Babinsa Apresiasi Kekompakan Warga Desa Saneo dan Serakapi Gotong Royong Pembersihan Semak Belukar Pinggir Jalan

Kategori Berita

.

Babinsa Apresiasi Kekompakan Warga Desa Saneo dan Serakapi Gotong Royong Pembersihan Semak Belukar Pinggir Jalan

Koran lensa pos
Sabtu, 04 Maret 2023

 

Warga Desa Serakapi dan Saneo, Jumat (03/03/2023) kompak membersihkan semak belukar yang tumbuh subur menghalangi pandangan para pengguna jalan



Dompu, koranlensapos.com - Semak belukar yang tumbuh dengan lebat di kanan dan kiri jalan sepanjang jalur lintas Saneo kerap menimbulkan rasa was-was bagi para pengguna jalan. 

Pertumbuhan semak belukar itu menyempitkan ruas jalan dan menghalangi pandangan para pengguna jalan.


Untuk itu, Pemerintah Desa Serakapi dan Saneo berinisiatif untuk melakukan kegiatan pembersihan pada Jumat pagi (3/3/2023). Sekitar seratus orang warga dari dua desa bertetangga itu membawa parang dan golok masing-masing membabat semak belukar sepanjang jalur sekitar 2,5 km. Ada juga yang membawa mesin pemotong rumput miliknya untuk digunakan dalam kegiatan pembersihan itu.

Pembersihan dimulai dari depan SMAN 3 Woja ke arah selatan hingga di tanjakan Teka Pangere di Desa Sorisakolo Kecamatan Dompu.


Bukan hanya semak belukar yang dibabat, beberapa cabang pepohonan yang mengarah ke jalan raya juga dipangkas demi kenyamanan bagi para pengguna jalan yang melintas. Cabang pepohonan tersebut juga dikhawatirkan
akan patah saat terjadinya angin kencang sehingga dapat berpotensi mengganggu kelancaran arus lalu lintas bahkan bisa membahayakan bagi keselamatan pengguna jalan.

 
Kepala Desa Serakapi, Sastromijoyo dan Kades Saneo, Rustam bersama perangkat dua desa itu juga hadir melakukan kegiatan pembabatan semak belukar itu. Hadir pula Babinsa Desa Saneo, Serka Saiful.

"Gotong royong ini atas inisiatif Pemerintah Desa Serakapi dan Saneo karena mengingat di jalur ini rawan kecelakaan akibat pertumbuhan semak belukar menutup ruas jalan dan menghalangi pandangan. Kalau menunggu dari dinas terkait kapan baru dilaksanakan," kata Kades Serakapi, Sastromijoyo.

Kades Saneo, Rustam mengatakan kegiatan gotong royong ini kompak dilaksanakan oleh warga kedua desa bertetangga itu demi keamanan dan keselamatan bagi pengguna jalan.

Babinsa Saneo, Serka Saiful mengapresiasi adanya kekompakan masyarakat dua desa yang telah melakukan kegiatan pembersihan semak belukar sepanjang jalan lintas Saneo itu.

"Saya sangat mengapresiasi kekompakan masyarakat Desa Saneo dan Serakapi ini dan hasil dari gotong royong ini bisa kita lihat dan rasakan bersama," pungkasnya. (emo).