Ayo Jadi Pengawas Kelurahan/Desa di Kecamatan Dompu dalam Pemilu 2024

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

.

Ayo Jadi Pengawas Kelurahan/Desa di Kecamatan Dompu dalam Pemilu 2024

Koran lensa pos
Jumat, 13 Januari 2023

 

Ketua Pokja Perekrutan PKD Panwaslu Kecamatan Dompu, Muhammad Azwar, S. Pd



Dompu, koranlensapos.com - Bawaslu Kabupaten Dompu melalui Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kecamatan Dompu membuka pendaftaran dan penerimaan berkas seleksi calon anggota Pengawas Kelurahan/Desa (PKD) dalam Pemilihan Umum (Pemilu) serentak tahun 2024.

Ketua Kelompok Kerja (Pokja) Perekrutan Pengawas Kelurahan/Desa (PKD) Panwaslu Kecamatan Dompu, Muhammad Azwar, S.Pd., Jum'at (13/01/2023) menyatakan bahwa berdasarkan Keputusan Bawaslu nomor : 5/KP.01/K1/01/2023 tentang Pedoman Pelaksanaan Pembentukan PKD untuk Pemilu serentak tahun 2024, pendaftaran dan penerimaan berkas calon anggota Panwaslu Kelurahan/Desa mulai dilakukan pada Sabtu tanggal 14 - 19 Januari 2023. 

"Sementara proses pelantikan dan pengambilan sumpah/janji anggota PKD terpilih pada 5 - 6 Februari 2023," jelasnya.

Azwar mengemukakan upaya penyebaran informasi tentang perekrutan calon anggota Pengawas Kelurahan/Desa di Panwaslu Kecamatan Dompu dalam Pemilu tahun 2024 kepada masyarakat umum telah dilakukan. Pokja Pembentukan Panwaslu Kelurahan/Desa (PKD) telah melakukan sosialisasi dan menempelkan jadwal pembentukan serta syarat-syarat untuk menjadi calon anggota Panwaslu Kelurahan/Desa di 15 (lima belas) kantor Kelurahan/Desa se Kecamatan Dompu.

"Komposisi Pengawas Kelurahan/Desa (PKD) itu 1 (satu) orang per Kelurahan/Desa dengan memperhatikan keterwakilan 30 persen perempuan. Untuk itu, saya mengajak putra-putri terbaik di Kelurahan/Desa untuk berpartisipasi menjadi Pengawas Pemilu," ajaknya.

Ketua Panwaslu Kecamatan Dompu ini kembali mengajak kepada generasi muda yang memenuhi syarat di wilayah Kelurahan Bada, Karijawa, Potu, Bali, Dorotangga, Kandai Satu. Desa Kareke, Mbawi, Dorebara, Sorisakolo, Mangge Asi, O'o, Karamabura, Katua, dan Desa Mangge Nae Kecamatan Dompu untuk menyiapkan diri dan berkasnya agar segara mendaftar.

"Formulir pendaftaran dan berkas administrasi calon anggota Panwaslu Kelurahan/Desa tersebut dapat diperoleh di tempat Foto Copy depan Puskesmas Dompu Timur, Foto Copy depan Puskesmas Dompu lama, Foto Copy depan SMA Negeri 1 Dompu, dan dapat didowlooad di URL : https://s.id/1vtCa ," ungkapnya.

Azwar menerangkan pendaftaran dan penerimaan berkas calon anggota Panwaslu Kelurahan/Desa mulai dilakukan pada hari Sabtu (14 Januari 2023) sampai dengan Kamis (19 Januari 2023) di Sekretariat Panwaslu Kecamatan Dompu Jln. Letjen Sutoyo, Lingkungan Magenda, Kelurahan Potu. (azw).