Menjadi Ibu Cerdas Bagi Tumbuh Kembang Buah Hati

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

.

Menjadi Ibu Cerdas Bagi Tumbuh Kembang Buah Hati

Koran lensa pos
Selasa, 22 Maret 2022

 Oleh : Firmansyah, S.Psi., M.MKes



Tidak dapat dipungkiri bahwa ibu adalah sosok yang paling dekat dan sangat dibutuhkan oleh buah hatinya. Seorang ibu memiliki banyak waktu untuk beraktivitas bersama anak dibandingkan dengan sang ayah. Oleh karena itu, sosok ibu berdampak besar terhadap tumbuh kembang anak.

Ibu cerdas (being smart mom) adalah sosok ibu yang mengerti dengan baik bagaimana konsep dan pola asuh yang paling sesuai atau tepat untuk perkembangan dan pengasuhan anak-anak. Jadi ibu cerdas merupakan Ibu yang hadir memberikan pengasuhan dan pendidikan secara langsung serta mengerti berbagai kondisi yang dihadapi anak.

Bagaimana mengetahui bahwa seorang ibu yang mendidik ataupun yang mengasuh buah hatinya adalah sosok yang cerdas. Karakteristik dari ibu cerdas itu ditandai dengan adanya hal-hal penting seperti hadir dan memberikan waktu yang berkualitas bagi pengasuhan dan pendidikan anak, berusaha memberikan ruang-ruang pendidikan yang terbagus bagi anak secara formal maupun non formal, terlibat secara langsung dalam pendidikan anak dan kemudian membantu peran ayah yang juga bertanggung jawab besar pada pendidikan anak.

Secara umum mengutip  dari https://lingkaran-kediri-pikiran-rakyat.com, keterampilan yang harus dimiliki oleh ibu cerdas terkait dengan pengasuhan anak adalah mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan tidak terkecuali dalam parenting, teliti, seperti membandingkan suatu harga, make up, luangkan waktu untuk merias diri karena dapat meningkatkan rasa percaya diri seorang ibu, managemen waktu, atur waktu untuk sekedar ‘me time’ lalu lanjutkan aktivitas rumah tangga semaksimal mungkin.

Berikutnya ibu cerdas juga terampil dalam hal managemen keuangan, hal yang penting dilakukan ibu tatkala harus memikirkan agar segala kebutuhan terpenuhi, dan dapat sisihkan dana masa depan, tidak menumpuk suatu hal yang tidak perlu, seperti memendam pikiran yang terlalu banyak yang berpotensi sebagai penyebab stres, mendahulukan hal yang diprioritaskan, memikirkan hal-hak yang perlu dilakukan, dan tidak hiraukan perkataan orang yang menyakitkan hati.

Kemudian ibu yang cerdas juga terampil dalam hal belajar pertolongan pertama pada anak, tak ada salahnya menyiapkan Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K) sebagai bentuk ibu yang siaga apabila terjadi kecelakaan pada anak, punya kepedulian yang tinggi soal lingkungan, melakukan hal kecil seperti merawat bunga di halaman rumah, memperhatikan masalah kebersihan lingkungan rumah, dan lain-lainnya.

Ibu cerdas yang saat ini memiliki beragam profesi, ada yang sebagai ibu rumah tangga, pegawai kantoran, profesional, mahasiswa, keluarga muda dan masih banyak profesi lainnya kehadiran para ibu cerdas ini tentu sangat dibutuhkan bagi tumbuh kembang anak.

Melalui tangan dingin para ibu cerdas masa depan buah dapat ditata dengan baik dan terarah dengan memberikan yang terbaik dan yang butuhkan oleh anak selama masa tumbuh kembang berlangsung.

Penulis : Ahli Muda Pranata Humas dan Koordinator Sub Bagian Komunikasi Pimpinan Setda Kabupaten Dompu.