Sambut Ramadhan 1444 H, RSUD Dompu Gelar Donor Darah, Dandim dan Anggota Kodim Ambil Bagian

Kategori Berita

.

Sambut Ramadhan 1444 H, RSUD Dompu Gelar Donor Darah, Dandim dan Anggota Kodim Ambil Bagian

Koran lensa pos
Senin, 20 Maret 2023

 

Kegiatan donor darah di RSUD Dompu


Dompu, koranlensapos.com - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dompu, melalui unit transfusi darah, menggelar kegiatan Donor Darah. Kegiatan ini, bentuk bakti sosial RSUD menyambut bulan suci Ramadhan 1444 Hijriah tahun 2023. 

Direktur RSUD Dompu, melalui Kasubag Humas Muhammad Iradat S.Gz, mengatakan kegiatan donor darah ini wujud bakti sosial RSUD Dompu menyambut bulan Suci Ramadhan (Ibadah puasa) "Inilah alasan kami mengadakan kegiatan Donor Darah Kegiatannya akan berlangsung selama 2 hari yakni mulai tanggal 17-18 Maret 2023," ungkapnya. 

Kegiatan ini adalah salah satu upaya RSUD untuk menyiapkan stok darah selama bulan suci Ramadhan. "Alasannya karena di bulan Ramadhan, antusias pendonor menurun mengingat mereka sedang melaksanakan ibadah puasa," jelasnya. 

Antusias pendonor mulai hari ini sangat luar biasa. Para pendonor berasal dari pihak Kodim 1614/Dompu, Kejaksaan Negeri Dompu, LSM, seluruh jajaran RSUD Dompu, Masyarakat dan beberapa pihak lainnya. "Tadi pak Dandim dan Kajari turun langsung untuk mendonorkan darahnya. Target dalam kegiatan ini minimal 100 kantong darah," terangnya. 

Darah ini, akan dimanfaatkan oleh pasien anemia aplastik (kekurangan darah), pasien cuci darah, pasien pasca dan pra operasi dan pasien pasien yang mengalami pendarahan akut. "Itulah para pasien yang mendapat darah dari hasil donor ini," paparnya. 

Apresiasi dan rasa terimakasihnya kepada para pendonor. "Semoga amal kebaikannya ini mendapat ganjaran pahala dari Allah SWT," ucapnya. 

Disela waktu tepatnya di RSUD Dompu, Dandim 1614/Dompu Letkol Kav. Taufiq S.Sos, mengatakan hari ini dirinya bersama 20 lebih orang anggotanya ikut memberikan donor darah pada kegiatan yang dilaksanakan RSUD Dompu. 

Apa yang dilakukan Kodim 1614/Dompu hari ini adalah merupakan bentuk nyata dukungnya terhadap kegiatan Donor Darah, khususnya menyambut kegiatan bulan suci Ramadhan. "Semoga apa yang kami lakukan ini bisa bermanfaat untuk seluruh masyarakat Dompu," ujarnya. 

Kata Dandim, darah-darah ini sangat dibutuhkan masyarakat Dompu, sehingga inilah alasan kenapa Kodim 1614/Dompu, ikut berpartisipasi mendonorkan darah. "Kami di Kodim 1614/Dompu, juga tetap intens melakukan Donor Darah khususnya pada kegiatan kegiatan Kodim 1614/Dompu," jelasnya. 

Lanjut Dandim, semoga darah-darah ini bisa membantu para pasien, khususnya para pasien yang tidak mampu. "Kami juga di Kodim tetap siap memberikan donor darah untuk membantu masyarakat (pasien) dan ini juga yang kami lakukan selama ini," terangnya. 

Di lokasi yang sama, pihak Kejaksaan Negeri Dompu, juga mengatakan hari ini pihaknya ikut mendonorkan darah di RSUD Dompu.

 "Apa yang kami lakukan hari ini adalah bentuk kepedulian dan membantu masyarakat (pasien) yang membutuhkan darah," ujarnya. (Pendim1614).