Hadiri Rapat Komite SMA 1 Dompu, Ini Arahan Dandim 1614

Kategori Berita

.

Hadiri Rapat Komite SMA 1 Dompu, Ini Arahan Dandim 1614

Koran lensa pos
Sabtu, 06 Januari 2024
Dandim 1614/Dompu, Letkol Kav Riyan Oktiya Virajati, S.T., M.M saat memberikan arahan dalam rapat komite SMAN 1 Dompu, Jumat (5/1/2024)


Dompu, koranlensapos.com - 
Bertempat di SMAN 1 Dompu, Jumat (5/1/2024) berlangsung rapat Komite dengan agenda Pembentukan Kesepahaman dan Kesepakatan antara Pihak Sekolah dengan Pihak Orang Tua.

Rapat tersebut dihadiri 
Wakil Bupati Dompu H. Syahrul Parsan S.T, M.T, Dandim 1614/Dompu Letkol Kav. Riyan Oktiya Virajati S.T., M.M, Danramil 1614-01/Dompu Kapten Kav. M. Kasim, Kapolsek Kec. Dompu Iptu Arif Syarifudin, S.H, 2 orang Anggota Satlantas Polres Dompu dipimpin Aiptu I Wayan Suarsana, Kepala Sekolah SMA 1 Dompu Drs. Nuryadin, Ketua komite SMA 1 Dompu Iwan Sakral, Babinsa Kelurahan Bada Serka Sirajudin, seluruh Guru SMA 1 Dompu, dan seluruh orang tua murid. 

Ketua Komite Iwan Sakral dalam sambutannya mengajak para orang tua/wali murid bersyukur karena pitra dan putrinya bisa menempuh pendidikan di SMAN 1 Dompu. Karena banyak orang menginginkan namun tidak semua bisa diterima.

1.

2. Kita akan menyatukan tekad bahwa apapun bentuk tindak kekerasaan harus kita hilangkan di sekolah ini dan herus menegakkan tata tertib bagi murid di SMA 1 ini.

Dikatakannya pendidikan anak tidak bisa sepenuhnya dibebankan kepada pihak sekolah. 

"Melainkan harus ada peran aktif dan kerja sama orang tua di dalam melatih kedisiplinan terhadap anak-anak," ujarnya.


Fakta yang terjadi.selama ini, kata wartawan senior terzmsebut, setiap ada tindakan hukum terhadap anak-anak pasti sekolah akan terkena imbasnya. 
"Juga apabila anak-anak melakukan pelanggaran pasti akan ditanyakan dari sekolah mana di bersekolah," ucapnya.

Menurut Iwan, orang tua tidak bisa menyerahkannya sepenuhnya tanggung jawab pendidikan anak kepada pihak sekolah. Harus ada pembagian peran sesuai dengan porsi masing-masing sehingga proses pendidikan berjalan semestinya.

Kepsek Drs. Nuryadin mengemukakan pihaknya  memprogramkan banyak hal untuk kemajuan pendidikan di SMAN 1 Dompu.

"Kami terus berkomitmen bersama guru untuk membuat KBM sampai 100 persen sehingga guru harus melaksanakan tes awal bagi para siswa yang minat mendaftarkan diri di sekolah SMA 1 Ini agar menjadi bekal kemampuan bagi anak anak dalam bersaing," ujarnys.


 Dandim 1614/Dompu Letkol Kav. Riyan Oktiya Virajati S.T., M.M dalam arahannya menyampaikan harapan kepada para orang tua supaya dekat terhadap anak-anaknya. Pergaulan anak-anak hendaknya menjadi perhatian orang tua. Hendaknya orang tua juga mengawasi penyalahgunaan gadget oleh anak-anaknya agar tidak kecanduan bermain game online.

Pada kesempatan yang sama, Wabup juga mengharapkan peran orang tua di dalam memberikan pendidikan yang baik terutama tentang akhlak dan moral kepada anak-anaknya. Dengan pendidika. akhlak dan moral, anak-anak bisa mengimplementasikan cara menghormati orang tua, guru dan tokoh-tokoh di tengah masyarakat.

Ditekankan Wabup, lingkungan pergaulan sangat memberi pengaruh terhadap karakter dan kepribadian anak. Karena itu orang tua hendaknya mengontrol lingkungan pergaulan putra-putrinya.

"Kita harus melihat pergaulannya dengan siapa anak kita bergaul. Jangan sampai anak kita salah bergaul dengan teman-teman yang tidak baik," pesannya. (emo).