Pelayanan KB Serentak Sejuta Akseptor Dalam Rangka Harganas Ke XXIX di Kabupaten Dompu Lampaui Target

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

.

Pelayanan KB Serentak Sejuta Akseptor Dalam Rangka Harganas Ke XXIX di Kabupaten Dompu Lampaui Target

Koran lensa pos
Sabtu, 18 Juni 2022

 

Pelayanan KB di kecamatan - kecamatan dan dikunjungi oleh Tim dari Kabupaten Dompu. Tampak hadir Ketua Dharma Wanita Anike Kusumawati, S. ST., M. Kes, Kepala DPPKB Hj. Iris Juita Kastianti, S. KM., M. Kes didampingi Kabid KB & Kespro Dahlia Wahyuni, A. Md. Kep, S. Sos. Hadir pula tim dari TP. PKK Kabupaten Dompu dan kecamatan

Dompu, koranlensapos.com - Hasil input data sementara pencapaian Pelayanan KB Serentak Sejuta Akseptor dalam rangka Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke XXIX di Kabupaten Dompu jauh melampaui target. Dari yang ditargetkan sebanyak 1176 orang, namun tercapai 2639 orang.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Bidang Keluarga Berencana dan Kesehatan Reproduksi (KB dan Kespro) pada Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten.Dompu, Dahlia Wahyuni, A. Md. Kep, S. Sos.

"Alhamdulillah capaian kita di Kabupaten Dompu melampaui target yakni 224 persen. Itu berdasarkan hasil input data sementara yang masuk dari kecamatan - kecamatan. Batas terakhir penginputan data pada jam 23.00 (pada Jumat malam, 17 Juni 2022,red). Kami di Bidang KB masih memonitor jalannya proses penginputan data dari kecamatan," jawabnya saat dimonfirmasi media ini pada Jumat malam (17/6/2022) pukul 21.18 Wita.

Dikatakannya pencapaian tersebut tidak lepas dari kerja keras dari semua elemen terkait di tingkat kecamatan seperti UPT DPPKB, IBI dan Puskesmas serta Pemerintah di masing - masing kecamatan. Demikian pula soliditas dan sinergi kerja sama instansi terkait di Tingkat Kabupaten seperti DPPKB, Dikes, Ikatan Bidan Indonesia (IBI) TP. PKK, GOW maupun Dharma Wanita.

"Untuk program Pelayanan Sejuta Akseptor KB ini dari Provinsi NTB sudah menargetkan per kabupaten/kota. Lalu kami targetkan lagi di 8 kecamatan," jelasnya.

Disebutnya Pelayanan Perdana Program Sejuta Akseptor KB di Kabupaten Dompu pada tanggal 15 Juni 2022 dipusatkan di UPT Puskesmas Kota yang dihadiri oleh tim dari TP. PKK Kabupaten dan Kecamatan Dompu serta Ketua Dharma Wanita Anike Kusumawati, S. ST., M. Kes dan Kepala DPPKB Kabupaten Dompu, Hj. Iris Juita Kastianti, S. KM., M. Kes.

Secara khusus kepada Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Kabupaten Dompu selaku mitra DPPKB, Dahlia Wahyuni menyampaikan terima kasih yang tiada terhingga karena para bidan sebagai ujung tombak pelayanan KB secara langsung kepada Akseptor. (emo).