DEKRANASDA Dompu Sukses Gelar DFW 2023

Kategori Berita

.

DEKRANASDA Dompu Sukses Gelar DFW 2023

Koran lensa pos
Jumat, 29 Desember 2023

Pelaksanaan DFW 2023 di Paruga Samakai Dompu, Rabu (27/12/2023)


Dompu, koranlensapos.com - Dewan Kerajinan Nasional Daerah (DEKRANASDA) Kabupaten sukses menggelar Dompu Fashion Week (DFW) 2023. Perhelatan bertajuk "Aura Muna Pa'a Warisan Luhur Budaya Dompu" itu dilaksanakan di Paruga Samakai Dompu pada Rabu malam (27/12/2023).

Bupati Dompu H. Kader Jaelani bersama istri Hj. Lilis Suryani

Momen tersebut menampilkan aneka lomba peragaan busana. Antara lain peragaan busana kerja pria dan wanita antar OPD, peragaan busana casual muslim pria dan wanita dewasa, rancang dan peragaan busana seragam sekolah putra dan putri tingkat SD/MI, SMP/SMA/SMK, fashion show couple (berpasangan) oleh Bupati dan Wakil Bupati, DPRD, Pimpinan OPD, Kabag, Camat, Lurah dan Kades.

Wakil Bupati Dompu H. Syahrul Parsan bersama istri Hj. Faridah


DFW tahun 2023 berbeda dengan tahun sebelumnya.  Selain melibatkan OPD dan masyarakat umum juga  melibatkan sekolah-sekolah mulai tingkat SD sampai SMA/SMK. DFW juga  menampilkan Finalis Top Five Putri Indonesia NTB tahun 20024 satu-satunya asal Dompu.

Bupati Kader Jaelani

Bupati Dompu, Kader Jaelani dalam sambutannya saat membuka acara tersebut menyambut baik dan mengapresiasi atas terselenggaranya event tersebut.


"Atas nama pribadi dan Pemerintah Daerah menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Dompu yang telah menyelenggarakan DFW 2023 ini dan pihak terkait yang ikut membantu mensukseskan pelaksanaan kegiatan ini," ucap Bupati.

Ketua DPRD Dompu, H. Andi Bachtiar Jufri (ABJ) beserta istri

Dijelaskan Bupati, DFW 2023 selain untum pengenalkan produk tenunan Muna Pa'a dan peragaan busana juga diharapkan dapat menghibur masyarakat, serta mendorongnya hidupnya perekonomian masyarakat dengan semakin dikenalnya produk ini.  

Sekda Dompu Gatot Gunawan PP beserta istri Annike Kusumawati

"Esensi penyelenggaraan even Dompu Fashion Week tahun 2023, yakni memperkenalkan secara luas kepada masyarakat tentang produk tenunan Muna Pa'a dan hasil karya designer berbakat daerah.  


Kadiskop UKM Hj. Daryati Kustilawati dan Staf Ahli Miftahul Suadah tampil perdana pada DFW 2023 tersebut


"Berbagai hasil karya dimaksud akan diperagakan oleh peserta lomba, peragawan dan peragawati. Tentunya busana yang mereka pakai berbahan dasar tenunan Muna Pa'a," ucap Bupati.

Staf Ahli Bupati Dompu H. Khaerul Insyan beserta istri


Lebih lanjut Bupati AKJ menjelaskan tema yang diangkat pada Lomba Fashion Week Dompu tahun 2023 yakni “Aura Muna Paa Warisan Luhur Budaya Dompu". 

"Tema ini diangkat untuk menunjukkan kearifan lokal budaya Dompu dibalut kreativitas, sinergi untuk membangun Dompu Mashur (Mandiri, Sejahtera, Unggul dan Religius)," paparnya.


Kepala Dinas Kesehatan, Maman MS beserta istri

Dikemukakan AKJ, ajang DFW merupakan tempat berkumpulnya para pecinta seni desainer, untuk saling berbagi ilmu dan saling sharing informasi satu sama lain.

"Harapannya, even ini dapat mendorong majunya industri pertenunan dan dikenalnya hasil karya desainer lokal serta sebagai upaya melestarikannya agar tidak punah," harapnya.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Ilham, SP beserta istri


Memungkasi sambutannya, Bupati mengajak kepada seluruh masyarakat Kabupaten Dompu khususnya para ASN untuk beli dan bela produk asli Dompu khususnya tenunan Muna Pa'a serta ikut mempromosikannya lewat berbagai media sosial, sehingga bisa dikenal baik tingkat lokal, nasional maupun internasional.

"Ayo cintai produk asli daerah. Kalau bukan sekarang kapan lagi. Kalau bukan kita siapa lagi," ajak Bupati.

Kadistanbun Muhammad Syahroni beserta istri Verra Fitria

Ketua DEKRANASDA Kabupaten Dompu, Lilis Suryani dalam laporannya menyampaikan
Dompu Fashion Week merupakan agenda tahunan Dekranasda Kabupaten Dompu yang dilaksanakan sejak tahun 2022. 

"Di tahun 2023 DFW ini agenda yang dilakukan antara lain lomba rancang busana dan peragaan busana," sebutnya.

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan beserta istri


"Tujuan dari dilaksanakannya  kegiatan DFW ini adalah untuk memperkenalkan kepada masyarakat Dompu bahwa kita memiliki tenun khas Dompu yaitu Muna Pa'a yang merupakan warisan leluhur kita, dan diangkat kembali oleh DEKRANASDA pada masa kepemimpinan AKJ Syahrul Parsan saat ini," urai Umi Lilis, sapaannya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Jufri MS beserta istri

Sebagai permakluman, imbuhnya bahwa sejak digaungkan oleh DEKRANASDA,  produksi Muna P'aa terus  berkembang dan makin diminati oleh masyarakat baik masyarakat Dompu sendiri maupun masyrakat di luar Dompu. Hal ini tergambar dari produksi yang dihasilkan dua tahun terakhir yang terus meningkat. Pada tahun 2022 produksi sebanyak 1000 lbr sedangkan pada tahun 2023 produksi mencapai jumlah 1300 lembar

Kadis PUPR Aris Ansyari beserta istri

Umi Lilis menjelaskan dalam ajang DFW tahun ini, ada sesuatu yang positif yaitu adanya keterlibatkan pelajar daru tingkat SD sampai SMA. Hal ini sejalan dengan rencana DEKRANASDA tahun depan untuk menjadikan Muna Paa sebagai seragam sekolah.

Sekwan Arif Hidayatullah beserta istri

"Dan kami berharap rencana ini akan diikuti oleh regulasi  pemerintah daerah yang mengatur tentang seragam sekolah Muna Pa'a tersebut," pintanya.

Kadis Kelautan dan Perikanan, Amiruddin beserta istri Dina Mariana


Dikatakannya, tenunan Muna Pa’a telah menjadi kebanggaan masyarakat Kabupaten Dompu karena telah dijadikan sebagai bahan dasar pakaian kerja di Lingkup Pemerintah Daerah Kabupaten Dompu.

Juara Top Five Putri Indonesia asal Dompu NTB, Nur Aulia Sofiana yang juga dihadirkan pada acara DFW 2023


"Oleh karena itu kami mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada pemda Dompu dalam hal ini Bupati Dompu, H Kader Jaelani dan wabup H, Syahrul Parsan yang melalui regulasinya telah membumikan tenunan Muna Paa menjadi salah satu pakaian kerja bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS), Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) dan Honorer Daerah (Honda)," ujarnya.


Kadis Sosial Abdul Haris bersama istri

Dilanjutkan Umi Lilis, kebijakan tersebut telah diikuti dan diperkuat melalui Surat Edaran Bupati Nomor: 061/271/ORG/2022 Tanggal 27 Desember 2022 tentang Pengaturan Penggunaan Pakaian Dinas Harian (PDH) bagi ASN dan Tenaga Kontrak Daerah


"Terima kasih pula kepada panitia penyelengaraan Dompu Fashion Week tahun 2023 yg telah mempersiapkan semua proses kegiatan dari awal.m sampai akhir sehingga DFW tahun 2023 berjalan lancar dan tertib," ucapnya.


Sementara itu, Ketua Panitia DFW 2023, Verra Fitria, ST., MM 
mengucapkan terima kasih atas kesuksesan acara DFW tahun 2023.

"Semoga di tahun yang mendatang DEKRANASDA semakin jaya dan sukses," pungkasnya penuh harap. (emo).

Penampilan para peserta dari siswa-siswi serta umum