Ini Selengkapnya Sambutan Bupati Pada Upacara HUT Dompu Ke 207

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

.

Ini Selengkapnya Sambutan Bupati Pada Upacara HUT Dompu Ke 207

Koran lensa pos
Senin, 11 April 2022

 



Dompu, koranlensapos.com - Pemerintah Daerah Kabupaten Dompu NTB, Senin (11/4/2022) mulai pukul 07.30 Wita menggelar Upacara Peringatan HUT Kabupaten Dompu ke 207. 
Kegiatan tersebut dilaksanakan di Lapangan Beringin Kantor Pemda Dompu. Hadir dalam kegiatan tersebut para pejabat dan staf Lingkup Pemda Dompu serta FORKOPIMDA dengan mengenakan pakaian adat khas daerah. Hadir pula Anggota Komisi IV DPR-RI Dapil I NTB (Pulau Sumbawa), H. Muhammad Syafrudin, ST., MM.

Mengawali amanatnya, Bupati Dompu, Kader Jaelani selaku Inspektur Upacara 
mengajak untuk bersyukur kepada Allah SWT atas limpahan rahmat, dan hidayah-Nya sehingga kita selalu dalam keadaan sehat wal`afiat.dan dapat menghadiri upacara memperingati hHari Jadi Ke 207 Tahun Kabupaten Dompupada tanggal 11 April tahun 2022. 

Dikemukakan Bupati AKJ, 
dalam perjalanan panjang sejarah Kabupaten Dompu, banyak hal yang telah dan akan dilakukan bersama, khususnya dalam membangun pertumbuhan kesejahteraan rakyat melalui Program Unggulan Daerah JARAPASAKA (Jagung, Porang, Padi, Sapi dan Ikan) Menuju Dompu MASHUR (Mandiri, Sejahtera, Unggul dan Religius) yang dikelola secara cerdas dari hulu sampai hilir. Dimulai dari petani, pelaku UMKM, koperasi, Bumdes sampai dengan perusahaan daerah, sehingga tercipta sebuah siklus ekonomi kerakyatan yang menguntungkan dengan mempersiapkan sarana dan prasarana yang memadai berbasis agribisnis yang berkelanjutan.

Bupati menyebutkan walau pandemi Covid-19 yang mewabah sejak tahun 2020, tercatat pertumbuhan ekonomi mengalami peningkatan 4,89 persen atau naik 1,68 persen dari 3,21 persen.
Adapun Indeks Pembangunan Manusia tahun 2020 tercatat sebesar 67,84 poin dan meningkat 68,45 poin. Pada sektor kesehatan pravelensi stunting tahun 2021 tercatat 14,3 persen, membaik jika dibandingkan dengan pencapaian tahun 2020 sebesar 18,72 persen. Pada usia harapan hidup meningkat menjadi 66,99. Demikian pula pada sektor pendidikan dan kemampuan daya beli terus tumbuh di tengah kondisi negara yang belum stabil.
Dari sisi infrastruktur pelayanan dasar, jalan dan jembatan dan jaringan irigasi terus mengalami peningkatan. Begitu juga dengan penanganan kawasan kumuh pemukiman, penyediaan jaringan air bersih pedesaan dan peningkatan akses sanitasi semakin baik serta penanganan bencana alam yang responsif. 
Dilanjutkan AKJ, berkaitan dengan lingkungan hidup, pemerintah tetap berkomitmen mengembalikan fungsi hutan dan gunung dari kerusakan melalui Program Dompu BERJASA dengan ruang terbuka hijau di Bendungan Tanju dan Bendungan Mila. 

Bupati menyinggung pula terkait pembangunan Pelabuhan Nusantara di Kecamatan Kilo. Disebutnya saat ini telah memasuki Tahap Perencanaan Penyusunan AMDAL.

"Pekerjaan konstruksinya, insya allah akan dimulai di tahun 2023," ujarnya.

Dilanjutkan AKJ, terkait penanganan covid-19, Pemerintah Daerah bersama 
FORKOPIMDA terus bekerja sesuai arahan Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo dengan menegakkan protokol kesehatan, menerapkan pola hidup bersih dan sehat, menyediakan tempat isolasi terpusat, serta melaksanakan percepatan vaksinasi. 

Lebih lanjut Bupati AKJ mengemukakan
 di usia Kabupaten Dompu yang ke 207 tahun, kita dapat merayakannya dengan berbagai kemajuan dan keberhasilan yang telah mampu diraih. Tetapi tidak sedikit hal-hal yang membutuhkan perhatian dan perjuangan keras, guna mewujudkan tatanan kehidupan yang lebih baik dengan falsafah Nggahi Rawi Pahu.

"Oleh karena itu melalui kesempatan yang berbahagia ini, saya selaku Pimpinan Daerah mengajak kepada kita semua untuk merapatkan barisan, menyatukan hati dan nurani, membulatkan tekad dengan niat yang tulus ikhlas untuk bersama-sama menjaga dan memelihara bumi Nggahi Rawi Pahu agar tetap kondusif dengan semangat membangun daerah, yang dilandasi dengan kebersamaan, kekeluargaan, keterbukaan serta saling menghormati," ajaknya.

Di akhir sambutannya, Bupati mengucapkan terima kasih yang setulus-tulusnya kepada Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat Atas Kerjasama selama ini.

"Kepada Ketua dan Anggota DPRD, TNI/POLRI maupun FORKOPIMDA 
Kabupaten Dompu, saya juga menyampaikan ucapan terima kasih atas kontribusinya dan kami tetap berharap agar kerjasama yang baik selama ini dapat terjaga demi membangun Dompu yang lebih baik lagi," ucapnya.

Ucapan terima kasih juga disampaikan kepada seluruh pendiri bangsa, khususnya pemimpin dan pemangku kebijakan daerah yang terdahulu, mulai dari Sistem Pemerintahan Kerajaan/Kesultanan, Swapraja, hingga Daerah Swatantra Tingkat II, sampai menjadi Pemerintahan Kabupaten Daerah Tingkat II Dompu atas dedikasi, pengabdian dan perjuangan membangun daerah selama ini.

"Semoga Allah SWT membalasnya dengan ganjaran pahala, dan do’akan kami agar bisa melanjutkan cita-cita membangun Kabupaten Dompu yang lebih baik lagi," pintanya.

Selanjutnya kepada Aparatur Sipil Negara Lingkup Pemerintah Kabupaten Dompu, AKJ juga menyampaikan ucapan terima kasih seraya berharap agar dapat menjadi ASN yang “BERAHLAK” yakni berorientasi pada pelayanan yang Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif dan Kolaboratif dengan bekerja menggunakan semboyan “Bangga Melayani Bangsa” khususnya Bumi Nggahi Rawi Pahu.

"Kepada para petani, nelayan dan peternak yang saya cintai dan saya banggakan, saya juga menyampaikan ucapan terima kasih yang tulus atas kerja kerasnya, sehingga program JARAPASAKA dapat terlaksana, meskipun masih banyak tantangan dan hambatan yang harus kita hadapi. Namun, hal itu tidak akan menyurutkan niat dan perjuangan kita semua untuk mewujudkan DOMPU MASHUR. Kepada seluruh komponen masyarakat Dompu, serta semua pihak yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu, atas kerjasama yang baik selama ini sekali lagi saya menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setulus-tulusnya dengan tetap berharap dan mengajak untuk terus memberikan yang terbaik bagi kemajuan daerah tercinta ini.

Menutup sambutannya, Bupati berharap semoga dengan peringatan Hari Jadi Dompu Ke-207 tahun di Bulan Ramadhan 1443 Hijriah ini terus menjadi motivasi dan semangat dan selalu diberikan kekuatan lahir dan bathin oleh Allah SWT Tuhan Yang Maha Esa dalam melaksanakan berbagai tugas pembangunan dan kemasyarakatan. 

"Dirgahayu Dompu ku tercinta yang ke-207 tahun, 11 april 1815 – 11 april 2022. Mari kita terus bangkitkan kebersamaan Membangun JARAPASAKA Menuju Dompu yang Mandiri, Sejahtera, Unggul dan Religus," tutupnya. (emo/Adv).