Dampak Positif Rumah Tangga Bahagia dan Harmonis

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

.

Dampak Positif Rumah Tangga Bahagia dan Harmonis

Koran lensa pos
Kamis, 01 Desember 2022

 

     Firmansyah, S. Psi., M. MKes


Penting bagi semua pihak dapat menciptakan rumah tangga yang bahagia dan harmonis. Rumah tangga bahagia dan harmonis berdampak yang baik bagi perkembangan fisik maupun mental anggotanya.

Keharmonisan dalam rumah tangga adalah pondasi utama untuk membangun suasana yang nyaman untuk tinggal, tempat berbagi keluh-kesah, dan berbahagia bersama.

Mewujudkan rumah tangga bahagia dan harmonis tidak dapat dibangun atas keinginan dari salah satu pihak saja namun harus dibangun dari keinginan bersama dari semua anggota yang ada didalamnya.

Bila kebahagiaan dan kerharmomisan dalam rumah tangga dibangun atas keinginan dari salah satu pihak saja semisal hanya menjadi keinginan dari istri atau suami saja, tidak akan berdampak baik bagi anggota keluarga.

Bila harapan bahagia dan harmonis hanya dari salah satu pihak saja maka itu hanya akan menjadi harapan kosong tanpa dapat diwujudkan dengan baik. 

Wujudkan rumah tangga bahagia dan harmonis perlu ada kerjasama dan kebersamaan dari semua anggota yang ada didalamnya.

Antara anggota keluarga yang satu sama lainnya saling bersinergi dan memiliki komitmen yang sama wujudnya rumah tangga bahagia dan harmonis. 

Adanya hubungan keluarga yang bahagia dan harmonis dirumah tangga dapat membuat anak dan sekuruh anggota kekuarga merasa aman dan dicintai. 

Keharmonisan dan kebahagiaan dalam rumah tangga juga mampu membuat kehidupan suami istri dan juga anak-anak terasa lebih baik. Kehangatan dan kasih sayang satu sama lain menjadi salah satu ciri dari keluarga harmonis. 

Dampak positif rumah tangga bahagia dan harmonis adalah masing-masing anggota didalamnya memiliki hubungan yang kuat antar anggotanya sehingga sulit terpecah-belah. 

Lainya keluarga akan tumbuh baik dan terarah dengan polq komunikasi, koneksi, cinta, aturan, rutinitas, dan keamanan yang baik. 

Berbeda keadaannya dengan keluarga yang tidak bahagia dan tidak harmonis yang kerap dirundung banyak masalah sehingga para anggota didalamnya merasa tidak nyaman.

Manfaat Rumah Tangga Bahagia dan Harmonis

Ada banyak manfaat yang bisa dipetik bila suami istri dan semua anggota keluarga mampu membangun rumah tangga bahagia dan harmonis.

Dikutip dari laman https://waspada.co.id diperoleh penjelasan manfaat yang bisa dipetik bila suami istri atau anggota keluarga lainnya mampu membangun rumah tangga bahagia dan harmonis antara lain manfaat tersebut adalah;

 1. Mencegah penuaan dini

Hidup harmonis dalam rumah tangga ternyata bisa menjaga kecantikan tetap awet. Seseorang akan tetap awet muda jika setiap waktunya selalu dihiasi dengan senyuman, tawaan, dan kebahagiaan bersama keluarga.

 2. Menurunkan tingkat stres

Rumah tangga bahagia dan harmonis menyediakan ketenangan, kesejakan dan kedamaian. Ketenangan, kesejukan dan kedamaian mendorong anggota keluarga merasa sehat dan jauh dari stres.

 3. Menyehatkan mental

Mental yang sehat akan membat hari-hari individu selalu lancar. Untuk kesehatan yang maksimal ditandai dengan adanya  mental yang sehat. Rumah tangga bahagia dan harmonis mampu ciptakan mental sehat bagi anggotanya.

4. Menguatkan fisik

Bila dalam rumah tangga benar-benar tercipta kebahagiaan dan keharmonisan akan mendorong anggota kekuarga betah untuk berlama-lama berada didalamnya. 

Situasi dan kondisi tersebut membuat anggota keluarga memiliki motivasi yang baik untuk selalu hidup sehat dan membuat fisiknya kuat.

Rumah Tangga Bahagia dan Harmonis Cegah KDRT

Menjadi harapan semua pihak dalam rumah tangga tidak lagi muncul kasus kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) dengan semakin meningkatnya kesadaran masing-masing pihak (suami istri dan anggota keluarga) untuk membina kehidupan yang bahagia dan harmonis.

KDRT bila dilakukan hanya akan menjadi petaka bagi keluarga, oleh karena itu masing-masing pihak harus sama-sama sadar untuk menjalankan perannya dengan sebaik-baiknya.

Kita semua tanpa kecuali berupaya keras membangun keluarga bahagia harmonis dan fokus memberikan pola asuh yang terbaik bagi putra dan putrinya dengan contoh teladan yang baik salah satunya dengan tidak melakukan KDRT.

Agar tidak terjadi KDRT kebahagiaan dan keharmonisan dirumah tangga harus senantiasa ditingkatkan dan diperbaiki kualitasnya dengan memperbaiki pola komunikasi dan interaksi antara anggota keluarga yang ada agar dapat berlangsung hangat dan interaktif.

Komunikasi yang baik dan saling menghargai antara satu dengan yang lainnya dalam satu keluarga tentu akan mampu membangun kehidupan rumah tangga yang lebih baik serta terjalin hubungan yang harmonis.

Demikian mudah-mudah ada manfaatnya bagi kita semua terutama dalam upaya bersama semua pihak membangun rumah tangga bahagia dan harmonis menuju Dompu Mashur dan terwujudnya generasi emas bangsa dan daerah di tahun 2045.

Penulis Firmansyah, S.Psi., M.MKes, Konsultan Psikologi pada Lembaga Konsultasi dan Bimbingan Psikologi "Buah Hati" juga sebagai Koordinator Sub Bagian Komunikasi Pimpinan Setda Dompu dan Anggota Pemuda Panca Marga (PPM) Kabupaten Dompu.