kontribusi beliau sudah banyak kita rasakan di Kabupaten Dompu," akunya.

Bupati.menandaskan melalui Konfercab ini diharapkan para kader bisa memilih pemimpin yang paham dan memenuhi syarat. Juga selaras dengan program pemerintah daerah dalam visi misi Dompu MASHUR (Mandiri, Sejahtera, Unggul dan Religius).

"Mudah-mudahan NU terus berkontribusi membangun daerah bersama Pemda Dompu terutama di sisi religius," harapnya. 

Untuk diketahui, Konfercab IV PCNU Kabupaten Dompu ini untuk memilih Ketua dan pengurus PCNU Dompu masa khidmat 2024 - 2029.(emo).