Babinsa Lepadi Komsos Bersama Apdes Bahas Kamtibmas

Kategori Berita

.

Babinsa Lepadi Komsos Bersama Apdes Bahas Kamtibmas

Koran lensa pos
Rabu, 10 Mei 2023

 

Kegiatan Komsos sembari berdiskusi ringan Babinsa Lepadi, Serda Ruslan bersama Pemerintah Desa setempat


Dompu, koranlensapos.com - 
Babinsa Desa Lepadi Kecamatan Pajo Koramil 1614-03/Hu'u, Serda Ruslan, Senin (8/5/2023) pukul 09.30 Wita melaksanakan komsos bersama aparatur desa setempat.

Dalam kegiatan itu, Babinsa bersama Apdes membahas tentang kondisi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) di masing-masing dusun.

Babinsa menjelaskan situasi kamtibmas di Desa Lepadi saat ini dalam keadaan aman dan kondusif. Karena itu, Babinsa berharap agar situasi kamtibmas yang kondusif ini tetap dipertahankan terus bahkan lebih ditingkatkan lagi.

"Mari kita jaga bersama agar desa kita tetap aman dan kondusif. Mohon disosialisasikan hal ini kepada masyarakat," pinta Babinsa.

Babinsa menjelaskan situasi kamtibmas sangat tergantung dari kesadaran masyarakat sendiri. Gangguan kamtibmas bisa terjadi karena ada anggota masyarakat setempat (internal) yang melanggar aturan dan norma yang berlaku. Hal ini menimbulkan dampak sosial keresahan di tengah masyarakat. Misalnya anak-anak remaja melakukan perkelahian yang dipicu oleh hal-hal sepele karena saling membully. Yang dibully tidak terima akhirnya terjadi perkelahian. Hal semacam ini harus dihindari karena akan bisa berdampak meluas pada situasi kamtibmas yang tidak kondusif.

Gangguan kamtibmas juga bisa berasal dari luar (eksternal). Misalnya ada orang dari desa atau daerah lain mengedarkan narkoba atau melakukan tindak pidana pencurian.

"Mari kita selalu memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya menjaga kamtibmas ini bagi kehidupan kita," ajaknya. (emo).