Bupati Dompu Sampaikan Progres Pembangunan Setahun Dirangkaikan Dengan Peringatan Isra' Mi'Raj Nabi Muhammad SAW

Kategori Berita

.

Bupati Dompu Sampaikan Progres Pembangunan Setahun Dirangkaikan Dengan Peringatan Isra' Mi'Raj Nabi Muhammad SAW

Koran lensa pos
Sabtu, 26 Februari 2022

 






Dompu, koranlensapos.com - Bupati Dompu, Kader Jaelani dan Wakil Bupati, H. Syahrul Parsan, ST., MT telah genap satu tahun memimpin Kabupaten Dompu sejak dilantik oleh Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah pada 26 Februari 2021 lalu.

Agenda satu tahun kepemimpinan AKJ-SYAH dirangkaikan dengan Peringatan Isra' Mi'raj Nabi Muhammad SAW.  Kegiatan dimaksud dilaksanakan di Aula Pendopo Bupati Dompu, Jumat (26/2/2022) pukul 19.30 Wita. 

Momen tersebut dimanfaatkan oleh Bupati AKJ untuk menyampaikan progres pembangunan yang telah dicapai selama setahun kepemimpinannya.

"Hadirin yang hormati,
hari ini tepat satu tahun yang lalu, yaitu tanggal 26 Februari 2021, saya dan bapak H. Syahrul Parsan dilantik menjadi Bupati dan Wakil Bupati Dompu, periode tahun 2021-2026 oleh Gubernur Nusa Tenggara Barat. Pada kesempatan yang berbahagia ini, ijinkan saya menyampaikan pidato satu tahun kepemimpinan kami, yang berisi laporan secara singkat tentang progres capaian pembangunan selama satu tahun terakhir. Ini merupakan bentuk pertanggungjawaban konstitusional, politik dan moral Bupati dan Wakil Bupati Dompu, kepada seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Dompu yang telah memberikan kepercayaan kepada kami, untuk memimpin daerah dengan motto Nggahi Rawi Pahu ini," ucapnya mengawali sambutannya.

Dilanjutkan AKJ, 
dalam melaksanakan pembangunan daerah, telah disusun Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Dompu Tahun 2021-2026, yang telah ditetapkan melalui Peraturan Daerah Kabupaten Dompu Nomor 2 Tahun 2021. Dalam dokumen RPJMD tersebut, tertuang visi daerah yaitu Terwujudnya Masyarakat Kabupaten Dompu yang Mandiri, Sejahtera, Unggul dan Religius atau Dompu MASHUR, dengan 5 misi daerah, 7 tujuan pembangunan dan 13 sasaran strategis.
dm"Dokumen RPJMD ini merupakan dokumen penting yang menjadi panduan dan acuan pelaksanaan pembangunan selama periode pemerintahan Bupati dan Wakil Bupati terpilih, serta menjadi pedoman perangkat daerah dalam menyusun rencana strategis perangkat daerah," jelasnya.

AKJ mengemukakan dalam waktu satu tahun berjalan lebih banyak menitikberatkan pada proses menyiapkan langkah-langkah strategis, untuk kemajuan Kabupaten Dompu.
langkah penting pertama yang diambil adalah menetapkan 5 Komoditas Unggulan Daerah, untuk dikembangkan sebagai komoditas utama dengan memperhatikan potensi yang ada di daerah ini. 5 (lima) komoditas tersebut adalah jagung, porang, padi, sapi dan ikan atau JARAPASAKA.

"Penetapan JARAPASAKA sebagai komoditas unggulan, tidak terlepas dari mata pencaharian utama masyarakat, dimana menurut PDRB, sektor pertanian, peternakan dan perikanan memiliki kontribusi sebesar 40 persen," paparnya..

Lebih lanjut dikatakannya, disadari bahwa potensi sumber daya alam yang dimiliki daerah Kabupaten Dompu sangat besar. Namun pengelolaan terhadap potensi itu masih dilakukan secara konvensional. 

"Dalam rencana kami mengembangkan komoditas unggulan JARAPASAKA tersebut, akan dikelola secara cerdas dari hulu sampai hilir.
mulai dari petani, pelaku UMKM, koperasi, Bumdes sampai dengan perusahaan daerah, sehingga tercipta sebuah siklus ekonomi yang menguntungkan dengan mempersiapkan sarana dan prasarana yang memadai. Siklus ekonomi berbasis komoditi unggulan ini disebut dengan PASAKA DESA, yaitu sebuah siklus aktivitas ekonomi pedesaan berbasis agribisnis yang berkelanjutan," urainya.

Bupati menerangkan satu tahun pertama kepemimpinan AKJ-SYAH diawali dengan pembenahan pada sektor penataan birokrasi, sesuai dengan arahan pemerintah pusat dengan menyederhanakan struktur organisasi dan memperkaya fungsi.

"Harapan dari perampingan struktur organisasi ini adalah agar pelayanan yang diberikan semakin maksimal dan lebih efisien serta menciptakan transparansi kinerja pemerintah yang merupakan cerminan misi kesatu dari visi dan misi AKJ SYAH dalam RPJMD Untuk Mewujudkan Pemerintah Dompu yang Bebas KKN. Dalam birokrasi yang akan dilaksanakan dengan penggunaan teknologi informasi untuk memonitor capaian kinerja daerah dan perangkat daerah dibawahnya secara berjenjang," terangnya.

Disampaikan AKJ, Pandemi Covid 19 yang mewabah sejak tahun 2020, tidak dapat dipungkiri menjadi faktor yang mengganggu pertumbuhan ekonomi daerah. Pada tahun 2020 tercatat pertumbuhan ekonomi mengalami kontraksi minus sebesar 3,21 persen, di tahun 2021 pertumbuhan ekonomi kembali meningkat 4,89 persen, dan berada pada posisi positif 1,68 persen.
peningkatan pertumbuhan ekonomi ini berbanding terbalik dengan pencapaian angka kemiskinan. angka kemiskinan dompu tahun 2021 naik menjadi 12,6 persen jika dibandingkan pencapaian tahun 2020. peningkatan kemiskinan ini terjadi di seluruh daerah. tingkat keparahan dan tingkat kedalaman kemiskinan di daerah kita saat ini membaik jika dibandingkan dengan pencapaian pada tahun sebelumnya.
adapun indeks pembangunan manusia pada tahun 2020 IPM kita tercatat sebesar 67,84 poin dan di tahun 2021 meningkat menjadi 68,45 poin. 
Pada tahun 2021 Pemerintah Kabupaten Dompu juga mendapatkan penghargaan sebagai Kabupaten Layak Anak Kategori Madya dan Penghargaan Anugrah Parahita Ekapraya (APE) dengan Kategori Utama.
tidak hanya itu, tata kelola dan perencanaan keuangan Pemkab Dompu juga sudah semakin baik dari tahun ketahun, dibuktikan dengan adanya apresiasi berupa penghargaan dari pemerintah pusat melalui Direktorat Jendral Perbendaharaan Wilayah NTB, sebagai daerah penyerap anggaran DAK 2021 paling cepat dibanding 9 kabupaten/kota di NTB. 
Pada sektor kesehatan pravelensi stunting tahun 2021 tercatat 14,3 persen, membaik jika dibandingkan dengan pencapaian tahun 2020 yang tercatat sebesar 18,72 persen. Berikutnya usia harapan hidup meningkat menjadi 66,99 tahun pada tahun 2021.
Selain itu, pada tahun 2021 lalu terjadi kenaikan pada indeks inovasi daerah, dari sebelumnya kategori Kurang Inovatif menjadi Inovatif tahun 2021. demikian pula pada faktor pembentuk IPM lain, yaitu sektor pendidikan dan kemampuan daya beli yang terus tumbuh di tengah kondisi negara yang belum stabil.
"Pada sektor pariwisata, kami telah berupaya untuk mempercepat penyediaan rencana induk pariwisata daerah atau RIPPARDA dalam bentuk Peraturan Daerah. Alhmadulillah melalui kerjasama yang baik dan harmonis dengan DPRD Dompu, Peraturan Daerah tersebut telah disahkan dengan peraturan daerah nomor 06 tahun 2021," jelasnya.

Sedangkan dari sisi infrastruktur pelayanan dasar pada tahun 2021 terus menunjukan perkembangan yang positif meskipun tidak terlalu signifikan, dimana jalan dan jembatan terus mengalami peningkatan pada tingkat kemantapannya. Begitu juga dengan jaringan irigasi yang terus dibenahi dan diperbaiki.
Penanganan kawasan kumuh pemukiman, penyediaan jaringan air bersih di pedesaan dan peningkatan akses sanitasi yang semakin baik, serta penanganan bencana alam yang responsif baik melalui penyediaan sarana dan prasarananya maupun penanganan korban bencana.
dari aspek penanganan bencana alam banjir bandang yang menerjang wilayah Hu’u setahun yang lalu, telah dilakukan penanganan pasca bencana. 

"Tahun ini akan direlokasi sebanyak 107 rumah dari wilayah rawan bencana tersebut," janji Bupati AKJ.

AKJ kembali menegaskan pula komitmennya untuk menjaga lingkungan hidup dari kerusakan melalui program Dompu BERJASA (Bersih, Hijau dan Sehat) dengan melibatkan seluruh stakeholder untuk berperan dalam merawat hutan dan Green Belt Bendungan Tanju dan Bendungan Mila.

"Terkait ekspansi perluasan areal penanaman jagung yang berdampak pada kerusakan lingkungan yang masih masif terjadi, kami telah mengeluarkan surat edaran untuk menghentikan pembukaan lahan hutan dan Pemerintah Daerah juga telah berkoordinasi dengan pemerintah Provinsi NTB sebagai pihak yang memiliki kewenangan terkait urusan hutan tersebut,' tegasnya seraya mengimbau masyarakat Kabupaten Dompu agar terus meningkatkan kesadaran dalam menjaga lingkungan hidup sebagai asset pembangunan jangka panjang.

AKJ juga menyebut rencana pembangunan Pelabuhan Kilo akan tetap diperjuangkan, melalui berbagai upaya pendekatan ke pemerintahan atasan. Telah direncanakan penyusunan AMDAL dan Rencana Induk Pelabuhan oleh Kementerian Perhubungan pada tahun 2022. Sedangkan pekerjaan konstruksinya akan dimulai tahun 2023.

"Kami sadari pada tahun 2021 belum bisa bergerak secara maksimal, hal ini disebabkan karena proses perencanaan dan penganggaran telah ditetapkan sebelum kami dilantik menjadi Bupati dan Wakil Bupati," ujarnya.

Selain melaksanakan pembangunan diatas, sepanjang tahun 2021 AKJ-SYAH tetap membangun koordinasi, komunikasi dan komitmen dengan pemerintah atasan untuk mengupayakan percepatan pembangunan di Kabupaten Dompu, 
"Alhamdulillah Kabupaten Dompu pada tahun 2022 mendapat Dana Alokasi Khusus Fisik sebesar Rp.195,2 miliar, meningkat drastis jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang hanya Rp.90,2 miliar. Hal ini akan mempercepat proses pembangunan di daerah ini," ucapnya.

Di samping itu Pemerintah Kabupaten Dompu di tahun 2022 fokus pada pencapaian program prioritas JARAPASAKA/PASAKA DESA dengan mengalokasikan anggaran untuk pemberdayaan masyarakat melalui UMKM dan IKM. Tahun 2022 telah direncanakan menumbuhkan 375 UMKM/IKM baru, pembentukan sedikitnya 8 koperasi milenial yang bergerak pada komoditi unggulan, pengembangan BUMDES dengan memberikan stimulus kepada 8 BUMDES terpilih, penyelenggaraan Diklat Berbasis Kompetensi, serta fasilitasi pengembangan komoditi unggulan daerah JARAPASAKA.
Bentuk konkret lain dalam mengimplementasikan Program JARA PASAKA, AKJ-SYAH telah memulai program fish estate sebagai upaya mengelola sektor perikanan berbasis ekologi yang diharapkan akan menumbuhkan investasi pada sektor perikanan.
Di tahun 2022 selain beberapa poin yang disebut di atas adalah penanganan air bersih perkotaan, penyediaan penerangan lampu jalan, serta perbaikan pelayanan publik.

 "Dan kami sedang mempersiapkan solusi yang terbaik di tengah kondisi keuangan daerah yang relatif terbatas dan permasalahan ini akan menjadi atensi kami untuk diselesaikan selama periode kepemimpinan kami," imbuhnya.

Sedangkan dari sektor peternakan dalam beberapa tahun terakhir telah banyak berdiri usaha peternakan burung walet. Pemerintah daerah mendukung budidaya burung walet dengan menerbitkan Peraturan Daerah nomor 04 tahun 2021 tentang Izin Usaha Pengelolaan dan Perusahaan Sarang Burung Walet. 
"Dengan adanya regulasi ini diharapkan akan memberikan jaminan berusaha kepada para pengusaha walet di Kabupaten Dompu," ujarnya.

Berikutnya, lanjut AKJ  tidak dapat dipungkiri maraknya penggunaan NAPZA di kalangan generasi muda sudah sangat memprihatinkan. Untuk mencegah penyalahgunaan NAPZA, Pemerintah Daerah telah menerbitkan Peraturan Daerah nomor 08 tahun 2021 tentang Fasilitas Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika dan Prekursor Narkotika.

"Diharapkan dengan regulasi ini akan mampu menekan tindakan penyalahgunaan narkotika dan melndungi generasi muda di daerah ini," harapnya.

Selanjutnya di sektor pertanian yang tidak kalah penting, adalah terkait dengan harga komoditi tanaman jagung. 
"Walau kami tidak memiliki kewenangan untuk menentukan harga komoditas pertanian yang merupakan kebijakan nasional, namun kami telah melakukan upaya kestabilan harga komoditi pertanian dengan membangun komunikasi dengan pemilik gudang atau perusahaan jagung agar mau mengambil hasil pertanian dengan harga yang tinggi. seperti pada panen jagung tahun 2021 dari kebiasaan harga maksimal tahun sebelumnya sebesar Rp. 3.300 perkilogram, naik bahkan menjadi Rp. 4.750 perkilogram," sebut AKJ.
Kemudian pada pengembagan tanaman porang salah satu hal yang telah dilakukan adalah membangun kemitraan dengan pihak Centre For Sustainable Farm System (CESFARM) Universitas Mataram dalam upaya pendampingan teknis budidaya maupun kemitraan pemasaran.

"Dapat juga saya sampaikan, bahwa kualitas ketenagakerjaan dan hubungannya dengan balai latihan kerja (blk), kami telah berupaya dengan terus membangun komunikasi dengan pihak Kementerian Tenaga Kerja dan Pemerintah Provinsi NTB. Hal konkrit yang dilakukan pemerintah daerah adalah mengajukan proposal pembangunan BLK dan telah menyiapkan lahan untuk pembangunanya," bebernya.

Sedangkan terkait pemenuhan kebutuhan pelayanan dasar seperti pengadaan ambulance tiap desa. Jal ini telah menjadi atensi pemerintah AKJ SYAH dengan menggunakan mekanisme pendanaan melalui dana desa ataupun melalui dana lainnya.

Peningkatan kualitas pendidikan juga mendapat perhatian Pemerintah AKJ-SYAH. Salah satunya adalah upaya pembangunan universitas di Kabupaten Dompu. 
"Hal ini merupakan mimpi yang harus diwujudkan. Walau universitas bukan merupakan kewenangan pemerintah daerah, namun kami tetap akan berupaya merealisasikan hal ini dengan memajukan beberapa perguruan tinggi yang akan terus berkembang menjadi institut, kemudian menjadi universitas dan kita tetap membuka peluang bagi perguruan tinggi lain untuk mendirikan kampus di daerah ini," tandasnya.

Selanjutnya berkenaan dengan penanganan covid 19 yang masih mewabah, bahwa Pemerintah Daerah Kabupaten Dompu bersama FORKOPIMDA  terus bekerja keras dengan berbagai upaya dalam penanganan pandemi covid 19 sesuai arahan kebijakan pemerintah pusat.
Hal-hal yang dilakukan berkaitan dengan covid 19 yaitu; pencegahan penularan covid 19 dengan menegakan protokol kesehatan, menerapkan pola hidup bersih dan sehat, menyediakan tempat isolasi terpusat, serta melaksanakan percepatan vaksinasi.
Sampai dengan pertengahan Februari ini pencapaian vaksinasi dosis 1 sebesar 85,10 persen. Adapun dosis 2 mencapai 49,29 persen. 
"Dan ini akan diupayakan untuk terus bertambah. sehubungan dengan itu, saya mengucapkan terimakasih kepada seluruh tenaga kesehatan yang telah menjadi garda terdepan dalam tugas kemanusiaan ini. Masyarakat Dompu yang tertib dan disiplin mengikuti protokol kesehatan dan vaksinasi, para relawan dan pihak terkait yang telah berpartisipasi secara gotong royong menanggulangi dan menangani pandemi covid 19. Semoga Allah SWT membalas pengabdian saudara," ucapnya.

Namun demikian, sambungnya perlu diketahui meskipun sudah dilakukan vaksinasi lengkap, tetap diimbau kepada seluruh warga masyarakat Dompu, agar tetap mematuhi protokol kesehatan, mengingat pandemi yang belum berakhir dan beberapa minggu terakhir terjadi peningkatan kasus yang cenderung tinggi. 
"Hal ini perlu disadari bersama untuk menjaga diri, keluarga dan masyarakat luas dari penularan covid 19,"pintanya.

Dikemukakan AKJ, beberapa pencapaian di atas tidak terlepas dari ridha dan ijin Allah SWT, serta doa restu, dukungan dan partisipasi aktif dari pemerintah, para pemangku kepentingan serta seluruh elemen masyarakat bumi Nggahi Rawi Pahu.

"Atas pencapaian tersebut saya mengucapkan terima kasih kepada bapak Wakil Bupati Dompu yang telah loyal, setia, dan santun melaksanakan tugas yang diberikan; pak Sekretaris Daerah yang telah bekerja keras dan berupaya membina serta mengarahkan para Kepala Organisasi Perangkat Daerah agar lebih berkinerja.
ucapan terima kasih juga kami sampaikan kepada Pimpinan dan Anggota DPRD, aparatur pemerintahan Kabupaten Dompu, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, Pimpinan OPD, para Camat, para Lurah dan Kepala Desa, serta seluruh masyarakat Dompu. khususnya ucapan terima kasih kepada nyonya Lilis Suryani, Ketua TP PKK, dan Ketua Dekranasda Dompu, Ny. Hj. Siti Faridah yang telah setia mendampingi kami selama ini. Tidak lupa, ucapan terima kasih disampaikan juga kepada insan pers baik cetak maupuan elektronik serta berbagai pihak yang telah menyampaikan saran konstruktif dan kritik keras dan pedas. Terhadap seluruh kritikan yang disampaikan melalui media sosial tersebut, saya memandang sebagai suatu kepedulian dan tanggungjawab bersama dalam melaksanakan pembangunan di Kabupaten Dompu," ucapnya.

Bupati AKJ juga mengulas tentang Peringatan Isra dan Mikraj Nabi Muhammad SAW. Isra dan Mikraj merupakan dua peristiwa yang berbeda, namun berlangsung dalam waktu yang sama. peristiwa ini punya banyak hikmah. Isra diceritakan sebagai kisah perjalanan Nabi Muhammad dari Masjidil Haram di Mekkah ke Masjid Aqsa di Yerusalem (Palestina).
Mi'Raj berarti kisah perjalanan Rasul dari bumi naik ke langit ke tujuh dan dilanjutkan ke Sidratul Muntaha. peristiwa ini terjadi sebagai bentuk Rasul menerima perintah dari Allah SWT untuk menjalankan sholat lima waktu dalam sehari semalam.
sebagai hamba Allah SWT yang beriman dan bertakwa. Momentum Isra dan Mi'raj menjadi pendorong dan penguat semangat untuk senantiasa teguh dan tegak dalam menjalankan perintah Allah SWT dalam berbagai tugas dan pengabdian sesuai dengan peran dan fungsi masing-masing, senantiasa taat mengikuti perintah Allah SWT sesuai dengan contoh dan teladan Rasulullah Muhammad SAW, terus menginspirasi dan memotivasi bagi kita semua untuk memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh lapisan masyarakat dan juga untuk senantiasa menghambakan diri kepada Allah SWT.
"Lewat momentum peringatan Isra dan Mikraj Nabi Muhammad SAW, saya mengajak kepada kita semua dalam menjalankan tugas pengabdian kepada bangsa, negara dan masyarakat, hendaknya dapat dilakukan sebagai bentuk ibadah yang tulus dan ikhlas kepada Allah SWT, sehingga membuat perjalanan hidup kita, baik di dunia maupun di akhirat kelak, senantiasa mendapat pertolongan dari Allah SWT.
hadirin yang berbahagia," pesannya.

Bupati AKJ lagi-lagi menegaskan komitmennya untuk siap bekerja semaksimal mungkin dalam membangun daerah. 
"Dalam mewujudkan Dompu MASHUR sebagaimana harapan kita bersama, saya bersama Wakil Bupati Dompu, H. Syahrul Parsan menegaskan kembali, siap bekerja semaksimal mungkin untuk memimpin pembangunan di daerah ini, melaksanakan tugas dan tanggungjawab dengan penuh keikhlasan, ketulusan, kesabaran, ketegasan dan fokus dalam kondisi apapun. Kami menyadari bahwa dalam satu tahun kepemimpinan saya dan pak wakil bupati belum bisa memenuhi semua harapan masyarakat untuk itu kami menyampaikan permohonan maaf, namun kami tetap berkeyakinan akan terus bekerja dan berusaha dalam mewujudkan harapan masyarakat bagi kemajuan peningkatan kesejahteraan kemakmuran serta peningkatan kualitas pelayanan publik. Untuk itu pada kesempatan yang baik ini, saya mengajak seluruh warga masyarakat Dompu untuk berpartisipasi aktif, solid bergerak dalam membangun Dompu menuju daerah yang MASHUR dengan tetap menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan masing-masing serta menjaga konduktivitas daerah bumi Nggahi Rawi Pahu tercinta ini," ujarnya.

Di akhir sambutannya, AKJ menyampaikan berita gembira dan membanggakan. Salah satu produk umkm daerah kita yaitu METSOS (Mete Selimut Songgajah) melalui Planogram Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, menjadi salah satu produk UMKM yang lolos dalam ajang dunia Moto GP yang berlangsung di Mandalika Lombok Tengah Provinsi Nusa Tenggara Barat, dari tanggal 1 s/d 30 Maret 2022. Produk ini akan menyambut kehadiran para tamu diajang penting dunia tersebut. 
"Kami berharap dengan berita gembira ini, ke depan berbagai produk UMKM lainnya yang ada di daerah ini, mampu tumbuh dengan baik, memiliki daya saing tinggi untuk dikenal oleh masyarakat di seluruh dunia," pungkasnya sembari berdoa semoga semua usaha dan ikhtiar dalam membangun Dompu yang MASHUR diridhai oleh Allah SWT. (Adv).