Babinsa Jala Bantu Petani Persiapan Area Tanam

Kategori Berita

.

Babinsa Jala Bantu Petani Persiapan Area Tanam

Koran lensa pos
Minggu, 28 April 2024

Babinsa Jala Koramil 1614-03/Hu'u, Koptu Arifuddin membantu petani dalam penyemprotan rerumputan di lahan yang dipersiapkan untuk penanaman, Sabtu sore (27/4/2024)


Dompu, koranlensapos.com - Selaku aparat teritorial di wilayah, para Babinsa tidak berpangku tangan bila melihat warga binaannya yang sedang sibuk bekerja.

Seperti yang dilakukan Babinsa Desa Jala Koramil 1614-03/ Hu'u, Koptu Arifuddin pada Sabtu sore (27/4/2024). Babinsa membantu masyarakat binaanya yang sedang menyiapkan lahan untuk ditanami jagung. Kegiatan penyiapan lahan pertanian tersebut berlokasi di So Mada Sahe Desa Jala Kecamatan Hu'u.

Babinsa membantu petani melakukan penyemprotan rumput untuk persiapan lahan tanpa olah tanah. Babinsa mengatakan penyiapan lahan itu penting seperti membersihkan area dari sisa-sisa batang padi dan rerumputan sehingga memudahkan dalam proses penanaman berikutnya nanti.

"Di samping itu dapat terhindar dari berbagai jenis hama maupun penyakit pada tanaman jagung yang nantinya akan ditanam," kata Babinsa.

Untuk diketahui bahwa pada musim tanam yang kedua usai ditanami padi khususnya di So Mada Sahe Desa Jala, pada umumnya para petani di lahannya hendak ditanami jagung, karena ketersediaan air tidak mencukupi bila ditanami padi lagi.

Keikutsertaan Babinsa dalam kegiatan warga petani seperti ini tiada lain, bertujuan untuk menyukseskan Program Ketahanan Pangan Nasional sekaligus untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi warga masyarakat binaan.

"Semoga upaya ini berjalan lancar dan faktor cuaca juga mendukung sehingga nantinya membuahkan hasil yang maksimal," harap Babinsa. (Pendim1614).