Dandim 1614/Dompu Hadiri Apel Gelar Pasukan Pengamanan Kunjungan Presiden Jokowi di Sumbawa

Kategori Berita

.

Dandim 1614/Dompu Hadiri Apel Gelar Pasukan Pengamanan Kunjungan Presiden Jokowi di Sumbawa

Koran lensa pos
Rabu, 01 Mei 2024
Dompu, koranlensapos.com - Bertempat di Lapangan Kantor Bupati Sumbawa telah dilaksanakan kegiatan Apel Gelar Pasukan dalam rangka Pengamanan VVIP Kunjungan Kerja Presiden RI, H. Joko Widodo di wilayah Kabupaten Sumbawa.

Apel dipimpin Komandan Kodim 1607/Sumbawa Letkol CZI Eko Cahyo Setiawan, S.E., M.Han, dan dihadiri oleh sekitar 710 peserta.

Apel tersebut dihadiri pula 
Wakil Bupati Sumbawa Hj. Dewi Noviyanti, Sekda Kabupaten Sumbawa Dr. Budi Prasetyo, Dandim 1614/Dompu Letkol Kav Riyan Oktiya Virajati, S.T., M.M, Kapolres Sumbawa AKBP Heru Muslimin, S.IK., M.IP, Dantim Paspampres Mayor Inf Agung Harefki, Kajari Kab. Sumbawa Hendi Arifin, S.H, Kepala Bandara Kabupaten Sumbawa Tri Pono Basuki Wijayanto, S.ST
, Waka Polres Sumbawa Kompol Iwan Sugiyanto, S.H, Wa Dan Yon B Pelopor/Sbw AKP Agung Budi Laksono, S.IK, Para Kadis Kabupaten Sumbawa, Para PJU Polres Sumbawa, dan Para PJU Kodim 1607 Sumbawa.

Adapun Susunan Pasukan Upacara.

a. 2 (Dua) Peleton anggota Korem 162/WB
b. 2 (Dua) Peleton Pasukan Kodim 1607/Sbw
c. 1 (Satu) Peleton Pasukan Brimob Yon B Por KI 1 Sumbawa. 
d. 1 (Satu) Peleton Pasukan Sat Samapta Polres Sumbawa. 
e. 1 (Satu) Peleton Sat Lantas Polres Sumbawa.
f. 2 (dua) Peleton Gabungan Staf Polres Sumbawa.
g. 1 (Satu) Peleton Dishub Kab. Sumbawa. 
h. 1 (Satu) Peleton Sat Pol - PP Kab. Sumbawa. 
i. 1 (Satu) Peleton Gabungan Basarnas, BNPB, Orari dan Dinas Kesehatan Kab. Sumbawa.


Pimpinan Apel yakni Dandim 1607/Sumbawa Letkol Czi Eko Cahyo Setiawan, S.E., M.Han, Perwira Apel : Pasi Pers Kodim 1607/ Sumbawa Lettu Arm Iwan Arsyadiharjo, Komandan Apel : Pasilog Kodim 1607/Sumbawa Kapten Cba Ruslan,  Pembacaan Doa : Koptu Heri Kusuma, dan Pembawa Acara Rabaiyah (PNS).

Pada kesempatan tersebut, Pimpinan Apel membacakan  Amanat Panglima Kodam IX/Udayana, Mayjen Bambang Trisnohadi. Ini selengkapnya:

Mengawali sambutan marilah kita panjatkan puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa karena atas rahmat dan perkenan-Nya pada hari ini kita masih diberikan kesehatan untuk melaksanakan Apel Gelar Pasukan Pengamanan VVIP Kunjungan Kerja Presiden, RI beserta rombongan di Provinsi NTB Kabupaten Sumbawa.

Kunjungan Kerja Presiden RI beserta rombongan ke kabupaten sumbawa dilaksanakan dalam rangka panen jagung, dan pemberian bantuan kepada pedagang dan masyarakat.

Perlu dipahami bersama bahwa Presiden merupakan kepala negara sekaligus kepala pemerintahan yang mutlak mendapatkan perlindungan, pengawalan serta pengamanan yang bersifat khusus agar terhindar dari ancaman maupun gangguan yang membahayakan keselamatannya.

Perlu kita ketahui bersama bahwa pengamanan Presiden dan Wakil Presiden beserta keluarganya adalah bagian dari tugas pokok TNI, hal ini sesuai dengan amanah Undang-Undang RI No. 34 Tahun 2004 khususnya pasal 7. Oleh sebab itu, mari kita tunaikan tugas mulia ini dengan penuh rasa tanggung jawab dan penuh kebanggaan.

Apel gelar pasukan kali ini merupakan langkah-langkah untuk mengecek kesiapan Satuan Tugas Pengamanan VVIP. Baik secara organisasi, personel, materiil, alat dan perlengkapan maupun sarana pendukung lainnya yang akan digunakan dalam melaksanakan tugas di lapangan.

Pengamanan VVIP ini harus kita rencanakan dan siapkan dengan baik, mulai dari kesiapan Satuan Tugas sampai dengan kesiapan masing-masing Sub Satgas dalam organisasi Satgas Pam VVIP. Meskipun kita seringkali melaksanakan tugas Pam VVIP, namun setiap kegiatan memiliki potensi kerawanan yang berbeda-beda, sehingga tidak ada istilah rutinitas. Jadikan tugas ini sebagai operasi baru demi memotivasi seluruh anggota untuk melaksanakan tugas dengan baik dan zero mistake atau tanpa kesala.

Masing-masing Komandan Sub Satgas yang sudah ditunjuk agar dapat mengorganisir kekuatannya dengan baik, menyampaikan tugas dengan jelas dan mampu mengendalikan anggotanya selama pelaksanaan tugas Pam VVIP.

Dalam upaya mengantisipasi kemungkinan yang akan terjadi, perlu dirumuskan Cara Bertindak (CB) yang relevan dan dapat dilaksanakan dengan baik sehingga setiap permasalahan dapat diatasi secara cepat, tepat dan tuntas.

 Saya tegaskan kepada seluruh personel yang terlibat dalam Satgas Pam VVIP agar memahami sasaran Pengamanan VVIP yaitu Presiden RI beserta rombongan dan tempat pelaksanaan kegiatan. Yakinkan semua kegiatan berjalan dengan aman, baik sebelum, selama maupun sesudah pelaksanaan.

 Laksanakan tugas ini dengan sebaik- baiknya, ciptakan suasana aman dan nyaman serta jaga sinergitas TNI-Polri, Pemda maupun masyarakat. 
Kemudian yang terpenting, utamakan faktor keamanan personel dan materiil dalam setiap kegiatan.

Demikian amanat saya, semoga Tuhan Yang Maha Esa senantiasa memberikan petunjuk dan bimbingan-Nya kepada kita sehingga Kunjungan Kerja kas Presiden RI beserta rombongan di Provinsi NTB dapat berjalan tertib, aman dan lancar. (*).