Upacara Bendera di Makodim 1614/Dompu Berlangsung Khidmat

Kategori Berita

.

Upacara Bendera di Makodim 1614/Dompu Berlangsung Khidmat

Koran lensa pos
Senin, 18 Maret 2024
Upacara Bendera Merah Putih di Makodim 1614/Dompu, Senin (18/3/2024)


Dompu, koranlensapos.com - Upacara pengibaran bendera merah putih di Makodim 1614/Dompu, Senin pagi (18/3/2024) berlangsung dengan khidmat.

Bertindak selaku Inspektur Upacara, Dandim 1614/Dompu, Letkol Kav. Riyan Oktiya Virajati, S.T., M.M. Sedangkan Komandan Upacara (Danup) Lettu Inf. Hamzah (Danramil 1614-05/Pekat.

Upacara diikuti Kasdim  1614/Dompu, Kapten Inf. I Wayan Sulendra, S.H., M.H, seluruh perwira staf Kodim 1614/Dompu.l, seluruh Danramil Kodim 1614/Dompu, dan gabungan personel militer dan PNS Jajaran Kodim 1614/Dompu.

Dalam amanatnya, Dandim membacakan Sambutan Panglima Kodam IX/Udayana, Mayjen TNI Bambang Trisnihadi. Ini selengkapnya:

Puji dan syukur marilah senantiasa kita panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena atas limpahan rahmat dan karunia- Nya, kita masih diberi Kesehatan dan kekuatan untuk mengikuti Upacara Bendera 17an pada Bulan Maret Tahun 2024 dalam keadaan sehat wal'afiat. Sebelum menyampaikan amanat, selaku Pangdam IX/Udayana maupun pribadi, saya mengucapkan selamat Hari Raya Nyepi Tahun Baru Caka 1946 bagi seluruh anggota umat Hindu dan selamat menunaikan ibadah puasa kepada anggota umat Muslim. Semoga Tuhan senantiasa menerima amal ibadah kita semua.

Prajurit dan PNS Kodam IX/Udayana yang saya banggakan,
Bulan Maret ini merupakan akhir Triwulan I Program Kerja dan Anggaran TA 2024. Berkaitan dengan hal tersebut, saya ingatkan kepada para Dan/Ka Satker di jajaran Kodam IX/Udayana agar secepatnya menyelesaikan Program Kerja dan Anggaran sesuai kalender kegiatan satuan. Perlu menjadi perhatian bersama bahwa Bapak Kasad saat ini memiliki program unggulan yang fokus pada bidang teritorial dan sangat menekankan kembali kegiatan yang bersentuhan dengan kebutuhan masyarakat serta peningkatan fasilitas umum maupun fasilitas sosial melalui program TNI AD Manunggal Air. Kegiatan tersebut dilaksanakan dengan menyiapkan fasilitas ketersediaan air bersih melalui program Pompa Hidram dan Sumur Bor, kemudian program RTLH, program Ketahanan Pangan serta Stunting.

Oleh karena itu, para Dansatkowil agar tetap melanjutkan inovasi atau terobosan baru khususnya terkait program unggulan tersebut sesuai dengan potensi wilayah yang dapat dikembangkan guna mendukung program pemerintah pusat maupun pemerintah daerah dalam rangka membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Tingkatkan sinergitas dan bekerja selaras dengan komponen pemerintahan. Rencana yang ada di pemerintah seperti Rencana Rinci Wilayah Pertahanan (RRWP) dan Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD) harus sinergis dengan Rencana Kontijensi (Renkon) dan Proglatsi sehingga terkorelasi serta saling menguatkan.

Sinergikan semua program tersebut dengan instansi terkait dan masyarakat serta libatkan peran semua komponen masyarakat dalam pelaksanaan berbagai program seperti penanaman pembersihan tradisional pasar lingkungan serta saluran air. 
Kodam IX/Udayana harus manunggal dengan rakyat, berperan aktif mengatasi permasalahan di wilayah maupun kesulitan rakyat di sekitarnya, guna meningkatkan persatuan dan kesatuan di wilayah.

Prajurit beserta PNS Kodam IX/Udayana yang saya banggakan, 
Pemilu 2024 telah berlangsung dengan lancar dan saat ini masih dalam tahap penghitungan suara. Seusai Pemilu, kita akan kembali dihadapkan dengan event berskala internasional, yaitu World Water Forum (WWF) ke-10 pada tanggal 18 sampai dengan 25 Mei 2024 di Nusa Dua, Bali. Kita patut bersyukur atas terpilihnya Bali sebagai Venue WWF tahun 2024, sebab pertemuan ini bukan hanya membahas tantangan air global tetapi juga memberikan dorongan ekstra bagi industri pariwisata di Bali. WWF 2024 diharapkan akan menjadi platform kolaborasi global untuk memajukan penanganan masalah air yang semakin mendesak di seluruh dunia.

 Walaupun kita telah berulangkali melakukan kegiatan pengamanan, namun jangan anggap hal tersebut sebagai rutinitas. Tetap waspada dan jadikan setiap kegiatan pengamanan sebagai operasi baru. Untuk itu, segala sesuatu yang berkaitan dengan kegiatan tersebut harus dipersiapkan dengan maksimal, baik kesiapan personel, materiil maupun sarana pendukung lainnya agar seluruh rangkaian kegiatan dapat berjalan dengan aman dan lancar.

Selaku Pangdam, saya menginginkan Kodam IX/Udayana ini menjadi Kodam yang Capable, hadir dan mengabdi untuk rakyat. Capable bukan berarti hanya mampu, tetapi juga tangguh dan siap operasi. Jadi, perlu adanya semangat yang kuat dari kita semua untuk mengabdi rakyat sesuai jati diri kita, yaitu Praja Raksaka, yang berarti Prajurit Pelindung Rakyat.

Sebelum mengakhiri amanat, ada beberapa penekanan yang perlu saya sampaikan :

a). Kodam IX/Udayana harus dekat dengan rakyat dan didukung oleh rakyat, berperan aktif mengatasi permasalahan di wilayah maupun rakyat di sekitarnya, berkontribusi meningkatkan persatuan dan kesatuan di wilayah;
b). pastikan kesiapan operasional melalui pembinaan satuan yang adaptif dan inovatif,
c). prajurit Kodam IX/Udayana harus profesional, berkarakter dan dicintai rakyat; dan
d). Kodam IX/Udayana sebagai bagian dari peyelenggara negara wajib melaksanakan tugas pokok dan fungsinya secara efektif dan akuntabel (Good  Governance). (*).