Ini Arahan Babinsa Koramil 1614-04/Kilo Saat Ronda Malam

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

.

Ini Arahan Babinsa Koramil 1614-04/Kilo Saat Ronda Malam

Koran lensa pos
Minggu, 22 Mei 2022

 



Dompu, koranlensapos.com - Para Babinsa di Koramil 1614-04/Kilo menyempatkan untuk memberikan arahan kepada warga yang terjadwal dalam kegiatan ronda malam bersama.

Seperti yang dilakukan oleh Babinsa Desa Taropo, Serda Mashudi pada Jumat malam (20/5/2022). Kepada warga yang melakukan ronda malam bersamanya, Babinsa Serda Mashudi mengajak untuk membantu tugas Babinsa dan Bhabinkamtibmas di dalam menjaga kamtibmas lingkungan masing-masing. 
Dijelaskan Babinsa bahwa kamtibmas yang kondusif itu merupakan kebutuhan dalam kehidupan. Maka harus dijaga dan dirawat bersama. Dikatakannya gangguan kamtibmas bisa berasal dari dalam maupun dari luar. Gangguan kamtibmas dari dalam yaitu adanya warga di lingkungan tersebut yang melakukan perbuatan yang melanggar norma-norma agama, hukum maupun norma kesusilaan. Akibat perbuatannya dinilai merugikan atau merusak hak orang lain. Hal ini akan berdampak pada terjadinya gangguan kamtibmas. Dimisalkan kasus pencurian yang dilakukan oleh warga sendiri terhadap barang milik tetangganya.
Sedangkan gangguan kamtibmas dari luar yakni berupa pelanggaran terhadap norma yang dilakukan oleh orang dari luar lingkungan (desa) tersebut, namun merugikan atau merusak hak warga setempat. Ini juga akan berdampak pada gangguan kamtibmas.

"Semua hal yang dapat mengganggu kamtibmas agar bisa diwaspadai," pintanya.

Arahan demikian juga disampaikan oleh Babinsa Desa Mbuju, Koptu Dahlan. Saat ronda malam bersama warga, Babinsa mengajak warga agar mewujudkan keamanan dan ketertiban dimulai dari dalam keluarga masing-masing. 
"Kita mulai hidup aman dan tertib dari rumah tangga kita dulu. Semua anggota keluarga harus mendapatkan perlindungan, tidak ada hal yang mengganggu dan tidak mengganggu hak orang lain dan dibiasakan hidup tertib dan disiplin," ajaknya.

Menurut Babinsa bila setiap keluarga telah bisa melaksanakan hidup aman dan tertib, maka keamanan dan ketertiban dalam skala yang lebih luas akan lebih mudah diwujudkan. Bila tidak bisa terwujud dalam setiap keluarga, maka akan lebih sulit lagi mewujudkan kehidupan yang aman dan tertib di suatu lingkungan atau desa. (emo)