Babinsa Rasabou Dampingi Petugas Keswan Vaksinasi PMK

Kategori Berita

.

Babinsa Rasabou Dampingi Petugas Keswan Vaksinasi PMK

Koran lensa pos
Senin, 06 Maret 2023

 

Vaksinasi PMK di Dusun Feli Gale Desa Rasabou Kecamatan Hu'u Kabupaten Dompu


Dompu, koranlensapos.com - Babinsa Desa Rasabou Koramil 03/Hu'u, Koptu Yahya, kemarin melaksanakan kegiatan pendampingan  pelaksanaan Vaksinasi  PMK dan Penandaan Ternak oleh Petugas UPTD Peternakan dan Kesehatan Hewan di Dusun Feli Gale Desa Rasabou.


Kegiatan dimaksud didampingi berhubung masih kurangnya pemahaman peternak terhadap pentingnya vaksinasi bagi kesehatan ternak. Selain itu, faktor biaya juga menjadi kendala utama bagi peternak untuk memberikan vaksin pada hewan ternak mereka.

Babinsa pada kesempatan tersebut memberikan pemahaman terhadap  Peternak betapa pentingnya vaksin untuk kekebalan tubuh ternak.

Vaksinasi yaitu memberikan anti gen yang merangsang sistem kekebalan khususnya terhadap penyakit yang disebabkan oleh Virus Protozoa dan bakteri. Vaksinasi dianggap cara paling efektif untuk mengendalikan penyakit yang tidak ampuh dikendalikan oleh obat.

Vaksin bekerja dengan cara merangsang sistem kekebalan tubuh. Hal tersebut bisa dicapai dengan mengaktivasi mikroba dengan menumbuhkannya di laboratorium. Mikroba yang ditumbuhkan dimasukkan ke dalam tubuh hewan ternak yang dapat merangsang respon sistim kekebalan tanpa menyebabkan penyakit.


"Jadi vaksinasi sangat berperan penting dalam meningkatkan kekebalan tubuh ternak," jelas Babinsa.


Dikatakannya pula bahwa vaksin juga sangat penting dalam mengendalikan epidemi penyakit seperti bivone viral diarhhea, infectious bivone, rhinotracheitis dan enteritis.


"Jadi dari pada para peternak menderita kerugian yang lebih besar akibat ternak menderita berbagai penyakit atau bahkan yang paling fatal kematian pada ternak lebih baik peternak melakukan vaksinasi untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Lebih baik mencegah dari pada mengobati," urai Babinsa. 



Babinsa memaparkan vaksinasi terhadap hewan bisa jadi juga tidak mampu menghasilkan proses kekebalan tubuh. Hal itu disebabkan karena berbagai faktor seperti stres, sedang mengidap penyakit tertentu atau nutrisi pakan yang jelek. 


"Oleh karena itu sebelum melakukan vaksin harus pastikan dulu kondisi hewan ternak dalam keadaan sehat dan mendapat asupan gizi yang seimbang," pungkasnya. (emo).