Bawaslu Dompu Laksanakan Kegiatan Siaga Pengawasan “Satu Tahun Menuju Pemilihan Umum Tahun 2024”

Kategori Berita

.

Bawaslu Dompu Laksanakan Kegiatan Siaga Pengawasan “Satu Tahun Menuju Pemilihan Umum Tahun 2024”

Koran lensa pos
Rabu, 15 Februari 2023

  

Kegiatan Siaga Pengawasan "Satu Tahun Menuju Pemilu 2024"di Bawaslu Dompu, Selasa malam (14/2/2023)



Dompu, koranlensapos.com - Tepat setahun menjelang pelaksanaan Pemilihan Umum Serentak, 14 Februari 2024 mendatang, Bawaslu Kabupaten Dompu melaksanakan kegiatan Siaga Pengawasan “Satu Tahun Menuju Pemilihan Umum Tahun 2024".

 

Kegiatan itu digelar di halaman Kantor Bawaslu Kabupaten Dompu pada Selasa malam (14/2/2023) mulai pukul 19.30 Wita. 

Acara meriah yang dipandu oleh Master Of Cheremony (MC) kawakan Indi Endrayani, ST., MM tersebut dalam bentuk Launching Komunitas Digital Pengawas Partisipatif "Jarimu Awasi Pemilu" dirangkaikan dengan Deklarasi Pemilu Damai dan Launching Posko Kawal Hak Pilih.

Hadir dalam acara tersebut Bupati Dompu H. Kader Jaelani, Ketua DPRD Dompu Andi Bachtiar, Kapolres Dompu AKBP Iwan Hidayat diwakili Wakapolres Kompol Abdi Mauluddin, Dandim 1614/Dompu Letkol Kav. Taufiq diwakili Mayor Inf. Abdul Haris, Kajari Dompu diwakili Kasi Pidum Islamiyah, SH, Ketua Bawaslu Dompu Irwan beserta anggota Swastari HAZ dan Wahyudin serta Kasubbag dan staf selaku pelaksana kegiatan, Komisioner KPU Dompu Sulastriana, Pimpinan OPD terkait yakni Dinas Dukcapil dan Sat Pol PP, pimpinan Partai Politik serta para pimpinan Ormas Kepemudaan, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, tokoh perempuan dan insan pers.

Ketua Bawaslu Kabupaten Dompu, Drs. Irwan

Ketua Bawaslu Kabupaten Dompu, Drs. Irwan dalam sambutannya menyampaikan satu tahun menjelang hari pemungutan suara tanggal 14 Februari 2023 - 14 Februari 2024, Bawaslu Dompu mematangkan langkah dalam mengoptimalkan pengawasan Pemilu dari berbagai aspek. 

"Ini merupakan ikhtiar sebagai upaya menjaga kualitas demokrasi melalui Pemilu dapat berjalan dengan LUBER (Langsung Umum Bebas dan Rahasia) dan JURDIL (Jujur dan Adil) sebagaimana telah diamanahkan Undang-Undang," ujarnya.



Dijelaskan Irwan, tujuan dari pelaksanaan kegiatan Siaga Pengawasan “Satu Tahun Menuju Pemilihan Umum Tahun 2024”  adalah sebagai simbol Kesiapan Bawaslu Dompu menuju satu tahun pemungutan suara Pemilu 2024. Selain itu, melalui kegiatan tersebut, Bawaslu ingin melakukan penguatan dan sinergitas dari aspek pencegahan, pengawasan, hubungan antar lembaga, partisipasi masyarakat, dan hubungan masyarakat kepada stekeholder terkait.

"Kami di Bawaslu juga ingin mengajak seluruh komponen masayarakat untuk menciptakan pemilu yang damai dan berintegritas melalui “Deklarasi Kampanye Damai Pemilu Tahun 2023” yang dirangkaikan dengan Giat 
Deklarasi Pemilu Damai
Launcing Posko Kawal Hak Pilih dan Launcing Komunitas Digital Pengawas Partisipatif “Jarimu Awasi Pemilu"," paparnya.


Lebih lanjut Irwan menguraikan  kesiapan-kesiapan yang telah dilaksanakan oleh Bawaslu Dompu baik yang berupa kegiatan tahapan maupun non tahapan. 
Antara lain Tahapan pengawasan Pemilu telah dilauncing oleh Bawaslu sejak bulan Juni 2022. Artinya kegiatan-kegiatan yang menyangkut pengawasan tahapan pemilu telah dipersiapakan. Selanjutnya pembentukan Badan Adhoc  Panwascam di 8 kecamatan dan telah dilantik pada 28 Oktober 2022. 


"Proses pembentukan Panwascam dilaksanakan dengan transparan dan hati-hati berdasarkan Undang-Undang dan Pedoman Pembentukan dan 24 Panwascam telah bekerja sesuai tugas dan tanggung jawab," urainya.

Dilanjutkan Irwan, Bawaslu Dompu juga telah membentuk pengawas Desa /Kelurahan untuk 81 desa/kelurahan  se Kabupaten Dompu. Pengawas desa/kelurahan ini telah dilantik pada  tanggal 6 Februari 2023.  

"Mereka pun telah bekerja sesuai amanat Undang-Undang dan sesuai tahapan berjalan seperti pengawasan vermin (verifikasi administrasi) dan verfak (verifikasi faktual) hingga penetapan parpol peserta pemilu, calon perseorangan DPR RI dan sekarang sudah dimulai pegawasan tahapan Coklit," paparnya.


Selanjutnya dari aspek kesiapan tahapan, pada aspek pengawasan, Bawaslu melakukan pengawasan mulai dari persiapan hingga pelaksanaan tahapan Pemilu yang telah berjalan. Bawaslu dalam melakukan pengawasannya, telah menyusun pedoman dan alat kerja pengawasan yang menjadi acuan kerja pengawas pemilu di setiap tingkatan atau level desa sebagai pedoman dalam melakukan tindakan pengawasan tahapan berjalan.

Sedangkan pada aspek pencegahan, Bawaslu Dompu melakukan tindakan pencegahan untuk meminimalisasi munculnya dugaan pelanggaran pemilu. 

"Hal ini penting sebagai upaya mencegah pelanggaran Pemilu sejak dari hulu," sebutnya.



Dikemukakan Irwan, dalam rangka optimalisasi tindakan pencegahan, Bawaslu Dompu juga membangun sistem laporan hasil pencegahan yang tersinkronisasi di setiap tingkatan. Seperti telah melakukan berbagai kegiatan bersifat himbauan-himbauan, Sosialisasi-sosialisasi baik melalui media maupun tatap muka pada Institusi Pendidikan tingkat menengah dan  Perguruan Tinggi.


Pada aspek hubungan antar lembaga, Bawaslu Dompu juga telah menjalin kerja sama dengan berbagai lembaga yang berhubungan langsung maupun tidak langsung dalam penyelenggaran pemilu. 


"Karena pengawasan pemilu tidak dapat dilakukan sendiri. Bawaslu Dompu  menuangkan kerjasama antar lembaga dalam bentuk nota kesepahaman maupun perjanjian kerja sama untuk mengoptimalkan pengawasan pemilu dan mewujudkan pemilu yang berintegritas," tandasnya.

Bupati Dompu menandatangani Deklarasi Pemilu Damai 


Selanjutnya pada aspek partisipasi masyarakat, Bawaslu Dompu mendorong keterlibatan masyarakat dalam pengawasan pemilu. 


"Keterlibatan masyarakat dalam pengawasan pemilu ini penting karena masyarakat adalah pemilik suara sekaligus penerima manfaat terbesar dari terwujudnya pemilu yang berintegritas sehingga diharapkan dapat menghasilkan pemimpin / pemerintahan yang mampu menciptakan kebijakan publik yang memberikan kebermanfaatan secara luas," jelasnya.

Kasdim 1614/Dompu, Mayor Inf. Abdul Haris, SH., MH menandatangani Deklarasi Pemilu 2024 Damai


Dikatakan Irwan, bentuk keterlibatan masyarakat dalam pengawasan pemilu yang telah dilakukan Bawaslu Dompu misalnya Pembentukan Desa/ Kelurahan Anti Politik Uang dengan mengambil Kelurahan  Kandai I sebagai contoh bagi desa-desa yang lain di Kabupaten Dompu.

Wakapolres Dompu, Kompol Abdi Mauluddin, SH menandatangani Deklarasi Pemilu Damai


Adapun pada aspek hubungan masyarakat, Bawaslu Dompu telah menyebarluaskan agenda, pelaksanaan, dan hasil pengawasan pemilu kepada masyarakat melalui saluran distribusi informasi yang tepat melalui Media Cetak maupun Media online secara cepat, berkualitas, dan mudah dimengerti. 

Ketua DPRD Dompu, Andi Bachtiar, A. Md. Par menandatangani Deklarasi Pemilu Damai


"Dengan optimalnya saluran distribusi informasi, diharapkan dapat meningkatkan citra lembaga dan kesadaran politik masyarakat," harapnya.


Lebih lanjut dikemukakan Irwan, berbagai aspek kesiapan Bawaslu Kabupaten Dompu sebagaimana telah diuraikan di atas merupakan hal-hal yang perlu mendapatkan dukungan dari berbagai elemen, baik itu dukungan dari Pemerintah, DPRD, KPUD dan  Organisasi Masyarakat, unsur-unsur masyarakat sipil, dan stakeholder lainnya sebagai pendukung suksesnya gelaran Pemilu tahun 2024. 


"Oleh karenanya Bawaslu menganggap penting sebagai ALARM BAWASLU  menyelenggarakan kegiatan Siaga Pengawasan “Satu Tahun Menuju Pemilihan Umum Tahun 2024” yang dilaksanakan tepat satu tahun menuju hari pemungutan suara Pemilu 2024 yang akan jatuh pada tanggal 14 Februari 2024," tegasnya sembari mengajak semua komponen untuk bersama mengawasi pemilu 2024.

Kasi Pidum Kejari Dompu, Islamiyah, SH menandatangani Deklarasi Pemilu Damai

Pada kesempatan tersebut, Ketua Bawaslu Dompu tersebut menyampaikan penegasan pula agar berhati-hati menggunakan jari. 

"Kalau dulu orang bilang mulutmu harimau mu, sekarang ini jarimu harimau mu. Hati-hati terutama bagi ASN mengangkat jari menjelang pelaksanaan pemilu," imbaunya.

Di akhir sambutannya, Irwan menyampaikan sebuah pantun :

Buah Duren Buah Rambutan 
Makan bersama siaga pengawasan 
Marilah kita hindari pelanggaran 
Agar jauh dari semua penindakan 
Malam ini berkumpul di bawaslu 
Ternyata yang hadir juga yang ayu ayu
Bersama Rakyat Awasi pemilu
Bersama bawaslu tegakkan keadilan Pemilu. 

Komisioner KPU Dompu, Sulastriana, SE menandatangani Deklarasi Pemilu Damai

Sementara itu, Bupati Dompu, H. Kader Jaelani menyampaikan apresiasi kepada Bawaslu dan jajarannya yang telah menyelenggarakan momentum penting dalam tahapan pemilu tahun 2024, dengan harapan pelaksanaan pemilu dapat berjalan sesuai harapan bersama dengan mengedepankan terwujudnya kondusivitas daerah.

Bupati Dompu, H. Kader Jaelani

Ditekankan Bupati, pelaksanaan pemilu yang aman dan damai menjadi harapan bersama. 


"Dan untuk mencapai harapan tersebut tentunya kerja sama dan kebersamaan dari seluruh elemen daerah sangat diharapkan," pintanya.



Diuraikan Bupati.AKJ, tahapan-tahapan dalam pelaksanaan pemilu tentunya telah dilaksanakan dengan baik oleh pihak Bawaslu sebagai penyelenggara pemilu hingga dilaksanakannya acara penting malam ini. Berikutnya dengan diadakannya tahapan acara Deklarasi Kampanye Damai, bisa menghasilkan penyelenggaraan pemilu di Kabupaten Dompu yang kondusif dan lancar, sehingga berbagai tahapan yang dilakukan bisa berjalan optimal.


Lebih lanjut Bupati menyampaikan harapan kepada peserta pemilu agar bisa menunjukan sportivitas.

"Dan yang paling utama adalah santun dalam kampanye sehingga mudah dalam meraih simpati masyarakat, agar masyarakat bisa berpartisipasi untuk mengikuti pemilihan umum sehingga partisipasi masyarakat meningkat, persentase untuk yang golput pun berkurang," ucapnya.

Anggota Bawaslu Kabupaten Dompu, Swastari HAZ menyampaikan bahwa kegiatan yang sama dilaksanakan secara serentak di semua Bawaslu di seluruh Indonesia.

"Di beberapa daerah di NTB ada yang sudah melaksanakan tadi siang, tapi kita di Dompu melaksanakan malam ini bersamaan dengan pelaksanaan di pusat," tuturnya. (emo).






Penandatanganan Deklarasi Pemilu Damai oleh Pimpinan OPD terkait dan pimpinan Parpol