Kasdim 1614/Dompu Beri Materi Wasbang Dalam Kegiatan BUSMABA STKIP YAPIS Dompu

Kategori Berita

.

Kasdim 1614/Dompu Beri Materi Wasbang Dalam Kegiatan BUSMABA STKIP YAPIS Dompu

Koran lensa pos
Rabu, 28 September 2022

 

Kasdim 1614/Dompu Beri Materi Wasbang Dalam Kegiatan BUSMABA STKIP YAPIS Dompu, Selasa (27/09/2022)



Dompu, koranlensapos.com - Bertempat di kampus STKIP YAPIS Dompu, Selasa (27/09/2022) berlangsung kegiatan Bina Ukhuwah dan Silaturrahmi Mahasiswa Baru (BUSMABA) Tahun Akademik 2922/2023 dengan tema "Dengan Semangat Merdeka Belajar (MBKM) kita Wujudkan Mahasiswa yang Unggul, Profesional, dan Islami".

Salah satu materi pembekalan kepada 415 mahasiswa baru dari 6 prodi Strata Satu di kampus tersebut adalah mengenai Wawasan Kebangsaan. Materi Wasbang disampaikan oleh Kepala Staf Kodim 1614/Dompu, Mayor Inf. Abdul Haris, SH., MH.

Kegiatan itu dihadiri pula oleh Ketua STKIP Doktor Dodo Kurniawan SE. MM., Ketua pelaksana Titi pujiarti M. pd, Sekretaris Eka yulianti M. Pd,  Bendahara Nurjanah SE dan peserta mahasiswa baru 415 orang.

Kasdim menjelaskan bahwa Negara Indonesia adalah negara besar dan merdeka. Kemerdekaan diraih dengan perjuangan yang gigih dari para pendahulu bangsa hanya debgan menggunakan bambu runcing, tombak, dan parang tetapi dengan semangat membaja yang tidak kenal lelah.

"Bangsa kita dijajah selama 350 tahun oleh bangsa bangsa dari Belanda, Jepang, dan Inggris maka dari pada itu lahirlah para pahlawan perjuangan dari beberapa daerah yang berada di wilayah indonesia," urainya.

Dikemukakan Kasdim, negara kita  termasuk negara yang kaya dengan kekayaan alam yang tiada bandingannya. Negara-negara besar berusaha ingin menguasai kekayaan alam negeri ini. 

"Maka dari pada itu mari kita selalu menjaga hasil kekayaan alam kita supaya tidak diambil alih oleh negara negara tersebut," ulasnya.

Kasdim menerangkan negara-negara besar yang ingin menguasai Indonesia menggunakan berbagai cara, taktik dan strategi. Terutama untuk melumpuhkan kekuatan rakyat Indonesia. Peredaran narkoba merupakan upaya masif untuk menjadikan generasi bangsa ini lumpuh. Orang yang sudah terjerat dalam penyalahgunaan narkoba maka fisik dan mentalnya sudah rusak. Bila generasi bangsa ini sudah rusak akibat narkoba, maka tidak ada lagi kekuatan yang dimiliki bangsa ini. Bangsa asing dengan mudahnya menancapkan kekuasaannya di negeri ini. 

"Karena itu kepada anak-anakku sebagai generasi muda bangsa ini supaya menghindari narkoba. Jangan mau diiming-imingi oleh siapapun untuk memakai narkoba," pesannya. 

Selain itu, lanjut Kasdim agar sesama anak bangsa saling menjaga hubungan yang baik. Hindari permusuhan dan persengketaan. 

"Jangan mau diadu domba oleh orang lain untuk saling bermusuh-musuhan," tandasnya. (emo).