Diskop UKM Dompu Gelar Diklat Akuntansi Berbasis Komputer Bagi Pengurus dan Pengelola Koperasi

Kategori Berita

.

Diskop UKM Dompu Gelar Diklat Akuntansi Berbasis Komputer Bagi Pengurus dan Pengelola Koperasi

Koran lensa pos
Senin, 20 Februari 2023

 

Pelaksanaan Diklat Akuntansi Berbasis Komputer bagi para pengurus dan pengelola koperasi di Kabupaten Dompu yang digelar oleh Dinas Koperasi & UKM Kabupaten Dompu


Dompu, koranlensapos.com.- Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Kabupaten Dompu menggelar kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Akuntansi Berbasis Komputer bagi Pengurus dan Pengelola Koperasi se Kabupaten Dompu. 

Kegiatan dimaksud dilaksanakan di aula kantor tersebut dan akan berlangsung selama 4 (empat) hari mulai tanggal 20 sampai dengan 23 Februari 2023.


Diklat dibuka oleh Staf Ahli Bupati Dompu, Ir. Syarifuddin pada Senin pagi (20/2/2023) pukul 08.00 Wita.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Dompu, Hj. Daryati Kustilawati, SE., MM menjelaskan bahwa koperasi adalah sokoguru perekonomian rakyat yang memiliki peranan penting di dalam memberdayakan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) agar bisa berkembang.

"Betul-betul koperasi ini adalah sebagai mitra kerja pemerintah yang dapat berkontribusi meningkatkan pendapatan masyarakat dengan tidak mengabaikan rohnya koperasi. Profit oriented dan social oriented tetap berjalan bersama," ujarnya.

Hj. Daryati menyebut koperasi di Kabupaten Dompu ada bebetapa jenis. Antara lain koperasi simpan pinjam, koperasi jasa, koperasi konsumsi, koperasi produksi, koperasi industri, koperasi serba usaha. Di antaranya ada pula 9 koperasi syariah.

"Diharapkan dengan adanya pendidikan dan pelatihan akuntansi berbasis komputer ini para pengurus dan pengelola koperasi dapat menyusun neraca, laporan laba rugi maupun laporan keuangan secara digital dan tidak lagi secara manual.

Selain itu, dengan perkembangan arus informasi saat ini, pengembangan usaha berlangsung secara online. Maka koperasi-koperasi juga harus dapat mengikuti perkembangan yang terjadi untuk meningkatkan usahanya.

Pimpinan baru di Diskop UKM Dompu yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Dompu itu berharap kepada para peserta agar dapat mengikuti kegiatan Diklat yang akan berlangsung selama 4 (empat) hari itu dengan sungguh-sungguh.


Suasana pelaksanaan Diklat di hari pertama berlangsung dengan diskusi yang asyik dan menyenangkan. Kadis Koperasi dan UKM yang menjadi pemateri perdana memberikan waktu seluas-luasnya kepada para peserta  untuk menceritakan pengalaman masing-masing di dalam mengurus dan mengelola koperasi.

"Luar biasa. Kita di sini adalah sama-sama belajar dan bisa saling sharing informasi. Saling berbagi pengalaman," ucapnya. (emo).