FKUB Dompu Akan Laksanakan Serangkaian Program Kerukunan Lintas Agama

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

.

FKUB Dompu Akan Laksanakan Serangkaian Program Kerukunan Lintas Agama

Koran lensa pos
Sabtu, 24 September 2022

 

Rapat internal Pengurus FKUB Kabupaten Dompu, Sabtu (24/09/2022) membahas persiapan launching kelurahan Dorotangga sebagai sebagai Kelurahan Kerukunan di Kabupaten Dompu


Dompu, koranlensapos.com - Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Dompu akan melaksanakan serangkaian program kerukunan lintas agama.

Hal itu dibahas dalam pertemuan internal Pengurus FKUB Kabupaten Dompu yang dilaksanakan di Cafe La Berkah Sawete Dompu pada hari Sabtu (24/09/2022).

Ketua FKUB Kabupaten Dompu, Muhammad Alimuddin, S. Ag yang memimpin rapat tersebut menyampaikan bahwa program kerja FKUB yang akan segera dilaksanakan adalah Launching Kelurahan Dorotangga sebagai Kelurahan Kerukunan yang ditandai dengan pemasangan prasasti simbol kerukunan agama yang dirangkaikan dengan deklarasi kerukunan oleh para tokoh lintas agama dengan mengenakan pakaian khas masing-masing.

"Pelaksanaan launcing kelurahan kerukunan ini kita rencanakan di pertengahan Oktober 2022 setelah ini kita akan segera berkoordinasi dengan Pemda Dompu," kata Alimuddin berdasarkan hasil kesepakatan dengan Pengurus FKUB lainnya.

Pasca launching tersebut, para tokoh lintas agama masih menggelar kegiatan bersama. Di antaranya Safari Kerukunan, Wisata Kerukunan Lintas Agama dirangkaikan dengan kerja bakti bersih-bersih halaman rumah ibadah, dan tempat pemakaman umum. Kegiatan kebersihan ini juga dalam rangka momen Hari Pilah Sampah Se Dunia (Wolrd Clean Up Day).


"Wisata kerukunan ini kita laksanakan di Pantai Lakey dengan membawa keluarga sambil bersih pantai," jelasnya.

Serangkaian dengan kegiatan wisata kerukunan lintas agama itu, juga akan dilaksanakan program penghijauan berupa penanaman pohon di area sekitar Pantai Lakey.

Dikatakannya pepohonan yang ditanam dalam kegiatan penghijauan itu dinamai pohon kerukunan yang melambangkan harmonisasi kehidupan umat beragama di Kabupaten Dompu. 

"Penanaman pohon ini sebagai bentuk kepedulian FKUB Kabupaten Dompu atas kerusakan hutan yang terjadi di Bumi Nggahi Rawi Pahu ini," ucapnya.

Selain berbagai program di atas, Ketua FKUB menginformasikan pula pelaksanaan perhelatan Konferensi Nasional (Konas) FKUB yang dipusatkan di Tanjung Pinang Kepulauan Riau pada tanggal 5-7 Oktober 2022. Ketua FKUB seluruh provinsi dan kabupaten/kota diundang untuk menghadiri kegiatan akbar tersebut. Namun karena terkendala keterbatasan anggaran, Ketua FKUB Kabupaten Dompu tidak bisa menghadirinya. (emo).