Upacara Hari Bakti PU Ke 77 di Dompu, Wabup Bacakan Amanat Menteri PUPR

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

.

Upacara Hari Bakti PU Ke 77 di Dompu, Wabup Bacakan Amanat Menteri PUPR

Koran lensa pos
Senin, 05 Desember 2022

 

Upacara Hari Bakti PU ke 77 Tingkat Kabupaten Dompu, Sabtu (3/12/2022)



Dompu, koranlensapos.com - Bertempat di halaman kantor Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Dompu, Sabtu pagi (3/12/2022) berlangsung Upacara Peringatan Hari Bakti Pekerjaan Umum ke 77.

Bertindak sebagai Pembina Upacara Wakil Bupati Dompu, H. Syahrul Parsan, ST., MT. Dalam amanatnya, Wabup membacakan Sambutan Menteri Pekerjaan Umum danPerumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono.


"Pada kesempatan ini, saya ingin mengajak kita untuk sejenak mengheningkan cipta mendoakan arwah para Pahlawan Sapta Taruna, para senior, dan keluarga besar Kementerian PUPR yang telah mendahului kita berpulang ke Rahmatullah, semoga seluruh amal ibadahnya diterima oleh Allah SWT.● Selanjutnya perkenankan saya dengan tulus menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh jajaran insan PUPR atas kerja keras tanpa lelah selama ini. Melalui kekompakan dan kerjasama tim, kita menerobos berbagai halangan untuk dapat menyelesaikan tugas-tugas dan terus melayani masyarakat dengan infrastruktur yang kita bangun dan pelihara. Satu hal yang saya rasakan dari berbagai upaya yang Bapak/Ibu/para insan PUPR lakukan adalah semakin besarnya kepercayaan publik kepada kita semua. Upaya membangun kepercayaan tersebut tidak lahir dari upaya sesaat, tetapi merupakan buah dari kerja keras dan upaya perbaikan terus menerus. Saya ingin upaya ini melembaga, menjadi nafas dan semangat setiap Insan PUPR dimanapun berada untuk selalu membangun infrastruktur yang berkualitas baik, berestetika tinggi, dan ramah lingkungan untuk keberlanjutan," kata Wabup membacakan sambutan Menteri PUPR.

 Dilanjutkannya sepanjang tahun 2022 ini, Kementerian PUPR mendapatkan penugasan khusus dari Presiden Joko Widodo untuk mendukung beberapa agenda internasional di tanah air.  Pertama, dalam rangka mendukung Presidensi Indonesia dalam KTT G20 di Bali, Kementerian PUPR telah berhasil menyelesaikan Penataan Kawasan Mangrove Tahura Mangrove sebagai showcase respon Indonesia menghadapi perubahan iklim; Penataan Jalan Akses Menuju Apurva; Penataan Lansekap Bundaran Ngurah Rai; Penataan Kawasan GWK, Rehabilitasi Waduk Muara; dan Pembangunan Embung Sanur. Hasilnya banyak mendapat apresiasi dan menjadi faktor penentu keberhasilan Indonesia sebagai tuan rumah KTT G20 tersebut.

 Kedua, Renovasi Taman Mini Indonesia Indah (TMII) setelah dibangun dan dibuka pertama kalinya tahun 1975 silam. Wajah TMII kini telah berubah total, lebih segar, lebih hijau dan terkesan lebih luas. Marwah TMII sebagai icon dan destinasi wisata kerakyatan Kota Jakarta, seperti Kawasan GBK dan Kebun Binatang Ragunan, telah kita pulihkan kembali.

 Ketiga, Penataan Kawasan Labuan Bajo, termasuk Pulau Rinca, yang dilengkapi dengan berbagai kelengkapan infrastrukturnya untuk menyambut ASEAN Summit 2023. Labuan Bajo telah berubah wajahnya dan menjelma menjadi destinasi wisata premium dan magnet baru wisatawan dalam dan luar negeri.

 Keempat, Penataan Kawasan Mandalika yang juga dilengkapi dengan berbagai infrastruktur penunjang pariwisata telah menjadi faktor kunci kesuksesan penyelenggaraan Event MotoGP 2022. Mandalika kini telah sangat siap untuk menjadi tuan rumah pelaksanaan event-event internasional lainnya. 
 Kelima, Kementerian PUPR pun terus melanjutkan pembangunan infrastruktur yang menjadi program strategis dan prioritas nasional, seperti Bendungan, Jalan Tol, Irigasi, Sistem Penyediaan Air Minum dan Program Satu Juta Rumah pada tahun 2022 ini. Secara singkat, 9 bendungan akan bisa kita selesaikan (antara lain Semantok, Ciawi, Sukamahi dan Beringin Sila); 167 km panjang jalan tol baru pada 13 ruas dapat kita operasikan (antara lain Taba – Pananjung, Cibitung – Cilincing dan Pekanbaru – Pangkalan); 75 ribu hektar jaringan irigasi baru; dan 230 ribu hektar rehabilitasi jaringan irigasi dapat kita tuntaskan. Selain itu, 3 SPAM besar pun siap difungsikan (Durolis, Banjar Bakula, dan Kali Dendeng), Pos Lintas Batas Negara (PLBN) siap dibuka untuk para pelintas (antara lain di Serasan, Yetetkun dan Jagoi Babang). Pembangunan rumah, baik rumah susun, rumah khusus, maupun rumah swadaya dan dukungan prasarana-sarana utilitas untuk rumah bersubsidi telah mendekati target 1 juta rumah.

 Keenam, Kementerian PUPR terus melaksanakan program Padat Karya Tunai (PKT) pada tahun 2022 ini untuk mempertahankan daya beli masyarakat danmembantu menyediakan lapangan kerja bagi 611 ribu jiwa.
 Seluruh capaian pembangunan infrastruktur PUPR diatas telah turut serta secara nyata dalam upaya memelihara optimisme pemulihan ekonomi pasca Pandemi COVID-19, serta menjaga kepercayaan publik kepada Pemerintah.

 Sepanjang tahun 2022 ini, Indonesia juga mengalami berbagai peristiwa bencana alam, antara lain: banjir di Aceh Utara; Longsor di Sitinjau Lauik, Sumbar; Gempa di Tapanuli Utara; dan yang baru-baru ini terjadi Gempa magnitude 5,6 di Cianjur dan Sukabumi yang mengakibatkan jatuhnya korban jiwa lebih dari 320 orang, sekitar 27.000 rumah rusak parah dan puluhan fasilitas sosial dan fasilitas umum. 
 Berbekal pengalaman sebelumnya dalam tanggap darurat hingga rehab dan rekonstruksi pasca bencana di NTB, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, NTT hingga Semeru, Jawa Timur, Kementerian PUPR akan mengerahkan segenap daya dan upaya untuk membantu pemulihan kondisi sosial-ekonomi masyarakat.Pengalaman dalam pembangunan 1920 unit Hunian Tetap (Huntap) model Rumah Instan Sederhana Sehat (RISHA) tahan gempa di 8Semeru, Jawa Timur, hanya dalam tempo 4 bulan merupakan contoh yang baik (best practices) untuk dapat kita ulangi kembali. 
 Satu milestone penting yang akan dicatat dalam perjalanan bangsa kita adalah pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara yang telah kita mulai sejak Agustus 2022 lalu di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP), meliputi penyiapan lahan matang (land development), pembangunan jalan logistik, jalan tol, jalan lingkar, embung dan intake air baku, gedung perkantoran dan hunian bagi para pekerja.  Hal ini mencerminkan komitmen dan kesungguhan Indonesia dalam mewujudkan IKN sebagai bagian dari mimpi Indonesia Maju 2045. Minat investor pun kini mulai tampak, tidak hanya dari dalam tapi juga luar negeri, seperti Uni Emirat Arab, Jepang, Republik Korea, RRT, Finlandia, dan Malaysia. Untuk mengakomodasi minat dan kebutuhan tersebut, kita akan memberikan karpet merah yang lebih 9merah dari biasanya, termasuk dengan mempercepat penyiapan lahan-lahan di Zona 1B dan 1C, paralel dengan Zona 1A.

"Kita ingin memastikan bahwa keinginan Bapak Presiden untuk melaksanakan Upacara HUT Kemerdekaan RI, 17 Agustus 2024 di IKN dapat kita wujudkan dengan tetap fokus pada kualitas, estetika dan keberlanjutan lingkungan tadi," urainya.

  Pada awal pelaksanaan upacara, Kabid Tata Ruang, Syafrudin, ST., MT membacakan Sejarah Singkat Hari Bakti PU. 
Tanggal 3 Desember dijadikan sebagai Hari Bakti PU untuk mengenang pertempuran yang terjadi pada tanggal 3 Desember 1945 di Gedung Departement Van Verkeer En Waterstaat yang sekarang dikenal sebagai Gedung Sate Bandung.

Hari itu sekitar pukul 11.00 WIB, pasukan tentara sekutu (NICA) dengan persenjataan lengkap dan modern mengepung Gedung Sate yang saat itu dijaga dan dipertahankan oleh 21 orang petugas dari Gerakan Pemuda Pekerjaan Umum.

Walaupun demikian, petugas yang mempertahankan Gedung Sate tersebut tak mau menyerah begitu saja. Mereka melakukan perlawanan mati-matian dengan segala kekuatan yang dimiliki untuk mempertahankan kantor itu.

Pertempuran di Gedung Sate yang dahsyat dan tidak seimbang tersebut berakhir pada pukul 14.00 WIB. Dalam pertempuran itu, 7 orang pegawai PU gugur dan jenazah mereka tidak ditemukan sampai sekarang.

Tujuh pegawai PU yang gugur dalam peristiwa itu adalah Didi Hardianto Kamarga, Muchtaruddin, Soehodo, Rio Soesilo, Soebengat, Ranu, dan Soerjono. Nama mereka kemudian dikenang sebagai Pahlawan Sapta Taruna.

Upacara Hari Bakti PU ke 77 di Kabupaten Dompu diikuti oleh Kepala Dinas PUPR Kabupaten Dompu, Aris Ansyari beserta para pejabat dan staf di kantor tersebut.

Usai pelaksanaan upacara dilanjutkan dengan pemberian penghargaan kepada pegawai PUPR yang telah purna bhakti, pegawai terbaik dan penyerahan Lencana Karya Satya dari Presiden Joko Widodo kemudian dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng serta acara hiburan. (emo/adv).