Komsos dengan Gapoktan dan Petugas Irigasi, Ini Arahan Babinsa Rasabou

Kategori Berita

.

Komsos dengan Gapoktan dan Petugas Irigasi, Ini Arahan Babinsa Rasabou

Koran lensa pos
Selasa, 28 Februari 2023

 

Babinsa Rasabou Komsos dengan Ketua Gapoktan dan Petugas Irigasi mencari solusi untuk mengatasi tanaman padi yang roboh akibat intensitas hujan yang tinggi disertai angin kencang, Senin (27/02/2023)

Dompu, koranlensapos.com - Babinsa Desa Rasabou Koramil 03 Hu'u, Koptu Yahya, Senin (27/02/2023)  melaksanakan komsos bersama Ketua Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) dan petugas irigasi.


Pertemuan itu 
membahas tentang kondisi tanaman padi saat musim hujan lebat dan angin kencang seperti sekarang.

"Karena hujan lebat dan angin kencang menyebabkan tanaman padi lebih berat sehingga roboh karena tidak kuat menopang daun dan bulir yang basah," kata Ketua Gapoktan.

Babinsa Koptu Yahya yang pernah berpengalaman dalam mendampingi program ketahanan pangan kerja sama TNI dan Kementerian Pertanian itu menjelaskan bahwa kondisi demikian dipengaruhi beberapa faktor. Antara lain pemilihan benih, cara pemupukan dan tekhnik pengolahan tanah.

Dikatakannya varietas benih yang tinggi lebih rawan rebah terutama pada musim hujan. Demikian pula terlalu banyak pemberian pupuk  nitrogen juga bisa menyebabkan tanaman padi terlalu subur sehingga tanaman menjadi lebih berat

"Serangan hama atau penyakit juga terjadi pada pangkal batang tanaman padi menyebabkan batang pada rusak atau membusuk sehingga mudah roboh," jelasnya.


Babinsa menjelaskan kepada Ketua Gapoktan beberapa tindakan yang dapat dilakukan untuk mencegah tanaman padi rebah atau roboh. Antara lain menggunakan varietas padi unggul, pemupukan yang berimbang, memperkuat batang tanaman padi dengan pupuk phospat dan kalium, serta pengendalian hama dan penyakit. 
(emo).