KPU Dompu Laksanakan Tes Wawancara Bagi Calon Anggota PPK

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

.

KPU Dompu Laksanakan Tes Wawancara Bagi Calon Anggota PPK

Koran lensa pos
Senin, 12 Desember 2022

 

Proses seleksi wawancara bagi calon anggota PPK di Kantor KPU Kabupaten Dompu, Senin (12/12/2022)


Dompu, koranlensapos.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Dompu saat ini sedang melaksanakan tes wawancara bagi para calon anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). 

Kasubbag Hukum KPU Kabupaten Dompu, Abu Hasan Takwa, SH menyebutkan seleksi wawancara berlangsung mulai tanggal 11 sampai 13 Desember 2022.

"Tes wawancara hari pertama kemarin (Minggu, 11 Desember 2022,red) diikuti oleh peserta dari Kecamatan Dompu dan Hu'u. Hari ini (Senin, 12 Desember 2022) dari Kecamatan Manggelewa, Kilo dan Woja. Sedangkan besok peserta dari Kecamatan Kempo, Pekat dan Pajo," sebutnya.

Dikatakannya peserta tes wawancara secara keseluruhan berjumlah 124 orang. 124 orang itu merupakan peserta yang lolos dalam Computer Assisted Test (CAT) atau tes tulis online yang berlangsung di SMKN 1 Dompu pada 6 Desember 2022 lalu.

Dikatakannya jumlah pendaftar calon anggota PPK sebanyak 306 orang. Namun hasil seleksi administrasi sebanyak 102 orang dinyatakan tidak lolos. Sedangkan yang lolos 204 orang.

"Yang lolos seleksi administrasi 204 orang selanjutnya mengikuti tes tulis tanggal 6 Desember lalu. Hasil tes tulis yang lolos 124 orang dan sekarang mereka mengikuti lagi tes wawancara," urainya.

Abu Hasan menambahkan jumlah peserta tes wawancara seharusnya 15 orang per kecamatan atau tiga kali lipat dari jumlah anggota PPK yang akan direkrut. Merujuk pada jumlah tersebut seharusnya hanya 120 orang. Tetapi karena ada beberapa peserta di urutan ke 15 memiliki nilai yang sama saat tes tulis sehingga ada dua kecamatan yang pesertanya berjumlah 16 orang.

"Makanya jumlah peserta 124 orang karena ada yang nilainya sama," jelasnya.

Kasubbag Hukum menerangkan pula tentang keterwakilan perempuan dalam perekrutan calon anggota PPK ini. Dari 124 orang peserta, 30 di antaranya adalah perempuan.

"Peserta laki-laki sebanyak 94 orang dan perempuan 30 orang. Peserta perempuan ada di setiap kecamatan," ulasnya. (emo).