Dandim 1614/Dompu dan Ketua Persit KCK Hadiri Acara Pengukuhan Paskibraka 2023

Kategori Berita

.

Dandim 1614/Dompu dan Ketua Persit KCK Hadiri Acara Pengukuhan Paskibraka 2023

Koran lensa pos
Kamis, 17 Agustus 2023


Upacara Pengukuhan Paskibraka 2023 Tingkat Kabupaten Dompu, Rabu malam (16/8/2023)


Dompu, koranlensapos.com - Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kabupaten Dompu resmi dikukuhkan. Pengukuhan dilaksanakan di Aula Pendopo Bupati Dompu pada Rabu malam (16/8/2023) dalam upacara yang dipimpin Bupati Dompu, H. Kader Jaelani.

Hadir pada kegiatan tersebut Wakil Bupati Dompu H. Syahrul Parsan, Sekda Dompu Gatot Gunawan Perantauan Putra, Ketua DPRD H. Andi Bachtiar, Dandim 1614/Dompu Letkol Kav Riyan Oktiya Virajati, S.T., M.M, Kapolres Dompu AKBP.Zulkarnain, S. I.K, Kajari Dompu, Ketua Pengadilan Negeri Dompu, Ketua TP PKK Hj. Lilis Suryani, Ketua GOW Hj. Faridah, Ketua Persit KCK Ny. Astrini Riyan Oktiya Virajati, S. Pi., M. Si, Ketua Bhayangkari Ny. Zulkarnain, Ketua Darma Wanita, para Pimpinan OPD, Anggota Paskibraka 2023, Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Kabupaten Dompu, serta para orang tua anggota Paskibraka 2023.

Diawali pembacaan Pengantar Pengukuhan oleh Ketua PPI Kabupaten Dompu, Rihul Rahman, ST dan Indah Selfiana (Anggota Paskibraka 2022).

Selanjutnya Ikrar Paskibraka dipandu oleh Kepala Bakesbangpol Kabupaten Dompu, H. Albuhairum, S. Sos., M. Si. 
Ini selengkapnya :

Ikrar Putra Indojesia

Aku mengaku putra Indonesia dan berdasarkan ilkrar itu aku mengaku bahwa aku adalah makhluk Tuhan Sang Maha Pencipta dan bersyukur pada-Nya.
Aku mengaku bertanah air satu Tanah Indonesia
Aku mengaku berbangsa satu Bangsa Indonesia
Aku mengaku berbahasa satu Bahasa Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.
Aku mengaku berjiwa dan berideologi satu, jiwa dan ideologi Pancasila UUD 1945.
Aku mengaku bertujuan satu masyarakat adil dan makmur berdasarkan Pancasila.
Aku mengaku kebhinekaan dalam kesatuan budaya bangsa. 
Aku mengaku sebagai generasi penerus pejuang besar kemerdekaan dengan akhlak dan ikhlas menurut ridho Tuhan yang Maha Esa.
Berdasarkan pengakuan-pengakuan ini dan demi kehormatanku sebagai.kader bangsa aku berjanji akan bersungguh-sungguh menjalankan kewajibanku untuk mengamalkan semua pengakuan ini dalam karya hidupku sehari-hari. Semoga Tuhan yang Maha Esa memberkati niat ku ini dengan taufik dan hidayah-Nya serta inayah-Nya.

Selanjutnya M. Radiansyah (anggota Paskibraka 2022) membawakan bendera menuju Komandan Peleton (Danton) Siswa M. Aliefiyah Fatiah (siswa SMAN 1 Dompu). Fatiah memegang Sang Saka Merah Putih dan direngkuh ke dadanya.

Acara dilanjutkan dengan pengukuhan oleh Bupati Kader Jaelani. 
Bismillahir Rahmani Rahiim 
Dengan memohon ridho Tuhan yang Maha Esa, pada hari ini tanggal 16 Agustus 2023 mengukuhkan anggota Paskibraka yang akan bertugas di Kabupaten Dompu pada tanggal 17 Agustus 2023
Semoga Tuhan yang Maha Esa memberikan kemudahan dalam menjalankan tugas negara.


Pengukuhan ditandai dengan pemasangan kendit hijau dan penyematan Lencana Merah Putih Garuda oleh Bupati Dompu kepada Danton) Siswa M. Aliefiyah Fatiah. Sedangkan pembawa baki berisi kendit dan lencana yakni Meutia Cahya Chairani (Paskibraka 2021). 

Pada momen Bakti Paskibraka, semua lampu dimatikan. Hanya dinyalakan lilin di beberapa sudut ruangan. Suasana hening seketika. Satu per satu para anggota Paskibraka mencium Bendera Merah Putih yang dihantarkan oleh M. Radiansyah diiringi lagu Syukur karya Husein Mutahar dengan suara nan syahdu.

"Kalian tentunya merupakan putra-putri terbaik Kabupaten Dompu yang telah dinyatakan lulus seleksi dengan berbagai proses dan tahapan yang harus dilalui. Hal ini merupakan kehormatan dan kebanggaan bagi kalian, orang tua, sekolah dan masyarakat yang pada kesempatan ini ikut menyaksikan jalannya pengukuhan anak-anakku sebagai Paskibraka," ucap Bupati AKJ dalam sambutannya.


"Dengan terpilih sebagai anggota Paskibraka menunjukkan bahwa anak-anakku memiliki kemampuan dan persyaratan sebagai anggota Paskibraka, berupa ketahanan fisik yang prima, postur tubuh yang sesuai, mental dan moralitas yang baik, serta disiplin yang tinggi," lanjutnya.


Dikatakan Bupati, di samping menjalani penempaan secara fisik, anak- anak Paskibraka juga mengalami penempaan secara mental yang tentu nantinya berguna dalam membangun sikap mental dan moral yang bertanggung jawab pada pelaksanaan pengibaran bendera merah putih. 

"Tentunya dengan pelatihan dan pendidikan yang telah diikuti akan berguna bagi diri kalian di masa yang akan datang. Lebih dari itu, kalian yang masih dalam usia remaja, telah berkesempatan mendapat kepercayaan dan tanggung jawab yang cukup besar untuk mengibarkan bendera merah putih. Tugas yang kalian jalankan ini tentunya merupakan suatu kebanggaan tersendiri bagi orang tua, sekolah dan masyarakat, dimana kalian mendapatkan kesempatan dan kepercayaan untuk menunaikan suatu tugas yang mulia," jelas Bupati AKJ.

Bupati juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh orang tua/ wali anggota Paskibraka, karena telah mendoakan, memberikan dorongan dan motivasi kepada anak-anaknya sehingga mampu bertahan dalam setiap proses penyeleksian dan latihan yang sangat berat dalam mengemban tugas sebagai anggota Paskibraka pada puncak peringAtan Ulang Tahun ke-78 Republik Indonesia tahun 2023.

Berikutnya kepada para pembina, pembimbing, pelatih dan panitia, diucapkan terima kasih pula atas segala usaha serta kesungguhan dalam membimbing para Paskibraka selama proses pelatihan, pendidikan dan penempaan sebagai Paskibraka berlangsung.   


"Kami ucapkan selamat kepada anak-anakku sekalian. Embanlah amanah dan kepercayaan yang telah diberikan oleh keluarga, masyarakat dan pemerintah kepada kalian dengan penuh rasa tanggung jawab.   Semoga kalian ke depannya bisa menjadi generasi emas bangsa indonesia dan daerah menjadikan Kabupaten Dompu Mashur (Mandiri, Sejahtera, Unggul dan Religius).

Bupati AKJ bersama para Pimpinan Forkopimda kemudian memberikan ucapan selamat dengan menyalami satu per satu para anggota Paskibraka yang telah dikukuhkan dan juga para pelatih dari Kodim 1614/Dompu dan Polres Dompu. (emo).