Pemkab Dompu Bersama Forkopimda Safari Ramadhan di Manggelewa

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

.

Pemkab Dompu Bersama Forkopimda Safari Ramadhan di Manggelewa

Koran lensa pos
Jumat, 08 April 2022

 



Dompu, koranlensapos.com - Pemerintah Daerah Kabupaten Dompu bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) melaksanakan kegiatan Safari Ramadhan di Masjid Al Ihsan Desa Doromelo Kecamatan Manggelewa Kabupaten Dompu pada Kamis malam (7/4/2022) mulai pukul 19.35 Wita.

Kegiatan yang dihadiri oleh sekitar 250 jamaah masjid itu dihadiri langsung oleh Bupati Dompu Abdul Kader Jaelani, Wakil bupati Dompu H. Syahrul Parsan ST,' MT, DANDIM 1614/Dompu Letkol Kav. Taufik, S.Sos, Pasi Intel Kodim 1614/Dompu Kapten Inf. Ibrahim, Ketua DPRD Dompu Andi Bahtiar, Amd. Par, Sekda Dompu Gatot Gunawan S.KM, Unsur forkopimda serta pimpinan OPD, para Kabid dan Kabag Pemkab Dompu, Unsur Muspika Kecamatan Manggelewa, Tokoh agama, Tokoh masyarakat ,Tokoh pemuda dan tokoh Wanita.

Kegiatan diawali sholat Isya secara berjamaah dilanjutkan dengan sholat taraweh. Bertindak selaku Imam H. Usman A. Hamid.

Usai taraweh dilanjutkan dengan sambutan dari Camat Manggelewa, Syaiful Arif, M. Pd. Arif mengucapkan selamat datang terhadap Bupati beserta rombongan yang telah hadir untuk melaksanakan safari Ramadhan di Masjid Al Ihsan Desa Doromelo Kecamatan Manggelewa.
"Masjid ini sudah berdiri sejak empat tahun yang lalu muda-mudahan dalam waktu dekat ini mesjid ini bisa dilanjutkan pembangunannya," ujarnya.

Arif melaporkan jumlah warga di desa Doromelo ini sekitar 3.793 jiwa.
Penduduknya beragam suku dan agama. Bukan hanya suku asli Dompu maupun Bima, namun ada juga dari suku Sasak dan suku Bali.

"Dan Alhamdulillah sampai hari ini kami selalu membina toleransi antara umat beragama,"paparnya.

Dikemukakannya bahwa lima tahun terakhir ini Kecamatan Manggelewa mengalami peningkatan khususnya bidang ekonomi.

Ia menyebut masalah yang belum mampu teratasi yaitu tentang kebersihan (penanganan sampah) yang berakibat banjir di sekitar Pasar Manggelewa. 
"Oleh karena itu lewat kesempatan ini masyarakat kami berharap sekali bahwa ini harus ada tempat pembuangan sampah dan armada serta mobil pemadam kebakaran," pintanya.

Lebih lanjut ia menyebut masyarakat Kecamatan Manggelewa sedang giat memanen jagung. Pemanenan saat ini baru sekitar 20 - 30%.
"Kami bangga terhadap Bapak Bupati karena harga jagung sudah cukup stabil dengan harga 4500 - 5000/Kg semoga harga ini bisa bertahan," ucapnya.

Disebutnya pula bahwa saat ini kondisi kamtibmas cukup kondusif. Ini semua atas kerja keras dari anggota Danramil dan anggota Polsek serta dukungan masyarakat luas.

"Oleh karena itu secara khusus kami menyampaikan ucapan terima kasih kepada bapak Dandim Dompu dan Kapolres Dompu mudah-mudahan keadaan seperti ini bisa dipertahankan," harapnya..

Bupati Dompu Abdul Kader Jaelani dalam sambutannya menyampaikan bahwa bulan Ramadhan ini menjadi momentum yang istimewa dan memiliki nilai-nilai keutamaan. Di samping itu memberi peluang dan kesempatan yang berharga bagi umat Islam khususnya untuk meningkatkan keimanan, menumbuhkan kejujuran, keikhlasan dan kepedulian sosial.

"Tujuan kita ibadah puasa dalam bulan Ramadan untuk mendidik dan melatih kita menjadi insan yang sabar. Hendaknya kesabaran itu benar-benar dapat terbentuk selama bulan Ramadan berlangsung," harapnya.

Bupati AKJ kemudian menyampaikan ajakan kepada semua pihak agar bersama mematuhi protokol kesehatan.

Kemudian Bupati menyampaikan apresiasi kepada masyarakat khususnya di desa Doromelo yang majemuk, namun bisa hidup rukun dan damai, saling bertoleransi sehingga tidak ada gesekan-gesekan antara agama maupun suku 
Ini semua atas kerjasama antara TNI - Polri serta dukungan masyarakat untuk menjaga kamtibmas di wilayah Kecamatan Manggelewa ini.

"Yang perlu kami imbau kepada masyarakat Kecamatan Manggelewa agar saling menjaga dari bahaya peredaran narkoba karena itu musuh yang nyata untuk generasi muda," pesan Bupati.

Acara selanjutnya pemberian bantuan dari Pemkab Dompu berupa uang senilai Rp 200.000.000 yang diserahkan oleh Bupati Dompu dan Dandim 1614/Dompu serta pemberian bingkisan secara simbolis berupa mukenah dan baju koko 90 bungkus terhadap lemansia laki-laki dan prempuan.

Acara dilanjutkan dengan ceramah ustad Hamili, S. Pd. 

"Pertama-tama kita bersyukur kepada Allah SWT yang telah memberikan Rahmat dan kesehatan sehingga kita bisa berkumpul untuk bersilaturahmi dalam rangka melaksanakan safari Ramadhan," ucapnya.

Ia melanjutkan pada bulan Ramadhan ini umat Islam diberikan kesempatan untuk memperbaiki kesalahan untuk bertobat. Bahkan mereka yang telah meninggal dunia ingin sekali bertemu dengan hari Ramadhan dengan tujuan untuk meminta ampun kepada Allah SWT.

"Perlu diketahui oleh kita sebagai umat manusia yaitu ada tiga amalan yang tidak terbatas pahalanya di antaranya memaafkan terhadap orang lain karena kita sebagai umat manusia tidak luput dari kesalahan dan kita perlu memiliki hati yang sabar. Apabila kita melakukan hal demikian maka Allah SWT menjamin hamba hambanya untuk masuk surga," jelasnya. (emo).