Jelang Pergantian Tahun, Ini Imbauan Pasi Intel Kodim 1614/Dompu Kepada Masyarakat

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

.

Jelang Pergantian Tahun, Ini Imbauan Pasi Intel Kodim 1614/Dompu Kepada Masyarakat

Koran lensa pos
Rabu, 28 Desember 2022

  

Pasi Intel Kodim 1614/Dompu, Kapten Kav. M. Kasim


Dompu, koranlensapos.com - Tahun 2922 akan segera berakhir dan berganti dengan tahun baru 2023. Sebagaimana biasa di momen pergantian tahun kerap diisi dengan berbagai kegiatan yang bersifat hiburan sebagai tanda bahagia menyambut tahun baru. Namun terkadang kegiatan hiburan tersebut berdampak pada gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat. Anak-anak muda menyetel musik dengan keras-keras sambil berjoget ria, sedangkan di sekitar itu banyak orang-orang tua yang butuh istrahat. Atau ada orang sakit yang membutuhkan ketenangan agar lekas sembuh.

Terkadang pula di tengah suasana pergantian tahun ada yang mengonsumsi minuman beralkohol secara bersama-sama. Setelah berada di bawah penguasaan miras akhirnya perilaku dan ucapan lepas kontrol yang akhirnya bisa menimbulkan perkelahian dan tindak kriminalitas lainnya.

Suara ingar bingar petasan atau mercon yang memekakkan telinga kerap terjadi di malam pergantian tahun baru. Demikian pula kembang api aneka jenis berseliweran di angkasa dan dinilai meresahkan dan mengganggu kenyamanan hidup bermasyarakat.

Aparat keamanan dari TNI maupun POLRI saban tahun kerap disibukkan menangani permasalahan-permasalahan yang terjadi antar warga akibat sikap salah kaprah dari sebagian anggota masyarakat menyambut pergantian tahun.

Dalam pergantian tahun 2022 ke 2023 ini, Pasi Intel Kodim 1614/Dompu, Kapten Kav. M. Kasim menyampaikan imbauan kepada seluruh komponen masyarakat untuk menyikapi pergantian tahun dengan kedewasaan. Manfaatkan waktu pergantian tahun untuk berdzikir, beristigfar dan berdoa kepada Allah SWT agar diberikan rahmat serta keberkahan di tahun 2023 dan seterusnya. 

"Semoga kita semua masyarakat Dompu diberikan rahmat oleh Allah SWT di tahun 2023 ini," harapnya.

Lebih lanjut Pasi Intel mewanti-wanti kepada masyarakat Dompu untuk menghindari perilaku-perilaku negatif yang dapat mengganggu kamtibmas menjelang dan saat pergantian tahun ini. Denikian pula sesudah memasuki tahun baru 2023. 

"Para orang tua supaya memberikan nasehat dan arahan kepada anak-anaknya agar tidak membuat keonaran. Jangan berkelahi, jangan keluyuran di malam hari apalagi sampai larut malam untuk menghindari terjadinya hak-hal yang tidak diinginkan, jangan mengejek dan membully kawannya akhirnya menimbulkan sikap saling dendam. Jangan melakukan balap liar dan lain-lain perbuatan yang melanggar hukum. Anak-anak supaya di rumah saja jangan ke mana-mana," pintanya.

Perwira TNI yang juga menjabat sebagai Danramil 1614-01/Dompu ini meminta kepada semua elemen masyarakat untuk membantu TNI dan POLRI dalam menjaga stabilitas kamtibmas di Kabupaten Dompu agar senantiasa kondusif sehingga kehidupan menjadi aman, nyaman dan tenteram.

"Kalau kamtibmas kondusif, kita beraktivitas bisa nyaman dan tenang," ucapnya.

Dikatakannya bahwa tanpa dukungan dari seluruh komponen masyarakat, mustahil TNI dan POLRI mampu menjaga secara keseluruhan wilayah Kabupaten Dompu yang luas ini.

"Bantu kami TNI dan POLRI menjaga kamtibmas," ajaknya.

Lebih lanjut Pasi Intel menginformasikan bahwa akhir-akhir ini cuaca cukup ekstrim yang ditengarai dengan intensitas curah hujan yang tinggi serta angin kencang. Kondisi demikian berpengaruh pada terjadinya potensi bencana alam berupa banjir, tanah longsong maupun gelombang laut. Maka diharapkan kepada masyarakat untuk sementara waktu tidak melakukan perjalanan jauh untuk menjaga keamanan dan keselamatan.

"Kalau tidak mendesak sekali sebaiknya untuk sementara waktu tidak bepergian jauh dulu," tutupnya. (emo).