Pemda Dompu Laksanakan Acara Ngaha Kawiri, Dzikir dan Doa Bersama

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

.

Pemda Dompu Laksanakan Acara Ngaha Kawiri, Dzikir dan Doa Bersama

Koran lensa pos
Jumat, 06 Januari 2023

 

Kegiatan Dzikir, Doa Bersama dan Ngaha Kawiri di halaman Kantor Pemda Dompu pada hari Jumat (6/1/2023)


Dompu, koranlensapos.com - Bertempat di Halaman Kantor Pemda Dompu (Paruga Parenta Bumi Nggahi Rawi Pahu), Jumat pagi mulai pukul 06.00 Wita dilaksanakan acara Dzikir dan Doa Bersama dirangkaikan dengan Ngaha Kawiri (Makan Bubur terbuat dari beras yang diberi santan kelapa).

Acara diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Qur'an Surah Al Qiyamah yang dilantunkan oleh Almer Rafif Amsyar. Almer merupakan putra dari pasangan 
Moh. Syaukani (Kabag Keuangan dan Perencanaaan Setda Dompu dan Ida Nurmawadah. Almer merupakan siswa kelas 2 SD IT Al Hilmi dan santri binaan TPQ Jabal Nur Kelurahan Kandai Satu.


Ketua Panitia, H. Khairuddin, SH menyampaikan ucapan terima kasih atas dukungan semua pihak dalam pelaksanaan acara tersebut.

"Semoga doa syukuran yang kita laksanakan dirangkaikan dengan Ngaha Kawiri ini membawa keberkahan bagi seluruh masyarakat Dompu," ucap Kabag Kesra Setda Dompu tersebut.

Wakil Bupati Dompu, H. Syahrul Parsan, ST., MT dalam sambutannya menyampaikan bahwa Ngaha Kawiri merupakan tradisi leluhur masyarakat Dompu yang masih dilestarikan hingga kini. Di dalamnya mengandung banyak filosofi. Salah satunya adalah tertanamnya nilai kebersamaan.

"Ngaha Kawiri ini adalah budaya kita masyarakat Dompu. Hikmahnya adalah terwujudnya nilai-nilai kebersamaan karena kita berkumpul bersama dalam satu tempat," ujarnya.


Wabup menyampaikan semoga dengan permohonan kepada Allah lewat Dzikir dan Doa Bersama dirangkaikan dengan Ngaha Kawiri ini Kabupaten Dompu khususnya dan Indonesia pada umumnya diberikan keberkahan, pertolongan, perlindungan dan keselamatan dari berbagai bala bencana.

"Istilah kita ini adalah tola bala (tolak bala) memohon keselamatan kepada Allah SWT dari berbagai bencana alam maupun bencana yang dibuat oleh manusia sendiri," ucapnya.


Wabup juga mendoakan semoga roda pemerintahan dan pembangunan di Kabupaten Dompu bisa berjalan dengan lancar sehingga terwujud masyarakat Dompu yang MASHUR (Mandiri, Sejahtera, Unggul dan Religius) dan menjadi daerah yang Baldatun Thoyyibatun Wa Robbun Ghafuur.

"Mudah-mudahan seluruh masyarakat Dompu semuanya sehat dan sejahtera," pintanya.

Wabup menyebut acara yang sama juga dilaksanakan secara serentak pada 8 kecamatan.

Sekda Dompu, Gatot Gunawan Perantauan Putra, S. KM., M. PPM menyampaikan kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari Jumat pertama di tahun 2023 untuk mengambil berkahnya hari Jumat sebagai hari yang suci agar segala permohonan dikabulkan oleh Allah SWT.

Acara dzikir dan doa bersama dipimpin oleh tokoh agama H. Husen bersama H. Arifaid, S. Sos dari Kesra Kabupaten Dompu. 

Acara Ngaha Kawiri diikuti oleh sekitar 500 anak-anak yang berdomisili di sekitar Kantor Pemda Dompu. Usai menikmati Kawiri, mereka juga mendapatkan amplop.

Kegiatan itu dihadiri oleh Wakil Bupati Dompu, Sekda Dompu, Kepala Kementerian Agama Kabupaten Dompu,  para pimpinan OPD serta para Kabag Lingkup Setda Dompu. 

Hadir pula Ketua TP PKK Kabupaten Dompu, Ketua GOW Kabupaten Dompu serta Ketua GOPTKI Kabupaten Dompu. (emo).