Babinsa Mumbu Kawal Proses Hearing Terkait Dugaan Pemecatan Sepihak Perangkat Desa

Kategori Berita

.

Babinsa Mumbu Kawal Proses Hearing Terkait Dugaan Pemecatan Sepihak Perangkat Desa

Koran lensa pos
Rabu, 20 Maret 2024
Pengamanan kegiatan hearing di kantor desa Mumbu oleh aparat TNI dan Polri, Selasa (19/3/2024)


Dompu, koranlensapos.com - Bertempat di Kantor Desa Mumbu Kecamatan Woja Kabupaten Dompu, Selasa (19/3/2024) berlangsung kegiatan pertemuan kelompok Aliansi Masyarakat Peduli Desa Mumbu dengan Kepala Desa. 

Hearing tersebut perihal dugaan pemecatan perangkat desa secara sepihak oleh Kades Ilham dan terkait tuntutan transparansi penggunaan dana desa.

Massa AMPDM berjumlah sekitar 10 orang dipimpin Korlap Kaharudin. Kegiatan itu dikawal Babinsa dan Bhabinkamtibmas setempat.

Ada beberapa hal yang menjadi tuntutan massa aksi. Antara lain
meminta Kades agar transparan dalam mengambil keputusan pemberhentian perangkat Desa dan tidak melakukan secara sepihak. Kades juga diminta  terbuka dalam pertanggungjawaban keuangan atau anggaran BUMDES.

Kades Ilham dalam tanggapannya menyampaikan bahwa pemberhentian perangkat desa telah melalui prosedur yang benar dan bahkan sudah dikembalikan pada posisinya. Sedangkan dana BUMDES saat ini sedang dilakukan audit oleh pihak Ispektorat.

Tidak puas dengan tanggapan Kades,  massa aksi melakukan penyegelan pintu kantor desa.

"Kami tidak akan membuka segel pintu jika Kades tidak merespons yg menjadi tuntutan kami dan kami akan kembali melakukan aksi yang lebih besar dan akan blokir jalan bila tuntutan kami tidak direspons atau tidak ditanggapi," tegas Korlap Kaharudin yang selanjutnya membubarkan diri bersama massa aksi lainnya dengan tertib. (emo).