ELEGI Dana 'Dompu (Part 1)

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

.

ELEGI Dana 'Dompu (Part 1)

Koran lensa pos
Kamis, 03 Maret 2022

 Oleh : Ir. Nurhaidah*





"The Empty Land" bernama Dompu (?)

Persepsi yang keliru telah ditanamkan kepada generasi ini,  bahwa seolah-olah Dompu hanyalah bentangan alam tak berpenghuni. Padahal secara historis,  yang dipersepsikan "the empty land" (tanah kosong)  ini memiliki sebuah nama, yaitu dana 'Dompu. 

Nama tersebut tentunya dinamai oleh manusia yang menghuni dana 'Dompu, dan ketika terbentuk suatu struktur pemerintahan yang terdiri dari raja, pejabat pemerintahan dan rakyatnya,  tentunya dengan batas-batas wilayah yang jelas dan berdaulat, wilayah kekuasaannya dalam bahasa manusianya disebut Sapaju Dana 'Dompu dan raja yang memimpinnya disebut Sangaji dana Dompu. 

 Point penting dari semua itu adalah tentang pemberian nama wilayah tersebut tentunya dilakukan oleh manusia (dou)  yang menempatinya, dimana sampai saat ini mereka masih menyebut dirinya dou 'Dompu,  manusia yang menghuni dana 'Dompu.  

Pertanyaannya, sejak kapan dou 'Dompu ini menghuni dana 'Dompu  ?
Di samping sumbernya yang dituturkan dari generasi ke generasi secara turun temurun,  beberapa haril riset Arkeolog,  dari jejak-jejak dan sisa-sisa kehidupan masa lalu seperti bangunan megalit, menunjukkkan bahwa dou 'Dompu menghuni dana Dompu dari sejak zaman purba. !!! 
Oiya,  tentunya jauh sebelum pendatang dou Cina,  dou Arab,  dou Jawa,  dou Malaju, dou Bugi, dan dou Mbojo datang dan ikut menetap di dana 'Dompu. 
Pointnya itu,  secara historis, dana 'Dompu sebelum adanya pendatang dari berbagai ras,  telah dihuni oleh manusia yang menyebut dirinya DOU 'DOMPU.  
(Bersambung).

*Penulis adalah Peneliti dan Pemerhati Sejarah dan Budaya Dompu