Ini Kegiatan Komsos Babinsa di 6 Koramil di Dompu Pada 15 April 2022

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

.

Ini Kegiatan Komsos Babinsa di 6 Koramil di Dompu Pada 15 April 2022

Koran lensa pos
Sabtu, 16 April 2022

 



Dompu, koranlensapos.com - Dandim 1614/Dompu melalui Pasi Intel, Kapten Inf. Ibrahim menginformasikan kegiatan teritorial yang dilakukan oleh para Babinsa di 6 (enam) Koramil pada hari Jumat (15/4/2022).

Dimulai dari Koramil 1614 - 01 / Dompu, Babinsa Desa Karamabura, Serda Faruk dan Bhabinkamtibmas melaksanakan kegiatan Komsos dengan warga binaan. Mereka membahas tentang keamanan dan ketertiban selama bulan puasa di Dusun masing masing. Babinsa mengingatkan agar semua elemen masyarakat menjaga suasana kamtibmas tetap kondusif sehingga bisa beribadah di bulan suci Ramadhan dengan tenang dan khusyuk.

Babinsa juga menyampaikan agar tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19 dengan cara memakai masker, sering mencuci tangan, menjaga jarak dan menghindari kerumunan.

Sedangkan Babinsa Desa Mbawi, Serma Taufik Gunawan melaksanakan Komsos dengan warga binaan di Sira Dusun Mbawi. Babinsa mengimbau agar menjaga kebersihan dan tidak membuang sampah sembarangan. Babinsa juga mengajak agar tetap menjalin silaturahmi sesama warga. Babinsa juga tidak bosan bosannya memberikan imbauan agar memperhatikan protokol kesehatan. 

Beralih ke Koramil 1614 - 05 / Pekat, Babinsa Desa Soritatanga, Serda Juliardin melayat di rumah salah satu warga binaan yang meninggal dunia karena sakit. Pada kesempatan tersebut Babinsa menyampaikan ucapan bela sungkawa turut berdukacita atas meninggalnya almarhum semoga Allah SWT menempatkan di surga-Nya. Dan bagi keluarga yang tinggalkan diberikan kekuatan dan ketabahan dalam menghadapi cobaan ini. Semua makhluk yang bernyawa pasti akan mati, kapan waktunya dan di mana tempatnya tidak ada yang mengetahui. 

"Marilah kita menyiapkan amal ibadah  sebelum ajal menjemput kita," Babinsa. Babinsa juga menghimbau agar masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan dengan cara mencuci tangan pakai sabun, memakai masker dan menjaga jarak serta membiasakan pola hidup bersih dan sehat (PHBS) . 

Di desa sebelah, Babinsa Desa Nangakara, Serka Fadir Musa  melaksanakan komsos di Dusun Sori Na'a. Babinsa memberikan imbauan kepada warga agar tetap melaksanakan puasa di bulan Ramadhan.

"Walaupun  dihadapkan dengan pekerjaan sebagai petani, namun puasa tetap kita laksanakan sebagai bentuk ketakwaan kita kepada Allah SWT. Kita sebagai umat yg beragama harus selalu mensyukuri nikmat yang diberikan oleh Sang Pencipta terutama nikmat kesehatan dan panjang umur sehingga kita masih dapat bertemu dengan bulan Ramadhan sekarang ini," jelas Babinsa.

Babinsa juga mengimbau untuk bersama-sama mematuhi protokol kesehatan.

Bergeser ke Koramil 1614 - 06 / Manggelewa, Bhabinsa Desa Doromelo, Serma Suherman dan Bhabinkamtibmas Aipda Erdan melaksanakan Komsos bersama Tukang Ojek. Babinsa dan Bhabinkamtibmas mengimbau agar tidak memarkir kendaraan di trotoar agar tidak mengganggu masyarakat pejalan kaki. Hal itu termasuk menjaga keamanan dan ketertiban umum. Keduanya mengimbau kepada warga  agar tetap mematuhi protokol kesehata  agar pandemi covid 19 segera berakhir.

Sementara Babinsa Anamina Sertu Soeherman bersama Kades dan Babinkamtibmas melaksanakan komsos dengan Kadus dan staf desa Anamina. Mereka membahas tentang keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas). Babinsa mengajak agar para Kadus berperan aktif mengimbau dan melarang warganya membunyikan mercon atau petasan terutama pada waktu-waktu shalat sehingga warga bisa menjalankan ibadah dengan khusyuk. Diimbau pula kepada warga  agar tetap selalu mematuhi protokol kesehatan.

Kegiatan Komsos juga dilaksanakan oleh para Babinsa di Koramil 1614 - 02 / Kempo. Di antaranya Babinsa Desa Songgajah Serma Sudirman melaksanakan Komsos dengan masyarakat di Dusun Ruhuruma Desa Songgajah. Warga diingatkan agar meningkatkan amal ibadah selama bulan suci Ramadhan maupun setelahnya untuk meraih derajat ketakwaan di sisi Allah SWT. 

Tidak lupa Babinsa sekaligus memberikan arahan kepada warga agar tetap mematuhi protokol  kesehatan. 

Sedangkan di Desa Taa, Babinsa Babinsa Sertu Syaiful melaksanakan kegiatan Komsos dengan masyarakat di Dusun Taa. Babinsa Sertu Saiful mengingatkan kepada warga agar memelihara semangat gotong royong dalam kehidupan bermasyarakat. Dengan gotong royong, pekerjaan yang berat bisa menjadi ringan. 

Sedangkan di Koramil 1614-03/ Hu'u, Babinsa Desa Hu'u, Sertu Rustam melaksanakan komsos dengan warga binaan di Dusun Finis Desa Hu'u. Babinsa mengingatkan kembali kepada warga masyarakat yang belum melaksanakan vaksin untuk segera divaksin. Babinsa sekaligus mengimbau warga agar tetap mematuhi protokol kesehatan.

Di Wilayah Posramil Pajo, Babinsa Desa Ranggo, Serka Rusli bersama Bhabinkamtibmas Desa Ranggo melaksanakan komsos bersama warga binaan di Dusun Ranggo. Warga diminta untuk menjaga kamtibmas di dalam bulan suci Ramadhan. Diingatkan kepada para orang tua agar mengajak anak-anaknya untuk melaksanakan sholat dan tadarusan di masjid. Selain mendapatkan pahala berlipat ganda, juga akan menghindarkan anak-anak dari melakukan hal-hal yang negatif, seperti membunyikan petasan atau mercon. Babinsa dan Bhabinkamtibmas tidak lupa mengimbau warga agar mematuhi protokol kesehatan.


Sedangkan di Koramil 1614-04/Kilo, 
Babinsa Desa Lasi, Sertu Nurdin bersama warga binaan di Dusun Nanga Toi 2 Desa Lasi melaksanakan kegiatan gotong royong memperbaiki dan meratakan halaman Mushola Al Ikhlas Desa Lasi. 
Dijelaskan Babinsa, semangat kegotongroyongan harus terus ditumbuhkembangkan di tengah kehidupan bermasyarakat. Ibarat peribahasa "ringan sama dijinjing, berat sama dipikul", begitulah hakekat dari gotong royong. Suatu pekerjaan dilaksanakan secara bersama-sama dengan kompak.
Di tengah kehiatan gotong royobg itu, tidak lupa Babinsa mengimbau kepada warga agar mematuhi prokes.

Sedangkan Babinsa Desa Kiwu, Sertu Agus Rijal mendampingi dan memantau masyarakat yang menerima bantuan langsung tunai dan subsidi minyak goreng sebesar Rp 500 ribu dari pemerintah pusat. Babinsa berharap kepada masyarakat agar bantuan yang diberikan oleh pemerintah tersebut dipergunakan dengan sebaik-baiknya.
Babinsa juga mengingatkan warga agar tetap mematuhi prokes. (emo).